Mungkin tidak banyak Geeks yang tahu tentang sosok Primus, sang dewa pencipta para Transformers. Hal ini wajar, karena memang sosok Primus cukup jarang muncul meskipun sudah ada beberapa alterasi yang menghadirkan karakternya. Tanpa ada Primus, mungkin kita tidak akan pernah melihat aksi dari Optimus Prime, Autobots, atau pun Decepticons dalam cerita Transformers.

Sebagian besar Geeks mungkin sudah mengenal siapa Autobots, Decepticon, Starscream, Optimus Prime, dan sebagainya. Mereka adalah para Transformers yang saling bertarung dan sering muncul dalam cerita. Namun, ternyata para Transformers itu pun memiliki sosok yang dianggap sebagai dewa pencipta. Siapakah dia? Tidak lain adalah Primus. Tetapi, siapa sebenarnya Primus? Seperti apa asal-usulnya?

Asal-Usul Primus

Cerita tentang asal-usul Primus dan Unicron pertama kali muncul di komik The Transformers yang ditulis oleh Simon Furman dan dirilis oleh Marvel Comics pada era 1984. Dalam alur cerita Marvel, dikisahkan jika Unicron adalah salah satu dewa kegelapan yang harus bertarung melawan Primus yang merupakan salah satu dewa cahaya. Rivalitas ini pun terus berlanjut sampai Primus berhasil mengalahkan Unicron.

Tujuannya sendiri adalah agar Primus bisa naik ke “surga” yaitu Omniversal Matrix, tempat di mana para dewa cahaya lainnya sudah terlebih dahulu pergi. Kemudian, pada 1988 UK Comics memberikan sedikit perubahan terhadap sejarah Primus. Dengan inti ceritanya masih sama, dewa cahaya dan kegelapan. Namun, dalam cerita ini Primus diperlihatkan berhasil menang melawan Unicron.

Setelah berhasil mengalahkan musuhnya, dia pun kemudian berubah wujud menjadi planet Cybertron. Juga, dia kemudian mulai menciptakan berbagai spesies Transformers dengan memberikannya serpihan jiwanya melalui Matrix of Leadership. Yang membedakan juga adalah di cerita ini, Primus tidak muncul dalam bentuk fisik. Dia diketahui hanya sebatas konsep atau ide saja. Primus lebih dianggap sebagai karakter “mitologi” pencipta para Transformers dan Matrix.

Asal-usul Primus kemudian kembali mendapatkan perubahan di era akhir 90an, oleh BotCon/Fun Publication. Dalam komik Transformers: Reaching Omega Point, asal-usul Primus sedikit dikembangkan dari versi Marvel Comics. Dalam pertarungannya melawan Unicron, Primus memiliki rencana untuk menjebak dirinya dan rivalnya tersebut di sebuah planet.

Untuk menguji cobanya, dia kemudian mengubah bulan Protos menjadi markas Transformers pertama ciptaanya yang bernama Covenant of Primus. Setelah berhasil menciptakan 12 markas Transformers tersebut, Primus kemudian mengubah dirinya menjadi Cybertron. Dia pun terus menciptakan berbagai spesies Transformers lainnya seperti 13 Primes pertama yang sengaja diciptakan untuk menghancurkan Unicron.

Pencipta Transformers

Seperti yang disebutkan di atas, Primus adalah dewa pencipta dari para Transformers. Dia merupakan makhluk kuno yang keberadaanya sudah ada bersamaan dengan terciptanya alam raya. Primus adalah sumber kekuatan dan kebaikan di seluruh realita dan alam raya. Sayangnya, dia memiliki adik yang justru menjadi sumber kekacauan dan kejahatan, yaitu Unicron.

Lalu, apa yang kemudian menjadi alasan Primus menciptakan para Transformers? Alasan terbesarnya menciptakan para Transformers adalah untuk membantunya mengalahkan Unicron. Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, pertarungan antara Unicron dan Primus sudah berlangsung lama. Dan Unicron pun bukan lawan yang mudah untuk ditaklukan.

Karena itulah, Primus membutuhkan bantuan yang mana kemudian dia menciptakan para Transformers yang terbuat dari serpihan jiwanya. Para Tranformers inilah yang kemudian menjadi cikal bakal munculnya berbagai spesies yang ada di franchise ini, mulai dari Autobots, Decepticon, Primal, dan sebagainya. Sementara, Primus kemudian berubah wujud menjadi Cybertron.

Para Transformers Pertama

The Thirteen Primes atau Tiga Belas Primes pertama merupakan sebutan dan titel bagi para Transformers pertama yang diciptakan oleh Primus. Mereka memiliki misi untuk membantunya mengalahkan Unicron. Namun, setelah itu, Primus memberikan para Transformers ini kesempatan untuk berkembang yang kemudian menjadi berbagai Transformers yang kita kenal.

Sebenarnya, konsep Tiga Belas Primes tersebut diciptakan oleh Simon Furman di era akhir 90an untuk penerbit BotCon dalam cerita “Covenant.” Ketiga belas Transformers inilah yang diciptakan oleh Primus dan memiliki markas mereka sendiri. Lalu, siapa saja Tiga Belas Prime pertama yang diciptakan oleh Primus?

  • Prima – sosok Prime pertama dan juga sang pemimpin pertama
  • Vector Prime – sang penjaga waktu
  • Logos Prime atau Alpha Trion – mentor dari Optimus Prime
  • Solus Prime – satu-satunya Transformers wanita dan ahli dalam hal menciptakan sesuatu
  • Micronus Prime – Mini-Con atau sub kelas Transformer pertama yang ada
  • Alchemist Prime/Maccadam
  • Nexus Prime – Combiner pertama, sub kelas yang bisa menggabungkan tubuh mereka
  • Amalgamous Prime/Adaptus atau Solomus – perwujudan dari sifat bijaksana
  • Quintus Prime atau Epistemus – perwujudan dari pengetahuan
  • Liege Maximo – pencipta Decepticons dan juga pengkhianat di kelompok ini
  • Megatronus – salah satu pengkhianat lainnya
  • Autonomous Maximus atau Optimus Prime – pemimpin Autobots dan penjaga Cybertron

Dengan perilisan film terbaru Transformers yang akan menghadirkan jenis Transformers lainnya, yaitu Primal, menarik untuk kita nantikan apakah alur ceritanya akan sedikit menyinggung tentang dewa Primus. Atau mungkin filmnya juga bisa menghdirkan sedikit cerita tentang ketiga belas Prime ini. Hal ini tentunya akan semakin memperluas mitologi Transformers versi layar lebar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.