Sebentar lagi film Marvel Cinematic Universe yang berjudul Ant-Man and the Wasp: Quantumania dipastikan akan menghadirkan salah satu varian terkuat Kang the Conqueror sebagai musuh terbesar Ant-Man. Salah satu momen paling menjanjikan dari trailernya mengungkap bahwa varian Kang yang satu ini mempunyai kemampuan untuk “menulis ulang sejarah dan menghancurkan timeline.” Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana bisa Kang the Conqueror mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa tersebut? Apakah hal yang sama juga pernah terjadi di komik? Mari kita bahas, Geeks.

Ramalan Yang Jadi Kenyataan

Untuk menjawab pertanyaan terkait bagaimana cara Kang mengubah sejarah Marvel, pertama-tama mari kita mundur sedikit ke awal Fase 4 MCU. Di mana varian Kang yang bernama He Who Remains sebenarnya sempat memberikan peringatan kepada Loki tentang varian Kang yang lebih berbahaya darinya. Di ending Loki season 1, dia sempat memperlihatkan tumpukan naskah berisi masa depan yang sudah pasti terjadi kepada Loki dan Sylvie. Masa depan tersebut ternyata tidak bisa He Who Remains ubah dengan kekuatannya sendiri, walaupun dia mengklaim dirinya sebagai penguasa Sacred Timeline.

Hal tersebut secara tidak langsung telah menjelaskan keterbasan yang dimiliki oleh He Who Remains. Meskipun dia bersama pasukan Time Variance Authority-nya bisa menghapus peristiwa Nexus agar tidak melahirkan timeline bercabang atau universe alternatif, faktanya dia tidak akan pernah bisa mengubah sejarah yang sudah ada, baik masa lalu maupun masa depan. Namun berdasarkan penjelasan selanjutnya kepada Loki, He Who Remains juga sempat mengisyaratkan bahwa hal yang sama mungkin saja tidak dialami oleh varian yang lebih superior darinya.

Menurutnya, dahulu sebelum dia mengisolasi Sacred Timeline ada salah satu varian Kang pertama yang membagikan teknologi canggih kepada He Who Remains dan varian lainnya. Berdasarkan hal tersebut bukan tidak mungkin setelah multiverse kembali terbebas, sekarang varian pertama Kang tersebut telah mempunyai teknologi yang lebih canggih dari He Who Remains dan TVA. Di mana selain menghancurkan timeline, mungkin teknologinya juga mampu menulis ulang sejarah sesuai dengan keinginan Kang. Kabar buruknya ada kemungkinan varian pertama yang dimaksud adalah Kang di film Quantumania nanti.

Kang Sering Ubah Sejarah Komik

Sebagai seorang supervillain penjelajah waktu yang sangat terkenal di Marvel Comics, Kang the Conqueror sering mengklaim bahwa dirinya mengetahui semua sejarah yang telah terjadi dan yang akan terjadi pada masa depan. Berbekal pengetahuan yang sangat luar biasa tersebut, tidak jarang Kang menggunakan kecerdasan dan berbagai teknologi canggihnya untuk mencoba mengubah sejarah. Misalnya di komik Incredible Hulk #135 (1971), di mana Kang sengaja mengirim Hulk ke era Perang Dunia I agar Bruce banner tidak pernah terlahir dan akhirnya menciptakan Avengers bersama superhero lain.

Kemudian dia juga pernah kembali ke masa lalunya sendiri untuk menolong versi mudanya, Nathaniel Richards, dari anak-anak nakal yang telah merundungnya. Pada titik ini Kang berharap versi mudanya tersebut bisa lebih awal menjadi Kang the Conqueror. Walaupun awalnya tidak sesuai dengan keinginannya, karena Nathaniel malah menjadi superhero Iron Lad di kisah Young Avengers (2005), tetapi pada akhirnya rencana Kang tersebut bisa dibilang berhasil. Karena tidak lama setelah itu Nathaniel benar-benar mengambil arah sebagai seorang penjahat bernama Kid Immortus.

Hal yang sama juga pernah terjadi di komik Uncanny Avengers (2012), di mana Kang mencoba membesarkan anak angkat Apocalypse Twins untuk mengubah masa depan. Semua yang dilakukan oleh Kang di Marvel Comics ini tidak lepas dari berbagai teknologi penjelajah waktu yang terus dia perbarui agar makin efektif dan tidak mempunyai celah. Dan salah satu teknologi penjelajah waktu ciptaan Kang yang paling sempurna adalah Heart of Forever atau Forever Crystal di Avengers: Forever (1998), yang memungkinkan dia mengubah sejarah tanpa menciptakan cabang timeline atau universe alternatif.

Cara Kang Mengubah Sejarah MCU

Berdasarkan gambaran yang disampaikan He Who Remains dan juga sejarah Kang di Marvel Comics, bukan tidak mungkin Kang the Conqueror yang akan muncul di film Quantumania nanti adalah varian yang telah berhasil menciptakan teknologi sejenis Forever Crystal. Berdasarkan petunjuk yang terlihat di berbagai promosi filmnya, terungkap bahwa Kang mempunyai sejumlah teknologi penjelajah waktu yang kemungkinan besar lebih canggih dari milik He Who Remains. Misalnya Time Chair yang terhubung langsung dengan struktur cincin raksasa dan markasnya yang ada di Quantum Realm.

Apa pun penamaan teknologinya nanti, yang jelas pernyataan Janet sepertinya bukanlah sekadar bualan semata. Selain Time Chair, bukti penguat lainnya bisa kita lihat juga trailer perdana Quantumania yang rilis rahun lalu, di mana Kang sempat diperlihatkan membawa sebuah wadah berisi kristal yang kemungkinan adalah jantung dari semua teknologi canggihnya. Bisa saja kristal tersebut sebenarnya adalah Heart of Forever atau Forever Crystal seperti di komik, yang memungkinkan Kang di Quantumania untuk “menulis ulang sejarah dan menghancurkan timeline,” dengan lebih efektif daripada varian Kang lainnya.

Itulah pembahasan dengan cara Kang the Conqueror bisa mengubah sejarah Marvel termasuk versi live action Marvel Cinematic Universe. Jika benar dia adalah varian pertama Kang yang kembali berusaha menguasai multiverse dengan mengubah sejarah sesuka hatinya, itu artinya masalah yang harus dihadapi oleh Ant-Man dan Wasp di Quantumania pada tanggal 15 Februari besok akan jauh lebih besar dari yang semua orang bayangkan. Karena jika sejoli superhero ini gagal, kemungkinan besar ancaman yang dibawa Kang bukan hanya terasa di Quantum Realm, tetapi juga di seluruh multiverse MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.