Baru-baru ini daftar jajaran pemeran untuk film Ant-Man and the Wasp: Quantumania mendatang telah mengungkap identitas karakter yang akan diperankan oleh aktor William Jackson Harper. Dia adalah Quaz, seorang pemberontak berkemampuan telepati yang berusaha melawan rezim Kang the Conqueror di Quantum Realm. Tidak sedikit penggemar yang berpekulasi bahwa Quaz sendiri adalah kependekan dari Quasar versi MCU.

Dikenal sebagai superhero kosmik dengan kekuatan energi kuantum murni, Quasar sendiri adalah salah salah satu anggota terkuat di Guardians of the Galaxy bahkan Avengers. Sebelum membahas seperti apa teori kemunculannya di MCU melalui film Ant-Man and the Wasp Quantumania, mari kita kenali terlebih dahulu siapa sebenarnya sosok Quasar dan seperti apa kehebatannya di Marvel Comics. So, check this out, Geeks!

Quasar, Protector of the Marvel Universe

Dalam sejarah panjang Marvel Comics, sampai hari ini setidaknya ada empat karakter yang pernah diceritakan menjadi superhero Quasar. Termasuk alien kree hibrida Phyla-Vell, Richard Rider yang kini menjadi Nova, dan yang terbaru superheroin Avril Kincaid. Namun dari semua karakter baru tersebut, yang paling pertama dan paling terkenal sebagai Quasar adalah Wendell Vaughn. Setelah debut pada tahun 1977 sebagai Marvel Boy, Wendell kembali diperkenalkan di komik Incredible Hulk #234 (1979) sebagai superhero baru dengan kekuatan energi kuantum murni bernama Quasar.

Petulangannya sebagai superhero bermula ketika Quasar ditugaskan oleh SHIELD untuk bekerja sebagai petugas keamanan di Stark International. Saat tengah menjalankan tugasnya, Quasar harus menghadapi organisasi jahat AIM yang mencoba mencuri sepasang gelang kosmik Quantum Band. Karena merasa terdesak, Quasar terpaksa menggunakan Quantum Band yang pada akhirnya mengubah tubuhnya menjadi energi kuantum. Dengan kekuatan barunya ini Quasar terbukti mampu mengalahkan AIM, dan sejak saat itu dia memutuskan untuk menjadi superhero yang lebih besar di luar angkasa.

Ketika berada di luar angkasa, Quasar makin terkenal sebagai superhero kosmik yang tidak ada duanya. Pada titik inilah dia bertemu dengan entitas kosmik bernama Eon yang kemudian menunjuknya sebagai ‘Protectors of the Universe’, mirip seperti Sorcerer Supreme dengan wilayah perlindungan seluas kosmos. Dengan jabatan barunya ini, Quasar telah banyak terlibat dalam berbagai peristiwa besar di Marvel Universe, seperti Kree/Shi’ar War, Infinity War, dan Secret Invasion. Selain itu dia juga sempat bergabung dengan banyak tim superhero Marvel sekelas Guardians of the Galaxy, Annihilators, dan Avengers.

Guardians sekaligus Kosmik Avengers Terkuat

Setelah menggunakan Quantum Band dan menjadi energi kuantum murni, Quasar diceritakan mampu mengubah tubuh dan kekuatannya sesuai dengan apa yang dipikirkan olehnya. Makin kuat pikiran seorang Quasar, baik dia Wendell Vaughn maupun para penerusnya, maka akan makin dahsyat juga kekuatan kosmik yang dimilikinya. Selain memanipulasi energi kuantum, kekuatan Quasar juga meliputi terbang antar galaksi, teleportasi, kekuatan fisik super, bertarung dengan tangan kosong, kepekaan kosmik, bahkan meledakkan diri.

Di Marvel Comics sendiri ada banyak kisah yang seakan-akan menjelaskan bahwa Quasar adalah anggota terkuat di tim superhero Guardians of the Galaxy dan Avengers. Bagi superhero kosmik sekelas Captain Marvel, bisa dibilang Quasar juga lebih unggul darinya. Buktinya Quasar pernah ditunjuk oleh Eon untuk menjadi Protectors of the Universe, sementara Captain Marvel yang digadang-gadang sebagai superhero terkuat di MCU, justru tidak pernah diberikan kehormatan yang sama bahkan di Marvel Universe sekalipun.

Berpotensi Debut di Film Ant-Man 3 

Seperti yang sudah disinggung di awal, berdasarkan daftar jajaran pemeran untuk film Ant-Man and the Wasp Quantumania, aktor William Jackson Harper dipastikan akan berperan sebagai Quaz yang diduga adalah Quasar versi MCU. Jika rumornya benar, artinya selain menjadi seorang pemberontak berkekuatan telepati, Quaz juga akan mendapatkan cerita originnya sendiri sebagai superhero yang tubuhnya terbuat dari energi kuantum. Di mana mungkin setelah film Ant-Man and the Wasp Quantumania nanti, Quasar akan diceritakan bergabung dengan The Next Avengers pada masa depan MCU.

Itulah pembahasan tentang sosok Quasar, superhero kosmik Marvel yang berpotensi muncul di film Ant-Man and the Wasp Quantumania. Sebagai makhluk yang tubuhnya terbuat dari energi kuantum, sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana Quasar bisa melakukan debutnya di MCU. Kehadiran Quasar dan juga keterlibatannya dengan Avengers, bisa diartikan bahwa pertempuran final Avengers akan jauh lebih besar dari yang pernah ada sebelumnya. Sebelum melihat itu semua, kita lihat saja nanti pada tanggal 17 Februari, apakah benar Quasar akan muncul di film ketiga Ant-Man tersebut.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.