Cosmic Treadmill merupakan salah satu benda epik yang muncul di DC Comics di mana ini adalah “mesin waktu” yang digunakan oleh The Flash. Selama bertahun-tahun, sosok The Flash selalu diidentikan dengan sesuatu yang sangat cepat. Mereka mampu berlari dalam kecepatan yang sangat luar biasa dahsyat, yang bahkan lebih cepat dari kecepatan cahaya.

Namun, ada hal menarik yang muncul dari sosok The Flash. Baik Barry Allen, Jay Garrick, atau bahkan Wally West, hampir semua karakter yang menggunakan titel The Flash pernah menggunakan satu alat dahsyat bernama Cosmic Treadmill. Benda ini digunakan untuk membantu mereka dalam menyelesaikan berbagai peristiwa atau hal lainnya yang mengancam keseluruh alam raya. Namun, apa sebenarnya Cosmic Treadmill?

Mesin Waktu The Flash

Simpelnya, Cosmic Treadmill adalah alat bantu atau mesin waktu bagi The Flash untuk bisa kembali ke masa lalu atau pun ke masa depan. Namun, secara teknis, Cosmic Treadmill adalah sebuah alat atau mesin yang dibangun khusus untuk memfasilitasi Speed Force agar mampu merubah ruang, waktu, dan hal lainnya. Benda epik ini pertama kali diperkenalkan dalam komik The Flash #125 yang rilis pada 1961.

Dalam komik tersebut yang berjudul “The Conquerors of Time,” Barry memperlihatkan kepada Wally tentang penciptaan Cosmic Treadmill dan bagaimana mesin ini membantunya untuk menentukan getarannya dan juga membuat dia melakukan perjalanan waktu dengan lebih mudah. Di tahun 2287, Barry bertemu dengan sekelompok penjelajah waktu penguasa bumi yang menggunakan sarang lebah dari era prasejarah.

Barry dan Wally kemudian bekerja sama, di mana Barry pergi masa depan dan Wally pergi ke masa lalu. Lalu, bagaimana cara kerja dari Cosmic Treadmill? Cara kerjanya sendiri sangat mudah, seperti halnya kita menjalankan mesin treadmill di kehidupan nyata. Dalam hal ini, Barry hanya perlu berlari secepat mungkin sampai dia berhasil memecahkan aliran waktu dan kemudian pergi ke mana pun yang dia inginkan.

Meskipun begitu, ada juga beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Cosmic Treadmill. Misalnya, untuk menjalankan Cosmic Treadmill perlu ada sinar kosmik untuk menjadi sumber tenaganya. Ketika treadmill tersebut maju, maka mesinnya akan melepaskan radiasi positif yang membuat penggunanya bisa pergi ke masa depan.

Begitu juga sebaliknya, jika treadmill ini bergerak ke belakang, maka akan menghasilkan radiasi negatif. Dan penggunanya akan terlempar kembali ke masa lalu. Ketika mereka sudah berada di era yang mereka tuju, The Flash perlu menyeimbangkan getaran dari masa tersebut. Jika hal itu tidak dilakukan, maka dia akan kembali ke masanya yang semula.

Namun, yang menarik adalah untuk The Flash nyatanya bukanlah satu-satunya orang yang bisa menggunakan Cosmic Treadmill. Dalam cerita di komiknya, Superman juga ternyata pernah menggunakan benda ini untuk kembali ke masa lalu, tepatnya pada momen kehancuran planet Krypton. Meskipun pada awalnya dia tidak yakin Cosmic Treadmill akan mampu melakukan hal tersebut, tetapi ternyatanya Superman bisa kembali ke masa lalu.

Terkoneksi Dengan Para Villain

Cosmic Treadmill ternyata juga memiliki koneksi dengan para villain The Flash seperti Zoom dan juga Reverse-Flash. Dalam salah satu cerita, Barry diperlihatkan pergi ke abad 25 dengan menggunakan Cosmic Treadmill. Di sana, dia kemudian bertemu dengan Eobard Thawne alias Reverse-Flash yang kemudian jadi salah satu musuh bebuyutannya. Sang villain benar-benar mengeksploitasi kekuatan Cosmic Treadmill.

