Shuma Gorath

Shuma Gorath adalah villain multiverse yang digambarkan sebagai bagian dari Great Old Ones, alias entitas kosmik Marvel yang senang memangsa universe. Muncul pertama kali pada tahun 70-an, Shuma Gorath terbilang cukup sering berhadapan dengan Doctor Strange. Karena memang sejak awal Shuma Gorath sangat ingin memakan Prime Earth yang menjadi tanggung jawab Sorcerer Supreme. Meskipun rencananya tidak pernah berhasil, hal tersebut tidak mengubah fakta bahwa sebelumnya Shuma Gorath telah menguasai dan bahkan memakan ribuan universe di luar Prime Earth.

Dreadpool

Tidak jauh berbeda dari Inheritors yang hanya menargetkan satu varian, Dreadpool juga diceritakan sebagai villain multiverse Marvel yang hanya mengincar varian Deadpool. Setelah membunuh para superhero di universenya, Earth-12101, Dreadpool lantas memulai misi multiversenya di Deadpool: Killustrated, di mana dia mencoba memburu semua Deadpool. Salah satu upayanya adalah dengan mendirikan tim Evil Deadpool Corps untuk bertempur dengan pasukan Deadpool ‘baik’. Konflik antara pemilik kemampuan healing factor ini telah menjadi pertempuran yang sangat epik di dalam sejarah Marvel.

Griever

Griever alias ‘Griever at the Ends of all Things’ adalah villain multiverse Marvel yang terkenal sebagai musuh Fantastic Four. Sejatinya Griever adalah entitas abstrak yang mempunyai kemampuan untuk memanipulasi dimensi, realitas, dan universe, dengan kata lain dia bisa menggunakan kekuatannya untuk menghancurkan multiverse. Bersama pasukannya yang disebut Endlings, Griever hanya mempunyai satu tujuan. Yaitu membuat sekaligus menyaksikan semua cahaya kehidupan meredup di Akhir Zaman. Untuk kemudian berduka (grieve) atas apa yang telah terjadi selama ini di multiverse.

Black Winter

Jika sang Pemakan Planet Galactus di Marvel Universe sudah cukup membuat kalian tercengang, mungkin kalian belum mengenal sosok villain multiverse yang satu ini. Black Winter adalah entitas abstrak yang debut di komik Thor #169 (1969), di mana dia bertindak sebagai master dari Galactus. Dialah yang telah mengutus Galactus untuk mencarikan universe yang akan dia makan. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak universe yang telah Black Winter makan. Di komik Thor Vol. 6 #4 (2020), dia bahkan diceritakan telah memakan sebuah universe yang di dalamnya terdapat Justice League.

Enigma

Mungkin masih belum banyak yang mengetahui siapa Enigma. Faktanya dia memang baru saja muncul di komik Defenders: Beyond #5 yang rilis pada bulan November lalu. Tidak tanggung-tanggung, entitas abstrak ini bahkan diperkenalkan langsung oleh Tuhan Marvel, One Above All, kepada Loki yang mengunjungi House of Ideas. Wujud Enigma digambarkan sebagai mahkota dengan berbagai versi yang eksis sekaligus di berbagai universe. Meskipun hanya melihat Enigma sekilas, tetapi menurut Loki, kehadiran Enigma telah membuat Black Winter tampak seperti ‘Angry Baby Jelly’ alias agar-agar mungil.

Itulah 10 villain yang kehadirannya telah mengancam kedamaian multiverse. Meskipun motivasi para villain ini beragam, tetapi karena bisa mengakses multiverse, hal tersebut secara tidak langsung telah menjadikan mereka sebagai sosok yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup karakter dan universe lain. Tentunya untuk mengatasi mereka, dibutuhkan kekuatan gabungan yang juga berasal dari multiverse. Karena sepertinya hanya sosok terbaik di multiverse saja yang bisa mengalahkan para villain multiverse ini.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.