Penggemar setia DC pasti sudah tidak asing lagi dengan Ben Affleck, pemeran Batman era DCEU yang terakhir kali terlihat di film Zack Snyder’s Justice League (2021). Tahun ini Affleck diharapkan untuk melakukan penampilan terakhirnya sebagai sang Caped Crusader di film The Flash dan cameo di Aquaman and the Lost Kingdom. Menariknya, di tengah perombakan jagat sinema DC Universe, ternyata Ben Affleck masih berniat melanjutkan kerja samanya dengan DC Studios, tetapi bukan sebagai aktor melainkan sutradara.

Keinginan Ben Affleck untuk terlibat sebagai sutradara DC Universe ini sebenarnya sudah pernah disampaikan langsung oleh bos DC Studios James Gunn pada akhir tahun lalu. Di mana menurutnya pihak studio dan Affleck sudah pernah berdiskusi terkait potensi kerja sama mereka. Dan sekarang, tidak lama setelah pengumuman deretan proyek Chapter 1 DC Universe, Gunn mengonfirmasi bahwa kali ini DC Studios dan Affleck memang sudah mulai bekerja sama. Di mana sang aktor telah mengungkapkan keinginannya untuk menyutradarai salah satu proyek DC Universe mendatang.

Dilansir dari DC.com, meskipun Gunn tidak menjelaskan proyek yang dimaksud, tetapi dia menegaskan bahwa “Kami tengah bekerja dengan Ben Affleck yang sudah menjadi bagian dari tim, [kami] mencoba menyatukan semuanya dan dia juga sangat ingin mengarahkan salah satu proyek kami. Tentunya kami juga menantikan dia melakukan itu.” Mendengar pernyataan Gunn, tidak sedikit penggemar yang berspekulasi bahwa proyek yang dimaksud adalah film baru Batman dan Robin yang berjudul The Brave and the Bold.

Kemarin, Gunn memang telah mengumumkan bahwa The Brace and the Bold adalah salah satu proyek film yang saat ini tengah digarap oleh DC Studios, sebagai bagian dari Chapter 1 DC Universe yang diberi judul Gods and Monsters. Film live action mendatang ini akan mengambil inspirasi dari komik klasik Batman karya Grant Morrison, yang bercerita tentang pertemuan antara Batman dan anaknya yang sebelumnya tidak pernah dia ketahui, yaitu Damian Wayne. Di mana sejak kecil Damian sudah dilatih oleh para assassin untuk menjadi pembunuh berdarah dingin.

Terlepas dari kebenaran proyeknya, yang jelas Gunn telah mengonfirmasi bahwa sekarang Ben Affleck telah resmi menjadi bagian dari tim arsitektur jagat sinema DC Universe. Selain The Brave and the Bold, proyek lain yang sudah diumumkan oleh DC Studios di antaranya adalah animasi Creature Commandos, serial Waller, Lanterns, Paradise Lost, dan Booster Gold, serta film Superman: Legacy (11 Juli 2025), The Authority, Supergirl: Woman of Tomorrow, dan Swamp Thing. Kita lihat saja nanti seperti apa perkembangan kabar tentang Affleck yang jadi sutradara DC Universe ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.