Tidak jarang, dengan memanfaatkan benda tersebut Reverse-Flash menghadirkan ancaman bagi Barry dan para Flash lainnya. Bahkan, situasi juga semakin rumit ketika diketahui jika Reverse-Flash mampu untuk pergi ke masa lalu atau masa depan dengan hanya menggunakan kekuatan kakinya. Selain Reverse-Flash, villain lain yang terkoneksi dengan Cosmic Treadmill adalah hunter Zolomon alias Zoom.

Dalam ceritanya, setelah Wally menolak untuk membantu merubah masa lalu dari Zoom, sang villain kemudian melakukannya sendiri. Dia pergi ke The Flash Museum di mana tersimpan Cosmic Treadmill. Zoom kemudian mencuri benda tersebut dan menggunakannya, sampai kemudian sebuah peristiwa mengerikan terjadi di mana sebuah ledakan muncul yang menjadi awal mula terciptanya karakter Zoom.

Berbagai Kedahsyatan Cosmic Treadmill

Selain menjadi sebuah alat mesin waktu bagi The Flash, ada juga hal luar biasa lain yang bisa dilakukan oleh Cosmic Treadmill dalam ceritanya. Misalnya, benda ini bisa “mengirimkan” lebih dari satu orang ke masa lalu atau masa depan. Dalam cerita Rogue War, Zoom memaksa Wally menggunakan treadmill tersebut untuk kembali ke masa lalu, tepatnya saat pertarungan pertama mereka.

Kemudian, dalam cerita crossover The Button, Barry dan Batman menggunakan Cosmic Treadmill ini dan kemudian pergi ke dunia Flashpoint. Yang lebih epik adalah dalam komik The Flash #269, Barry membawa Cosmic Treadmill ke sebuah kapal laut dan pergi ke masa lalu. Dengan menghasilkan getaran dan kecepatan yang jauh lebih cepat dari biasanya, Barry mampu membawa seluruh kapal dan penumpangnya pergi ke masa lalu.

Yang juga menarik adalah teknologi dari Cosmic Treadmill ternyata bisa diaplikasikan juga terhadap benda lain, misalnya Batmobile. Dalam event DC: Metal, para fans diperkenalkan dengan berbagai versi jahat dari Batman yang berasal dari seluruh multiverse. Salah satu versi jahat dari Batman adalah Red Death, yang merupakan kombinasi antara Batman dan The Flash.

Dengan memanfaatkan senjata yang dia ambil dari kelompok villain the Rogues, Batman akhirnya berhasil mengalahkan Barry. Dia pun kemudian terbangun dalam keadaan terikat di bagian depan Batmobile. Batman kemudian menjelaskan jika dia menggunakan teknologi Cosmic Treadmill untuk diaplikasikan ke mobilnya. Kecepatan yang dihasilkan membuat mereka masuk ke Speed Force, yang akhirnya menggabungkan keduanya.

Cosmic Treadmill di DC Universe

Banyak para fans yang menantikan Cosmic Treadmill untuk bisa muncul di vers live-action atau layar lebar. Sebenarnya, Zack Snyder sendiri pernah mengungkapkan jika The Flash dalam film Justice League versinya menggunakan Cosmic Treadmill untuk bisa pergi ke masa lalu dan mencegah Mother Box menyatu satu sama lain. Dan upaya tersebut akhirnya berhasil membuat Justice League menang menghadapi Darkseid.

Apakah Cosmic Treadmill juga akan kembali muncul di DC Universe? Meskipun masih belum ada informasinya, namun besar kemungkinan benda ini akan muncul terutama di film The Flash nanti. Filmnya sendiri diketahui akan mengadaptasi alur cerita Flashpoint, dan juga ini akan jadi momen bagi DC Studios untuk mereset ulang semuanya sebelum memulai DC Universe.

Seperti halnya dalam cerita komik, bisa saja Cosmic Treadmill dihadirkan di film ini di mana Barry akan menggunakannya untuk memperbaiki timeline yang ada. Dan juga, penggunaan Cosmic Treadmill ini akan menjadi jembatan untuk terciptanya jagat sinematik baru yang akan digarap oleh James Gunn nantinya. Kita nantikan saja ya Geeks kemunculan benda epik ini pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.