Dalam alur cerita One Piece ada beberapa sumber kekuatan yang luar biasa dahsyat yang membuat para karakter di dalamnya mampu menghadapi berbagai ancaman. Sumber kekuatan tersebut tentunya menjadi menjadi cara untuk menghancurkan para lawan-lawan mereka. Series One Piece terkenal karena petualangan bajak laut yang sangat besar, dan juga dunia mereka yang luas serta berbagi hal unik dan menarik di dalamnya.

Eiichiro Oda, selaku kreator dari series One Piece, berhasil menghadirkan sesuatu yang baru dalam pertarungan para bajak laut ini. Sehingga, mereka bukan hanya sekedar mengandalkan pedang dan juga senjata api. Hal-hal baru inilah yang membuat alur cerita One Piece banyak diminati oleh orang-orang. Berikut adalah beberapa sumber kekuatan dalam cerita One Piece.

Buah IblisĀ 

Buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan yang paling populer dan paling umum yang muncul dalam cerita One Piece. Buah iblis selalu menjadi salah satu pusat perhatian para fans mengingat ini merupakan salah satu elemen penting dalam ceritanya. Buah misterius ini diketahui bisa memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya. Setelah sempat menjadi misteri, akhirnya teka-teki buah iblis perlahan mulai terjawab.

Dalam chapter sebelumnya, Vegapunk mengajukan teori bahwa buah iblis tercipta akibat hasrat terbesar daridalam diri manusia. Namun, siapa yang kemudian membuatnya dan bagaimana caranya masih jadi sebuah misteri besar. Meskipun buah iblis dibagi dalam tiga kategori – Zoan, Paramecia, dan Logia, – namun Oda menghadirkan berbagai jenis lainnya seperti Mythical Zoan atau bahkan Paramecia Special.

Haki

Selain buah iblis, Haki juga jadi salah satu sumber kekuatan terbesar dari para karakter dalam cerita One Piece. Seperti yang Geeks ketahui, Haki sendiri merupakan perwujudan dari kekuatan tekad seseorang. Semakin besar kekuatan tekad orang tersebut, maka semakin kuat juga kekuatan Haki yang bisa dihasilkan. Semua orang bisa menggunakan dan mempelajari Haki.

Namun, tidak semua orang bisa menguasai kemampuan Haki secara menyeluruh atau sampai tingkatan tertinggi. Haki bisa dibangkitkan melalui latihan keras, dan bisa juga muncul secara alami ketika seseorang berhadapan dengan situasi antara hidup dan mati. Ada tiga jenis Haki yaitu Armament Haki (Haki Senjata), Observation Haki (Haki Pengamatan), dan Conqueror Haki (Haki Penguasa). Yang menarik adalah Haki menjadi satu-satunya cara untuk menghadapi pengguna buah iblis. Dan kekuatan Haki bisa dialirkan ke benda atau hal apa pun.

Pengendalian Cuaca

Kemampuan untuk mengendalikan cuaca sudah menjadi salah satu kekuatan yang berpengaruh dan sangat mengerikan dalam cerita One Piece. Di sebuah dunia yang memerlukan perjalanan laut untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain atau mewujudkan mimpinya, ancaman paling besar yang harus dihadapi tidak lain adalah cuaca yang beragam itu sendiri. Ketika seseorang tidak bisa memprediksi atau tidak tahu cara menghadapinya, maka kecil kemungkinan untuk selamat.

Mereka yang mampu mengendalikan cuaca biasanya akan mampu juga menguasai situasi. Nami adalah sosok karakter yang memang terkenal dalam hal pengendalian cuaca. Dia bahkan mampu menggunakan cuaca sebagai senjata utamanya untuk mengalahkan musuh. Selain Nami, Crocodile pernah menggunakan sebuah ramuan khusus untuk mengacaukan cuaca di Alabasta. Para peneliti di pulau langit sudah sejak lama melakukan penelitian untuk memanen cuaca.

Kemampuan Bela Diri

Seperti yang disebutkan di atas bahwa dunia bajak laut adalah sebuah dunia yang kejam, keras, dan sangat kompetitif. Untuk bisa menjadi sosok bajak laut yang sukses dalam cerita One Piece, seseorang harus memiliki kekuatan sebesar dan sebanyak mungkin. Biasanya seseorang akan menggunakan senjata atau pun kemampuan buah iblis dan Haki yang sangat berguna dalam sebuah pertarungan atau pertempuran.

Namun, terkadang dalam sebuah pertempuran yang terjadi seseorang bisa juga melakukannya. One Piece sendiri memiliki banyak sekali aliran bela diri yang tidak kalah epik dari Haki. Misalnya Fish-Man Karate (Karate Gyojin), Okama Kenpo, sumo, gulat, dan sebagainya. Bukti kedahsyatan dari kemampuan bela diri bisa kita lihat dari sosok Sanji dan juga Jinbe serta Sabo.

Kemampuan Berpedang dan Menembak

Ini adalah sumber kekuatan yang paling banyak dimiliki atau diperlihatkan di sepanjang alur cerita One Piece. Kita bisa melihat bagaimana mayoritas karakter dalam ceritanya menggunakan pedang sebagai salah satu alat tempur mereka. Misalnya, Zoro, Mihawk, Ryuma, para samurai Wano, dan masih banyak lainnya. Meskipun begitu, Oda menghadirkan sesuatu yang unik dari penggunaan pedang ini.

Misalnya, bagaimana Zoro memiliki level kemampuan yang sangat dahsyat dengan mampu menggunakan teknik Asura dan berbagai teknik lainnya. Menggunakan senjata api juga merupakan sesuatu yang lumrah, meskipun dalam hal ini pengguna pedang lebih banyak dari pengguna senjata api. Pihak angkatan laut, Izo, Van Augur, dan Benn Beckman adalah beberapa pihak yang mengunakan senjata api sebagai sumber kekuatan mereka. Yang menarik adalah baik pedang atau pun peluru yang mereka gunakan bisa dialiri oleh Haki yang menambah daya hancurnya.

Para karakter dalam cerita One Piece memiliki sumber kekuatan yang beragam. Meskipun begitu, mereka mengandalkan sumber kekuatan tersebut untuk mengalahkan berbagai ancaman dan musuh-musuh mereka. Beberapa poin di atas adalah contoh dari berbagai sumber kekuatan yang dihadirkan oleh Eiichiro Oda sejauh ini. Apakah akan ada sumber kekuatan lainnya masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.