Dalam waktu yang hampir bersamaan, ada dua berita berlawanan mengenai aktor Henry Cavill yang cukup mengejutkan penggemar. Yang pertama adalah berita buruk tentang pensiunnya Cavill sebagai Superman di DC Universe. Dan yang kedua adalah berita baik yang melaporkan bahwa Cavill akan membintangi serial Warhammer 40.000 atau yang sering disebut juga Warhammer 40K. Terlepas dari berita buruknya yang sudah pasti menyedihkan, kali ini kita akan membahas berbagai fakta menarik tentang Warhammer 40K. Karena mungkin banyak di antara kita yang masih asing dengan judul populer ini.

Debut Sebagai Miniatur Wargame

Fakta menarik yang pertama, Warhammer 40K awalnya adalah sebuah board game ciptaan Games Workshop yang edisi pertamanya dirilis pada tahun 1987. Berbeda dari Dungeons & Dragons yang pion karakternya abstrak, sejak awal Warhammer sudah hadir dengan miniatur karakter yang detail dan fungsinya sangat banyak. Itulah mengapa pada akhirnya board game yang satu ini menjadi ‘miniatur wargame’ paling populer di seluruh dunia. Pada tahun 2020 lalu, Game Workshop telah merilis Edisi Kesembilan dengan miniatur karakter dan peraturan baru yang telah direvisi dari 8 edisi sebelumnya.

Berbeda dengan Warhammer Fantasy

Sebelum sepopuler sekarang, sebenarnya Warhammer 40K adalah bagian dari board game Warhammer Fantasy yang rilis lebih awal pada tahun 1983. Di mana 40K digambarkan sebagai versi futuristik dan merupakan lanjutan dari Warhammer Fantasy. Namun, satu tahun setelah 40K rilis, Games Workshop memutuskan untuk memisahkan semestanya sampai hari ini. Hal tersebut bisa kita lihat dari origin 40K yang dimulai di sebuah planet mirip Bumi yang disebut Terra. Sedangkan Warhammer Fantasy berlangsung di semesta medieval yang disebut Old Ones, layaknya semesta The Lord of the Rings.

Berlangsung Sekitar Tahun 40.000

Jika tadi Warhammer Fantasy berlangsung di semeta medieval seperti Middle-earth di The Lord of the Rings, Warhammer 40K justru lebih mutakhir dari itu. Untuk menggambarkan semesta 40K kita bisa membayangkan semesta gabungan antara, Star Wars, Alien, Starship Troopers, The Evil Dead, Clash of the Titans, politik Nazi, dan Perang Dunia II, yang dikemas dengan penuh darah serta hal brutal lainnya. Judulnya sendiri sebenarnya mewakili tahun terjadinya peristiwa Warhammer 40K, yang berlangsung sekitar tahun 40.000 pada masa depan yang sangat jauh, di mana semuanya terasa lebih kelam.

Ada 7 Bangsa Besar yang Memainkan Peran

Karena pada dasarnya Warhammer 40K bercerita tentang perang galaksi antara manusia, alien, iblis, dan dewa, setidaknya ada 7 bangsa yang memainkan peran di semestanya:

  • Imperium of Man: Bangsa manusia yang ingin menguasai galaksi dengan pasukan Space Marine-nya sekaligus membunuh para musuhnya agar mereka tidak lagi terancam di galaksi.
  • Chaos: Bangsa manusia lain yang lebih brutal, di mana mereka ingin menguasai Imperium dan menjadikan Dewa Chaos, Abaddon, sebagai kaisar barunya.
  • Necrons: Bangsa alien-zombie kuno yang memandang bangsa lain sebagai hama yang harus dimusnahkan.
  • Aeldari: Bangsa yang mengklaim dirinya sebagai dewa, serta ingin menggulingkan Imperium yang konon telah menduduki wilayah lama mereka.
  • Orks: Bangsa monster orc brutal yang hanya mempunyai satu tujuan, yaitu bertempur melawan semuanya, karena mereka semua menyukai konflik bahkan di kubu Orks sendiri.
  • Tyranids: Bangsa alien serangga yang sama buruknya seperti Orks. Bedanya mereka melihat musuh sebagai mangsanya.
  • T’au: Bangsa alien humanoid berkulit biru yang digambarkan seperti orang-orang Asia, dengan senjata canggih dan armor mecha.

