DC Studios baru saja mengumumkan bahwa film sekuel The Batman versi Robert Pattinson merupakan bagian dari konsep besar jagat sinema DC Universe yang disebut Elseworlds. Di DC Comics sendiri sebenarnya Elseworlds adalah salah satu jenis publikasi dari DC Comics untuk kisah multiverse yang terjadi di luar canon DC Universe.

Sebelum melihat perkembangan versi jagat sinemanya nanti, alangkah lebih baiknya kita kenali terlebih dahulu seperti apa gambaran konsep di komiknya melalui sejumlah kisah Elseworlds yang dianggap oleh banyak penggemar sebagai kisah terbaik sepanjang masa. Mulai dari kisah alternatif Batman versi horor, Superman jahat, sampai Justice League tiran, berikut ini 10 kisah Elseworlds paling epik dari DC Comics!

The Dark Knight Returns (1986)

The Dark Knight Returns adalah komik Elseworlds DC dari penulis Frank Miller yang dikenal oleh penggemar selalu menghadirkan kisah kontroversial. Di komik yang berlangsung pada tahun 80-an ini, Bruce Wayne yang sebelumnya sudah pensiun memutuskan untuk kembali sebagai Batman yang lebih brutal. Alasannya karena Amerika digambarkan menjadi negara diktator yang terkesan membiarkan para penjahat berkeliaran. Untuk menghentikannya, presiden Amerika bahkan sampai menyuruh Superman untuk mengalahkan Batman, sehingga pertarungan antara kedua sahabat ini akhirnya tidak bisa dihindari.

Gotham by Gaslight (1989)

Gotham by Gaslight karya Brian Augustyn dan Mike Mignola adalah salah satu komik Elseworlds pertama dari DC yang menceritakan kisah alternatif Batman pada era Victoria. Di kisah kelam ini Batman diceritakan harus berhadapan dengan pembunuh berantai paling misterius dalam sejarah Inggris, dia adalah Jack the Ripper. Sebagai superhero yang terkenal sebagai detektif terbaik di dunia, Batman mencoba menggunakan seluruh kemampuan deduksinya untuk menguak misteri pembunuhan sekaligus meringkus Jack the Ripper. Kisah ini akhirnya membuat Elseworlds mulai dikenal oleh banyak penggemar.

Batman & Dracula (1991)

Ditulis oleh Kelley Jones, komik Elseworlds DC berjudul Batman & Dracula ini berfokus pada versi alternatif Batman yang mencoba menjadi vampire agar dia bisa mengalahkan Count Dracula yang telah menyebar teror di Kota Gotham. Mirisnya, setelah Batman berhasil mengalahkan Dracula, dia malah menjadi teror baru yang jauh lebih mengerikan, bukan hanya bagi penduduk Gotham, tetapi juga bagi para superhero dan supervillain yang dibunuhnya. Komik yang penuh dengan adegan menjijikan dan brutal ini baru berakhir setelah Batman sendiri memutuskan untuk berjalan di bawah sinar Matahari agar dia mati.

Flashpoint (1992)

Jauh sebelum DC merilis kisah Flashpoint (2011) yang memulai era New 52, penulis Pat McGreal sebenarnya sudah lebih dahulu membawakan komik Flashpoint versi klasik yang merupakan bagian dari Elseworlds. Di komik ini diceritakan bahwa Barry Allen alias Flash melakukan serangkaian perjalanan waktu ke berbagai titik sejarah dunia, mulai dari tahun 60-an. Ada banyak sekali kejadian di dunia nyata yang kembali digambarkan dalam kisah epik Flash ini, salah satunya adalah pembunuhan presiden John F. Kennedy pada tahun 1963 yang berhasil digagalkan karena Flash menyelamatkannya lebih dahulu.

Kingdom Come (1995)

Kingdom Come adalah salah satu kisah Elseworlds DC yang diciptakan oleh penulis Mark Waid dan ilustrator Alex Ross. Di komik ini para superhero favorit penggemar, seperti Superman, Batman, Wonder Woman, dan sebagainya, digambarkan sebagai makhluk egois layaknya dewa yang bertindak sesuka hati. Hal ini mendapatkan perlawanan dari para superhero muda yang tidak setuju dengan cara mereka. Sampai akhirnya muncul Lex Luthor sebagai anti hero yang ternyata mempunyai tujuannya sendiri. Semua premis ini pada akhirnya membuat kisah Kingdom Come makin menarik untuk diikuti.

