Sosok Monica Rambeau akhirnya memiliki julukan superhero resmi di MCU saat dia kembali muncul di film The Marvels. Sosok Monica Rambeau pertama kali muncul di film Captain Marvel sebelum kemudian dia kembali dalam versi dewasa di series WandaVision. Pada series pertama MCU tersebut Monica kemudian diperlihatkan mendapatkan kekuatan super. Karakternya dijadwalkan akan kembali lagi muncul dalam sekuel Captain Marvel, yaitu The Marvels.

Semenjak kemunculannya di MCU, banyak fans yang kemudian penasaran dengan nama pahlawan yang akan digunakan oleh Monica. Dalam versi komiknya sendiri Monica sempatĀ  menggunakan beberapa nama pahlawan. Misalnya, Spectrum dan juga Photon. Namun, rasa penasaran para fans akhirnya terjawab setelah penulis Eve L. Ewing dan Michael Sta. Maria memberikan petunjuk mengenai hal tersebut.

Dalam wawancaranya dengan Black Comic Lords, Ewing, yang merupakan penulis komik Monica Rambeau: Photon yang rilis pada Desember kemarin, memberikan indikasi atau petunjuk jika Monica akan menggunakan nama “Photon” sebagai nama pahlawannya di MCU yang akan debut di film The Marvels.

Perlu diingat, para penggemar komik, seperti yang kalian ketahui, MCU dan pihak penerbit (Marvel Comics) tidak terlalu sering berkomunikasi, namun kami terkadang melakukannya… Biar aku jelaskan, aku tidak memilih untuk dia (Monica) disebut sebagai Photon dalam komik ini (Monica Rambeau: Photon), aku beri tahu kalian semua. Itu yang ingin aku katakan.

Berdasarkan penjelasan dan petunjuk dari Ewing tersebut, artinya pihak Marvel Studios yang kemudian meminta Ewing atau pihak Marvel Comics untuk menggunakan nama Photon bagi Monica untuk nama pahlawannya di komik yang sudah rilis kemarin. Mengetahui bagaimana Marvel Comics dan juga Marvel Studios sering “berkolaborasi” untuk karakter yang akan muncul di film, rasanya tidak berlebihan jika ucapan dari Ewing menjadi indikator kuat jika Monica Rambeau akan menggunakan nama Photon.

Sebenarnya, di MCU sendiri nama “Photon” bukanlah sesuatu yang baru. Ini adalah nama panggilan atau ‘callsign’ dari ibunya, Maria Rambeau, saat dia masih aktif di angkatan udara Amerika. Sama halnya seperti Carol Danvers yang memiliki nama panggilan “Avenger” di angkatan udara. Mengetahui bagaimana Monica sedih saat ibunya tewas, seperti yang diperlihatkan di WandaVision, menggunakan nama “Photon” sebagai nama pahlawannya akan sangat menarik secara epik. Hal tersebut akan menjadi bentuk penghormatan terhadap sang ibu.

Yang menarik juga adalah di Phase 4 dan 5 mendatang, warisan sepertinya memang akan jadi salah satu tema kuat yang muncul dalam ceritanya. Sudah ada beberapa karakter yang “diwariskan” untuk meneruskan titel sebelumnya, mulai dari Kate Bishop sampai Sam Wilson. Selain namanya, mungkin Monica juga akan mewarisi kostum yang juga sama seperti di komiknya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada Juli 2023 mendatang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.