Di Marvel Comics, kita dikenalkan dengan tim superhero bernama Avengers yang sangat populer. DC Comics juga memiliki tim superhero pesaing yang tak kalah populer bernama Justice League. Seperti yang kita ketahui, Bumi menjadi incaran beberapa villain. Dan ketika itu terjadi, Justice League akan turun menghentikan villain tersebut. Tetapi Geeks, sebenarnya di DC Comics, ada berbagai versi Justice League yang pernah dikenalkan. Beberapa versi Justice League malah memiliki fungsi yang berbeda dari yang biasa. Apa saja versi Justice League tersebut? Simak berikut ini Geeks!

Justice League Utama

Justice League adalah tim superhero utama DC yang melakukan debut di tahun 1960. Ada tujuh anggota asli Justice League yaitu Superman, Wonder Woman, Batman, The Flash, Aquaman, Green Lantern, dan Martian Manhunter. Tetapi memang anggota Justice League mengalami beberapa perubahan selama bertahun-tahun, dan karakter seperti Orion, Green Arrow, dan Stargirl juga turut bergabung dengan mereka.

Bahkan menariknya lagi, nama Justice League sudah beberapa kali berganti, dari mulai Justice League of America, hingga Justice League International. Namun pada akhirnya DC kembali menggunakan nama Justice League. Justice League memiliki banyak markas, tetapi Markas paling ikoniknya adalah Hall of Justice kerena menjadi satu-satunya markas mereka yang bisa diakses warga sipil.

Crime Syndicate

Mungkin Crime Syndicate adalah kebalikan dari Justice League. Mereka berasal dari Earth-3, sebuah semesta di mana para superhero bertransformasi menjadi penjahat. Yap, dalam semesta ini, kita dikenalkan Superman versi jahat bernama Ultraman, Batman jahat bernama Owlman, Wonder Woman jahat bernama Superwoman, dan masih banyak lagi.

Nah menariknya, meski mereka semua memiliki kekuatan yang hampir mirip, tetapi para anggota Crime Syndicate mempunyai kisah asal-usul yang berbeda, dan kelemahan yang juga berbeda. Crime Syndicate pernah menginvasi Earth-0 untuk mencari semesta baru yang bisa mereka tinggali, di mana tempat asal mereka sudah dihancurkan oleh Anti-Monitor.

Justice League Incarnate

Pada tahun 2021, DC resmi mengenalkan tim Justice League baru bernama Justice League Incarnate. Tim ini dibentuk oleh President Superman di komik Infinite Frontier untuk melindungi Multiverse DC dari ancaman villain. Yap, cakupan Justice League Incarnate memang sangat luas karena mencakup multiverse.

Para anggotanya pun berasal dari universe berbeda seperti Flashpoint Batman, Avery Ho, Aquawoman, Captain Carrot, dan Dr. Multiverse. Justice League Incarnate pernah berhadapan dengan Darkseid yang bersiap untuk mengusik multiverse DC. Dan disitulah Justice League Incarnate turun untuk memperkuat pertahanan Omniverse dari serangan Darkseid.

Justice League Dark

Tim ini terbentuk dalam komik Swamp Thing Vol. 2 #25. Swamp Thing dan John Constantine lah yang menginisiasi terbentuknya Justice League Dark. Menariknya, masing-masing anggota Justice League Dark memiliki kekuatan supernatural, yang digunakan untuk menghadang kekuatan gaib para villain yang mengusik Bumi.

Selain Swamp Thing dan John Constantine, ada lagi beberapa anggota Justice League Dark seperti Deadman, Mento, Zatanna, serta Phantom Ranger. Bisa dibilang Justice League Dark adalah tim populer kedua di DC setelah Justice League. Dan mereka pun sudah terbukti mampu menghentikan beberapa ancaman gaib, termasuk mengalahkan iblis, dan penyihir jahat.

Young Justice

Dalam DC Universe, kita mungkin lebih mengenal dengan tim superhero remaja bernama Teen Titans yang berisikan para pahlawan seperti Raven, Robin, Starfire, Beast Boy dan masih banyak lagi. Tetapi sebenarnya ada tim superhero remaja lainnya yang menjadi versi muda dari Justice League. Tim superhero tersebut adalah Young Justice.

Selama beberapa waktu, Young Justice pernah diceritakan menggantikan Justice League dalam melindungi Bumi. Bahkan cakupan Young Justice sangatlah luas yaitu seluruh Bumi. Sebenarnya anggota Young Justice saat ini masih aktif seperti Red Robin, Teen Lantern, Wonder Girl, Aqualat, Impulse, dan masih banyak lagi. Meski mereka masih sangat muda, tetapi jangan remehkan kekuatan mereka.

Itulah dia Geeks beberapa versi Justice League yang pernah dikenalkan dalam semesta DC. Beberapa versi Justice League tersebut memang cukup familiar di telinga kita, tetapi beberapa lainnya mungkin terdengar asing. Di antara mereka, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/