Wonder Woman Amazonia (1997)

Bagaimana jadinya jika Wonder Woman hidup di dunia steampunk? Kisah inilah yang berusaha diceritakan oleh William Messner-Loebs melalui komik Elseworlds DC Wonder Woman Amazonia. Dalam cerita yang berlangsung pada tahun 20-an ini Diana Prince alias Wonder Woman harus menghadapi masalah ketimpangan gender yang membuat banyak wanita tertindas. Selain harus menghadapi ketidakadilan, Wonder Woman juga diceritakan bertemu dengan Batman di kisah Gotham by Gaslight untuk menghajar Jack the Ripper sekaligus membentuk Steampunk Justice League.

JLA: The Nail (1998)

Justice League of America: The Nail adalah kisah unik dari Elseworlds DC yang ditulis oleh Alan Davis, di mana di komiknya dia menceritakan bagaimana jadinya jika dunia tidak ada Superman. Semuanya terjadi karena ban mobil yang dikendarai oleh Jon dan Martha Kent bocor, sehingga mereka tidak bisa menyelamatkan Kal-El saat pertama kali tiba di Bumi. Akibatnya Lex Luthor diceritakan berhasil menjadi wali kota Metropolis dan seluruh dunia merasa ketakutan terhadap eksistensi Justice League. Pertempuran antara manusia biasa dan manusia super akhirnya pecah dan membuat dunia jatuh dalam kekacauan.

Superman: Red Son (2003)

Seperti yang kita tahu, saat ini Superman adalah salah satu superhero terkuat yang semua tindakannya dilandaskan pada nilai keadilan dari kacamata Amerika. Semua ini bisa terjadi karena sejak awal pod Kryptoniannya memang jatuh di Kansas, Amerika. Namun, bagaimana jadinya jika saat masih bayi, Superman justru jatuh di negara adidaya Rusia? Hal inilah yang terjadi di kisah Elseworlds Superman: Red Son karya Mark Millar, di mana dia diceritakan menjadi anak angkat Joseph Stalin versi DC Universe, yang akhirnya menjadi senjata perang dan sumber ketakutan bagi Amerika dan sekutunya.

DC: The New Frontier (2004)

The New Frontier yang ditulis oleh Darwyn Cooke adalah kisah Elseworlds yang bercerita tentang kejadian di dunia superhero DC sekitar tahun 1945 sampai 1960. Di mana superhero Golden Age seperti Superman, Wonder Woman, dan Batman, bertemu dengan superhero Silver Age seperti Martian Manhunter, Green Lantern, dan The Flash. Pada intinya kisah ini menggambarkan situasi yang terjadi di antara kedua era dari para superhero tersebut. Di mana mereka harus berkerja sama untuk mengalahkan Centre, pulau hidup sekaligus iblis kosmik yang ingin menghancurkan semesta DC.

Injustice: Gods Among Us (2013)

Dari sekian banyak komik Elseworlds bisa dibilang Injustice karya Tom Taylor adalah kisah yang paling populer di seluruh dunia. Ceritanya sendiri dianggap sebagai versi modern Kingdom Come, yang menggambarkan bagaimana Superman dan sekutunya menjadi pemimpin dunia yang terkenal sangat kejam dan tiran. Semuanya bermula dari Superman yang hilang kendali setelah Joker membuatnya membunuh Lois Lane secara tidak sengaja. Hal ini pada akhirnya membuat Batman bersama superhero dan supervillain yang bertahan mencoba melawan tirani Superman yang bertindak layaknya dewa baru di muka Bumi.

Itulah 10 kisah Elseworld paling epik yang layak untuk kita baca sebagai penggemar setia DC Comics. Berdasarkan semua yang diceritakan di komiknya cukup jelas bahwa Elseworlds DC berada pada dunia yang jauh berbeda dengan DC Universe utama, mulai dari latar dunianya, plot ceritanya, sampai para karakternya. Kisah yang mungkin menyimpang dari canon DC ini secara tidak langsung dapat menjadi penyegaran bagi para penggemarnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.