Marvel Multiverse adalah kumpulan universe dan dimensi yang masing-masing mempunyai superhero dan supervillainnya sendiri. Meskipun pada umumnya para karakter di Multiverse Marvel tersebut tidak mengetahui bahwa ada kehidupan di luar universe mereka, ternyata beberapa di antaranya sudah lebih dahulu sadar. Seperti 10 villain yang akan kita bahas kali ini, di mana mereka menjadikan multiverse Marvel sebagai medan pertempuran. Baik itu untuk menjadi penguasa multiverse ataupun untuk menghabisi sejumlah varian, para villain Marvel ini telah menjadi ancaman yang sangat serius.

Kang the Conqueror

Berbicara tentang villain yang mengancam multiverse, para penggemar Marvel pasti akan langsung ingat dengan Kang the Conqueror. Sebagai penjelajah waktu, mungkin Kang bisa disebut sebagai salah satu penyebab dari munculnya para karakter varian dan juga universe alternatif. Apalagi dia dikenal sebagai Nexus Being yang keberadaannya sangat mengancam keseimbangan multiverse. Dengan senjata dan teknologi masa depannya, Kang sering kali muncul tiba-tiba pada suatu titik timeline untuk menaklukan berbagai universe. Kang tidak akan pernah berhenti sampai seluruh multiverse tunduk kepadanya.

Shadow King

Shadow King alias Amahl Farouk adalah musuh bebuyutan pemimpin X-Men, Charles Xavier, yang telah berkali-kali mencoba menguasai multiverse. Awalnya Amahl hanyalah seorang mutan yang mempunyai kemampuan telepati, tetapi seiring berjalannya waktu akhirnya terungkap bahwa dia adalah inkarnasi makhluk jahat bernama Shadow King. Meskipun rencananya di Prime Earth selalu berhasil digagalkan, tetapi Shadow King diceritakan telah menguasai sejumlah universe. Termasuk Earth-6141, di mana Shadow King berhasil merasuki Charles Xavier dan mengganti namanya menjadi Shadow X.

Shathra

Di komik Edge of Spider-Verse Vol. 2 yang rilis pada bulan Agustus lalu, Marvel telah memperkenalkan villain multiverse baru yang konon lebih berbahaya dari Kang the Conqueror. Dia adalah Shathra, anak elder god Gaea dan Oshtur yang bersemayam di tengah-tengah Spider-Verse sambil menunggu waktu yang tepat untuk menghancurkan sekaligus menciptakan kembali universe sesuai dengan keinginannya. Sejak pertama kali Shathra lahir, dia bahkan sudah diceritakan mengawasi berbagai timeline sekaligus memburu para manusia laba-laba dan kemudian menjadikan mereka sebagai budaknya.

Inheritors

Sama seperti Shathra, Inheritors adalah keluarga supervillain yang eksistensinya sangat mengancam kestabilan Spider-Verse. Keluarga kanibal yang terdiri Daemos, Karn, Malos, Morlun, dan Solus ini digambarkan sebagai pemburu varian Spider-Man di multiverse. Posisi Inheritors yang berada di Earth-001 alias Loomworld, telah memudahkan mereka untuk menguasai Web of Life and Destiny, yang dapat mengungkap lokasi para manusia laba-laba. Itulah mengapa mereka bisa mengakses multiverse untuk kemudian menculik para manusia laba-laba dan menjadikan mereka sebagai hidangan di meja makan.

Master of Evils

Master of Evils adalah tim supervillain Marvel yang sering digambarkan sebagai musuh bebuyutan Avengers sejak tahun 60-an. Sekarang, inkarnasi terbarunya yang muncul di komik Avengers Forevers, digambarkan sebagai tim villain multiverse yang ingin menaklukan berbagai universe Marvel. Dalam prosesnya, tim yang terdiri dari varian Doctor Doom, Thanos, Killmonger dan sebagainya ini hanya bisa dicegah oleh Avengers Multiverse. Namun, karena kisahnya masih berjalan, untuk saat ini masih belum bisa diketahui apakah Avengers bisa menghentikan mereka atau tidak. Kita lihat saja nanti. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.