Sutradara yang sekarang menjadi Co-CEO DC Studios, James Gunn, serta Peter Safran pada Senin kemarin waktu Amerika secara resmi mengumumkan jika Elseworld akan jadi julukan atau sebutan untuk multiverse di DC Universe.

Seperti yang diungkapkan James Gunn, saat ini terdapat dua “universe” yang ada di bawah rumah produksi tersebut. Universe yang pertama adalah “main story” yang menjadi pusat cerita atau universe utama yang disebut sebagai DC Universe. Universe ini berisi film, series, animasi dan game yang diperkenalkan oleh James Gunn. Sedangkan, untuk film-film seperti Teen Titans Go, The Batman garapan Matt Reeves dan Joker garapan Todd Phillips, James Gunn mengonfirmasi jika film-film tersebut berasal dari universe lain yang disebut “DC Elseworld.”

Ya, dan DC adalah sebuah multiverse, tapi kami akan berfokus pada satu universe dari multiverse tersebut. Dan jika ada sesuatu yang bukan dari DCU, kami akan mempertegas hal tersebut. Berbagai hal yang bersangkutan dengan hal yang lebih dewasa seperti Todd Phillips Joker, atau, kau tahu, animasi anak-anak seperti Teen Titans Go, kami akan mempertegas bahwa semua itu adalah DC Elseworlds yang berjalan sama seperti dalam buku komiknya.

Di DC Comics sendiri “Elseworld” merupakan sebuah realtia alternatif di mana para penulis menghadirkan sebuah cerita yang berada di luar cerita utama. Elseworld sendiri pertama kali dirilis di DC Comics pada 1989 dan kemunculan realita alternatif ini nyatanya memberikan dampak yang positif di mana para penulis bisa menghadirkan berbagai kreativitas mereka dalam menghadirkan mitologi atau cerita dari sebuah karakter.

Meskipun Elseworld menjadi salah satu rencana yang dihadirkan oleh DC Studios dan Warner Bros., Gunn dan Safran sendiri masih tetap fokus terhadap universe utama. Inilah alasan dalam presentasi mereka kemarin keduanya juga membeberkan berbagai proyek film yang akan muncul di DC Universe dalam 10 tahun kedepan. Yang juga jadi catatan adalah James Gunn dan Safran mengonfirmasi jika film The Flash yang akan datang akan menjadi titik awal untuk memulai DC Universe.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.