Ada satu peribahasa Indonesia yang sangat tepat untuk menggambarkan hubungan antara superhero DC dan sidekicknya, yaitu ‘bagai inai dengan kuku’. Yang artinya selalu terlihat berdampingan dan tak terpisahkan, di mana DC sendiri sering kali menceritakan hubungan di antara mereka lebih dekat dari keluarga. Walaupun begitu, pada umumnya kisah di DC universe sendiri sering kali mengisahkan bahwa para sidekick tidak pernah lebih hebat dari pendahulunya. Kecuali untuk 5 karakter DC berikut ini yang faktanya telah mematahkan stigma tersebut dan memang mempunyai kekuatan yang lebih superior dari mentornya.

Damian Wayne dari Dick Grayson

Saat Bruce Wayne sempat diceritakan hiatus karena punggungnya dipatahkan oleh Bane, Dick Grayson alias Nightwing pernah diceritakan mengambil alih mantle Batman, dengan Damian Wayne sebagai Robinnya. Pada titik inilah penggemar dibuat kaget dengan kehebatan dari anak Bruce dan Talia Al Ghul tersebut. Di mana pengalaman Damian sebagai seorang pembunuh dari League of Assassins telah membuatnya lebih hebat dalam pertarungan tangan kosong melawan Dick. Bahkan DC telah berkali-kali menceritakan bahwa Damien adalah sidekick paling hebat sekaligus paling brutal sepanjang masa.

Jarro dari Batman

Masih dari keluarga Bat Family, DC pernah menceritakan bahwa anak alien Starro yang bernama Jarro sempat menjadi sidekick bagi Batman, lengkap dengan kostum Robinnya. Pada dasarnya secara pengalaman dan kemampuan dasar bertarung, Batman memang lebih hebat dari Jarro yang tubuhnya tidak lebih besar dari sebuah stoples. Namun dari segi kekuatan pikiran, sebagai anak Starro yang pernah hampir berhasil menguasai Bumi, Jarro lebih hebat dalam mengendalikan pikiran orang lain. Saat Batman kesulitan melawan Deathstroke, Jarro pernah diceritakan dengan mudah menempel dan mengendalikan pikiran villain kejam tersebut bahkan mengejeknya dengan sebutan ‘Deathjoke’.

Cassandra Cain dari Batgirl

Sidekick berikutnya yang terbukti lebih superior dari mentornya adalah Cassandra Cain. Meskiupun usianya masih cukup muda, tetapi dia sudah menjadi ahli seni bela diri terkuat di Bumi, mengalahkan pendahulu sekaligus salah mentornya mentornya yang bernama Barbara Gordon alias Batgirl. Saat menjadi Batgirl, dengan kemampuan bela dirinya Cassandra bahkan terbukti mampu mengalahkan sejumlah karakter lain yang lebih berpengalaman darinya. Termasuk ibunya yang bernama Lady Shiva, ayahnya sendiri David Cain, dan bahkan Bruce Wayne dalam pertarungan tangan kosong.

Tempest dari Aquaman

Dari keluarga Batman sekarang kita beralih ke sosok Garth of Atlantis, yang terkenal sebagai salah satu sidekick Arthur Curry alias Aquaman di DC Universe. Meskipun secara kekuatan fisik tidak lebih hebat dari Aquaman, tetapi ketika Aqualad pertama ini mempelajari ilmu sihir Atlantis, dia terbukti mampu mengungguli Aquaman dalam beberapa aspek. Hal tersebut terbukti saat Aquaman bersanding dengan Aqualad baru, di mana Garth yang mengganti nama superheronya menjadi Tempest berhasil melindungi Atlantis sendirian sementara mentornya pergi ke permukaan untuk misi lain.

Impulse dari Mercury

Terakhir sidekick DC yang berhasil membuktikan dirinya lebih hebat dari mentornya adalah Bart Allen alias Impulse. Saat pertama kali mendapatkan kekuatan Speed Force, Impulse diceritakan mendapatkan kesempatan untuk menjadi murid Max Mercury, salah satu speedster DC yang pertama kali berhasil menguasai Speed Force. Menariknya, meskipun Mercury sudah memiliki kemampuannya sejak lahir, ternyata dia tidak lebih cepat dari Impulse dan dia sadar dengan hal itu. Sehingga dalam setiap pertempuran mereka, Mercury selalu berusaha memastikan kombinasi pengalamannya dan kecepatan Impulse bisa menjadi aset terbaik untuk mengalahkan musuh mereka.

Itulah 5 sidekick DC yang terbukti lebih superior dalam beberapa aspek dari mentornya. Hal ini bahkan tidak segan-segan DC sampaikan melalui berbagai kisah yang menggambarkan keunggulan dari para karakter ini. Bahkan para superheronya sendiri mengakui bahwa sidekick mereka memang lebih unggul dari segi kekuatan. Namun, karena pada dasarnya mereka masih minim pengalaman, para mentornya tersebut masih mempunyai tugas yang cukup besar untuk memastikan setiap kekuatan sidekicknya dapat tersalurkan dengan baik.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.