Tidak lama lagi, kita akan menyaksikan film Oppenheimer yang membintangi deretan aktor beken Hollywood, mulai dari Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer, Emily Blunt sebagai Katherine Oppenheimer, Matt Damon sebagai Leslie Groves, Robert Downey Jr. sebagai Lewis Strauss, dan masih banyak lagi.

Oppenheimer diadaptasi dari buku berjudul American Prometheus garapan Kai Bird dan Martin J. Sherwin. Filmnya sendiri disutradarai oleh Christopher Nolan. Tetapi Nolan tak hanya menyutradarainya, karena dia juga menjadi penulis naskah.

Christopher Nolan adalah sutradara yang ahli dalam pembuatan efek practical, di mana Nolan hampir tidak pernah menggunakan CGI di film-film yang pernah dia garap. Nah Nolan pun menerapkan hal serupa di film terbarunya ini, yang bakal menceritakan tentang orang-orang yang berkontribusi dalam pembuatan bom atom.

Dalam film Oppenheimer, Nolan kembali memilih menggunakan efek practical, dan meminimalisir penggunaan CGI. “Saya pikir membuat ulang uji Trinity (peledakan senjata nuklir pertama di New Mexico) tanpa menggunakan efek CGI merupakan tantangan besar yang harus dihadapi.” Ungkap Nolan.

Nolan pun menambahkan bahwa dia menciptakan kembali ledakan senjata nuklir tanpa menggunakan CGI. “Saya sudah mengajak Andrew Jackson (supervisor visual efek) sejak awal, melihat bagaimana yang kami dapat lakukan pada filmnya dengan menampilkan efek praktis, mulai dari merepresentasikan dinamika kuantum dan fisika kuantum, hingga pengujian Trinity itu sendiri, dengan tim saya.”

Christopher Nolan memang sangat totalitas dalam membuat film. Film Tenet menjadi bukti bagaimana Nolan benar-benar menabrakkan pesawat Boeing 747 ke sebuah gedung. Adegan itu dibuat asli tanpa efek CGI. Di Interstellar pun, Nolan membuat satu set pesawat ruang angkasa buatan, dan melakukan syuting di malam hari, agar seolah-olah mereka benar-benar berada di luar angkasa.

Oppenheimer bakal menjadi film pertama Nolan di bawah bendera Universal Pictures. Sebelumnya Nolan memilih hengkang dari Warner Bros, yang telah bekerja sama dengannya selama lebih dari dua decade. Jika tidak ada halangan, Oppenheimer bakal rilis pada tanggal 21 Juli 2023. Kita tunggu aja ya Geeks perilisan filmnya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/