Richard Rider adalah salah satu pahlawan terkenal dari Marvel Comics. Dia mendapatkan kekuatan supernya dari Nova Force. Dengan kekuatan tersebut, Rider menjadi sosok yang kuat, cepat, dan memiliki daya tahan tinggi. Setelah mendapat kekuatan, Nova menjadi pelindung Xandar dan Bumi. Sebenarnya nih Geeks, nama Xandar pernah disebutkan di MCU.

Ketika itu, Xandar disebutkan saat Thanos menghancurkan sebuah planet yang menyimpan Power Stones. Itu berarti Xandar meyimpan Power Stones, dan demi mendapat benda tersebut, Thanos menghancurkan Xandar. Tetapi setelah nama Xandar disebut, Richard Rider tidak pernah dimunculkan di MCU.

Padahal antara Xandar dan Richard Rider memiliki keterkaitan yang kuat di komik. Richards Rider sendiri sempat beberapa kali dirumorkan muncul di film Guardians of the Galaxy, tetapi tidak ada satupun rumor tersebut yang terbukti. Dan sekarang, terungkap tentang alasan mengapa Rider alias Nova tidak dimunculkan dalam GOTG.

Saat melakukan sesi wawancara dengan Comicbook, James Gunn mengungkap alasannya tidak mengenalkan Nova di GOTG. Menurut Gunn, karakter Nova terlalu besar untuk dikenalkan dalam filmnya. Kemunculan karakter sekelas Nova bisa mendistraksi penonton, sehingga mereka lebih menyukai Nova ketimbang Star Lord.

“Ada satu miliar versi (naskah) Guardians sebelum saya bergabung. Ya, saya rasa mungkin ada beberapa naskah yang memuat Richard Rider (Nova) di dalamnya, tapi sepertinya, ada banyak versi (naskah) yang berbeda. Dia terlalu besar bagi seorang karakter. Sejak awal, ketika saya bergabung dengan Guardians, saya tidak ingin menghadirkan lebih dari dua manusia.” Ungkap James Gunn.

Gunn kemudian menambahkan, “Saya ingin menampilkan satu manusia sehingga dia dapat berada disekililing alien dan kemudian kita menyadari sedikit demi sedikit bahwa semua karakter ini adalah satu-satunya dari jenisnya. Mereka satu-satunya manusia bagi diri mereka, tahu?” Dengan semua yang James Gunn ungkap, tidak dihadirkannya Nova menjadi keputusan terbaik bagi para Guardians.

Baru-baru ini, beredar kabar yang menyebut bahwa Marvel Studios tengah mengembangkan sebuah proyek Nova di MCU. Kabarnya proyek tersebut akan mirip seperti Werewolf by Night dan Guardians of the Galaxy Holiday Special, di mana bakal menjadi bagian dari Marvel Studios Presentation.

Jadi walaupun Richard Ryder tidak berkesempatan untuk muncul di Guardians of the Galaxy, tetapi dia masih punya banyak kesempatan muncul di proyek lainnya.

https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/