Selama 14 tahun terakhir, Marvel Studios sudah merilis banyak sekali film MCU. Terhitung ada lebih dari 20 film yang telah mereka buat. Mereka juga membuat berbagai series yang semakin memperluas cerita di MCU. Sepanjang kiprahnya, Marvel Studios sudah beberapa kali menghapus adegan-adegan yang mereka rasa tidak terlalu penting atau tidak sesuai dengan cerita yang dihadirkan. Lantas apa saja adegan yang dihapus dari MCU tersebut? Simak di bawah ini Geeks!

Kematian Black Widow yang Berbeda

Seperti yang kita ketahui, Avengers: Endgame memperlihatkan kematian Black Widow yang emosional. Black Widow dan Hawkeye yang tengah berada di Vormir sempat berseteru untuk menentukan siapa yang layak mengorbankan diri untuk mendapatkan Soul Stone. Tetapi sebenarnya ada adegan yang dihapus, yang menceritakan hal berbeda. Adegan yang dihapus dari MCU tersebut memperlihatkan saat Black Widow dan Hawkeye harus berhadapan dengan tentara Thanos. Keduanya terjebak, dan Hawkeye menyusun rencana untuk melawan. Tetapi kemudian Black Widow menentang rencana tersebut dan melompat untuk mengorbankan jiwa. Sebelum melompat, Black Widow pun tertembak beberapa kali. Black Widow pun lantas merangkak ke tepi jurang dan mengorbankan diri.

Tony Selamatkan Obadiah Stane

Dalam film Iron Man yang rilis tahun 2008, Obadiah Stane diceritakan sebagai villain utama yang harus dihadapi Tony Stark. Begitu Tony Stark mengetahui bahwa Stane akan mengambil alih Stark Industries, Tony Stark langsung menghajar Stane. Puncaknya, Stane harus tewas di tangan Tony. Menariknya nih Geeks, ada adegan yang dihapus dari film Iron Man. Adegan tersebut memperlihatkan saat Tony mencoba menyelamatkan Stane. Ketika ada atap bangunan yang hampir menimpa Stane, Tony mencoba menyelamatkannya. Tony kemudian meraih tangan Stane dan mencoba menariknya keluar dari armor yang tengah Stane gunakan. Namun upayanya tidak berhasil, dan Stane tetap tewas tertimpa.

Kemunculan Perdana Miles Morales

Film Spider-Man: Homecoming menjadi film solo Spider-Man pertama di MCU. Sebenarnya, film tersebut memiliki beberapa adegan yang dihapus. Salah satu adegan menandai kemunculan Miles Morales di MCU. Adegannya terjadi setelah Spider-Man mengikat Aaron Davis ke mobilnya untuk menginterogasinya. Ternyata saat itu, Davis ingin bertemu dengan keponakannya, Miles Morales. Dan dalam adegan yang dihapus itu, Davis menelepon keponakannya dan meminta maaf karena dia tidak dapat bertemu. Dalam komik, Aaron Davis memang menjadi paman Miles Morales. Aaron Davis sendiri dikenal sebagai Prowler, dan ia adalah seorang villain yang bahkan pernah dihadapi langsung oleh Miles Morales.

Kepedihan Steve Rogers

Mungkin Captain America versi Steve Rogers menjadi pahlawan dengan kisah hidup yang paling menyedihkan. Seperti yang kita ketahui, masa muda Rogers sangat kelam, di mana dia sering mengalami perundungan. Kepedihannya semakin bertambah karena dia tidak bisa bersama dengan orang yang dia cintai yaitu Peggy Carter. Nah di film The Avengers, adalagi adegan menyedihkan dari Steve Rogers yang tadinya bakal dihadirkan. Adegan tersebut menunjukkan saat Rogers melihat file teman-temannya. Dia mengetahui bahwa hampir semua temannya meninggal. Adegan pun diakhiri dengan Rogers yang melihat file milik Peggy Carter, dan dia berniat untuk meneleponnya. Tapi hal tersebut tidak terjadi. Sayangnya, adegan tersebut dihapus dari versi final.

Pesta Ulang Tahun Tony

Dalam film Iron Man 2 yang rilis tahun 2010, Tony meyakini bahwa dia sekarat dan tidak ada yang bisa mengobatinya. Oleh sebab itulah Tony menjadikan Pepper Potts sebagai CEO Stark Industries. Selain itu, dia juga menikmati sisa-sisa hidupnya dengan membuat banyak pesta. Nah salah satu adegan yang dihapus dalam film tersebut memperlihatkan saat Tony Stark menggoda Natasha Romanoff (yang saat itu tengah menyemar sebagai Natalie Rushman) di pesta ulang tahunnya. Ketika itu, Tony memamerkan tangan Iron Man kepada Natalie. Bahkan dia sempat menembakkan repulsornya untuk membuat kagum Natalie.