Populer dengan Berbagai Video Game

Meskipun pada dasarnya board game Warhammer 40K sudah cukup terkenal, khususnya di Inggris, tetapi seluruh dunia justru mulai lebih mengenalnya melalui video game. Mulai dari video game bergenre turn-base strategy seperti Space Hulk (1993). Kemudian game real time strategy mirip Warcraft yang berjudul Warhammer 40.000: Dawn of War II (2009). Sampai game first person shooter terbaru yang berjudul Warhammer 40,000: Darktide (2022). Di mana semuanya mengusung elemen, bangsa, dan karakter yang eksis di semesta Warhammer 40K secara keseluruhan.

Salah Satu Kegemaran Henry Cavill

Dari sekian banyak aktor Hollywood, Henry Cavill adalah salah satu aktor yang terkenal sangat menggemari video game dan pop culture. Perannya di serial The Witcher sebagai Geralt of Rivia bahkan dia sebut sebagai harapan yang menjadi kenyataan, karena dia sangat menggemari novel asli dan video gamenya. Sekarang, untuk Warhammer 40K sendiri ternyata sebelum dilaporkan terlibat dengan serial mendatangnya, dia memang menggemari dengan miniatur 40K. Pada bulan April lalu, dia bahkan membagikan sebuah video yang memperlihatkan miniatur 40K miliknya di Instagram.

Serial Baru Tengah Dikembangan Amazon

Baru-baru ini, tidak lama setelah berita pensiun Cavill dari DCU, The Hollywood Reporter melaporkan bahwa sang mantan aktor Superman tersebut akan membintangi sekaligus menjadi produser eksekutif untuk serial baru Warhammer 40K. Di mana saat ini Amazon telah memasuki tahap final untuk mengakuisisi hak dagang 40K dari Games Workshop. Sejauh ini masih belum ada penulis dan showrunner yang terlibat dalam proyeknya, kecuali perusahaan produksi film dan televisi Vertigo Entertainment yang akan turut memproduseri serial Warhammer 40K.

Siapa Karakter Cavill di Warhammer 40K?

Untuk sekarang memang masih belum ada informasi tambahan dari Amazon maupun pihak Cavill terkait perannya di serial Warhammer 40K. Namun, banyak sekali penggemar yang sangat penasaran dengan karakter yang akan diperankan oleh Cavill, mengingat ada banyak sekali karakter di semestanya. Dari sekian banyak karakter 40K setidaknya ada dua karakter populer yang berpotensi diperankan oleh Cavill.

Yang pertama adalah Aramus, seorang kapten Space Marine manusia, jika Amazon akan mengadaptasi kisah game RTS Warhammer 40.000: Dawn of War II. Potensi peran yang kedua sebagai Titus, kapten Ultramarines manusia, jika serialnya mengadaptasi game TPS populer Space Marine. Atau peran yang sepenuhnya baru, karena pada dasarnya Warhammer 40K adalah semesta yang sangat luas, di mana setiap kisah baru umumnya selalu dimulai oleh karakternya yang baru juga.

Itulah berbagai fakta menarik dari Warhammer 40K, yang akan segera diadaptasi menjadi serial dengan Henry Cavill sebagai bintangnya. Karena sekarang Cavill telah menggantungkan jubah Superman-nya, pasti banyak sekali sineas dan perusahaan Hollywood yang tengah mengincarnya. Warhammer 40K sendiri setidaknya telah menjadin berita baik pertama yang membuat penggemar cukup senang sekaligus mengantisipasi peran ikonik Cavill di serialnya. Mengingat saat ini serialnya masih dalam tahap pengembangan, kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.