Doctor Strange Berduka Atas Tony

Tony Stark melakukan pengorbanan heroik di film Avengers: Endgame. Setelah Tony Stark menjentikkan Infinity Gauntlet, diapun sekarat dan terbaring ditemani rekan-rekannya. Semua rekan-rekan Tony berdiri disampingnya dalam tatapan penuh duka. Sebenarnya ada sebuah adegan yang dihapus dalam film tersebut. Adegan yang dihapus tersebut memperlihatkan Doctor Strange yang menginisiasi untuk berlutut sebagai tanda penghormatan kepada Tony Stark. Kemudian, semua rekan-rekan yang lain pun mengikuti apa yang dilakukan Doctor Strange, sehingga akhirnya mereka semua berlutut. Ini menjadi bentuk penghargaan yang sempurna bagi Tony Stark yang gugur untuk menyelamatkan dunia.

Pertemuan Tony dan Anaknya

Adegan yang dihapus berikutnya memperlihatkan saat Tony bertemu dengan versi remaja dari anaknya, yaitu Morgan Stark. Adegan tersebut berada di akhir Avengers: Endgame, di mana saat itu Tony Stark sudah tewas. Setelah Tony tewas, dia lantas bertemu dengan Morgan Stark di Soul World. Tony terlihat bingung saat dia bertemu dengan Morgan, sebelum akhirnya Tony mengetahui siapa Morgan sesungguhnya. Tak lama, Tony mempertanyakan tentang keputusan yang dia perbuat. Namun Morgan meyakinkannya bahwa semuanya baik-baik saja. Adegan pun diakhiri dengan kalimat ikonik “I love you 3000”. Sebenarnya adegan tersebut sangat emosional, tetapi akhirnya dihapus dari filmnya.

Pertemuan Hulk dan Ancient One

Masih dalam film Avengers: Endgame, ada sebuah adegan yang dihapus saat Hulk dan Ancient One bertemu untuk pertama kalinya. Dalam adegan tersebut, Ancient One terlihat sangat santai dan dia tengah meminum minuman segar. Dan tak lama kemudian, Ancient One menyadari bahwa Hulk akan datang dari masa depan dan mengetahui apa yang Hulk inginkan. Ketika Hulk muncul, Ancient One tidak terlalu terkejut. Ancient One kemudian menjelaskan kepada Hulk bahwa Doctor Strange (di masa lalu) tidak tahu tentang Time Stone, karena saat itu Doctor Strange masih bekerja sebagai dokter biasa. Adegan kemudian ditutup dengan Hulk yang akhirnya menanyakan tentang siapa Ancient One sebenarnya, sebelum dia pergi.

Berkumpulnya Para Avengers

Adegan terakhir yang dihapus dari Avengers: Endgame memperlihatkan saat para pahlawan saling berkumpul di tengah pertempuran. Mereka berkumpul untuk menentukan rencana yang akan mereka ambil. Saat itu terjadi, Tony Stark sempat terlibat konflik dengan Doctor Strange, sebelum keduanya dipisahkan oleh Peter Quill. Selain itu, ada juga beberapa lelucon yang dihadirkan ditengah pertempuran tersebut, misalnya lelucon “Cap” dari Ant-Man dan Wasp yang diperlihatkan. Marvel Studios memutuskan untuk menghapus adegan tersebut dan melakukan reshoot. Adegannya diganti dengan adegan-adegan singkat yang ada dalam pertempuran puncak tersebut.

Cameo Captain America

Film The Incredible Hulk adalah film kedua yang tayang di MCU. Nah menariknya, film tersebut awalnya bakal menampilkan adegan yang memperlihatkan tubuh beku Captain America. Semuanya bermula ketika Bruce Banner mencoba untuk bunuh diri. Dia mencoba pergi menuju kutub utara, dan membawa senjata untuk mengakhiri hidup. Ketika Bruce berjalan melalui pengunungan bersalju, akhirnya dia mengeluarkan senjatanya untuk bunuh diri. Tentu saja Hulk tidak mengijinkan hal tersebut terjadi, dan Hulk akhirnya bangkit dari tubuh Bruce Banner. Ketika Hulk mengamuk, dia mulai menghancurkan Artik. Di sinilah, saat es yang membeku terlempar memperlihatkan tubuh Captain America. Namun pada akhirnya adegan tersebut dihapus dari filmnya.

Itulah dia Geeks beberapa adegan yang dihapus dari MCU. Di antara adegan tersebut, ada beberapa yang akan mempengaruhi cerita jika dipertahankan. Di antara semua adegan tersebut, mana yang ingin kalian lihat Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/