Beberapa fakta Mythical Zoan yang menarik muncul dalam beberapa waktu belakangan pasca Oda Sensei memperkenalkan buah iblis “baru” milik Luffy yaitu Hito Hito no Mi, Model: Nika. Buah iblis kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan fans One Piece setelah fakta mengejutkan muncul di chapter 1044 kemarin yang berkaitan dengan sosok Luffy. Dan hal ini pun menjadi fakta menarik bagi jenis Mythical Zoan.

Zoan sendiri merupakan salah satu jenis buah iblis yang diperkenalkan dalam cerita One Piece. Namun, yang menariknya adalah Zoan ternyata memiliki berbagai sub jenis, salah satunya adalah Mythical Zoan. Ada berbagai fakta kekuatan menarik Mythical Zoan yang sudah Oda Sensei hadirkan saat ini dalam ceritanya. Apa saja? Berikut adalah beberapa diantaranya.

1Berasal Dari Makhluk Mitologi

Fakta Mythical Zoan pertama adalah, sesuai namanya, sub jenis buah iblis ini akan memberikan kekuatan buah iblis yang berasal dari makhluk-makhluk mitologi yang ada. Yang menarik adalah Oda Sensei sendiri sering menghadirkan berbagai makhluk mitologi bukan hanya berasal dari Jepang. Namun, juga berasal dari belahan dunia lain. Misalnya, Tori Tori no Mi, Model: Phoenix yang membuat Marco bisa berubah menjadi burung Phoenix.

Fakta Kekuatan Mythical Zoan One Piece

Atau mungkin Kaido yang memiliki buah iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu, yang mampu membuatnya berubah menjadi seekor naga timur rakasasa. Untuk makhluk mitologi yang berasal dari Jepang misalnya adalah buah iblis Yamata no Orochi milik Orochi atau Ookuchi no Makami milik Yamato. Yang paling unik dari semuanya adalah buah iblis milik Sengoku, di mana dia bisa berubah menjadi sosok Buddha emas dengan ukuran yang besar.

Dan yang menarik adalah beberapa kemampuan buah iblis ini sangat mirip dengan kemampuan dalam cerita mitologinya. Misalnya, buah iblis milik Marco memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya atau orang lain. Selama dia memiliki kekuatan, Marco tidak akan bisa tewas. Hal ini sesuai dengan legenda burung Phoenix yang abadi.

2Mampu Megendalikan Elemen

Fakta Mythical Zoan selanjutnya, selain memiliki kekuatan dahsyat yang sesuai dengan kekuatan dari makhluk mitologinya, mereka yang memiliki kekuatan Mythical Zoan juga akan memiliki kemampuan dahsyat lain yaitu pengendalian elemen. Dalam hal ini, penggunanya akan mampu menggunakan dan mengendalikan elemen alam untuk mereka gunakan sesuai hati. Misalnya, Ookuchi no Makami milik Yamato mampu utuk menciptakan es.

Fakta Kekuatan Mythical Zoan One Piece

Hal ini bisa kita lihat pada saat dia membekukan mesiu di gudang bawah tanah Onigashima, ketika Kazenbo hendak meledakannya. Atau bahkan Kaido yang memiliki beberapa teknik serangan yang berdasarkan elemen alam. Misalnya, Boro Breath yang berasal dari elemen api. Atau Kaifu yang merupakan serangan elemen angin mengerikan, di mana serangan tersebut bahkan mampu memutuskan lengan Kiku.

Sejauh ini, serangan elemen menjadi salah satu kelebihan dan hal menarik yang pengguna Mythical Zoan miliki. Inilah yang membuat mereka menjadi unik dan sangat mengerikan. Karena, berbagai serangan elemen tersebut sangatlah berbahaya. Masih belum diketahui apa lagi yang bisa mereka lakukan dengan pengendalian elemen tersebut.

3Kemampuan Regenerasi Yang Sangat Dahsyat

Buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang memberikan kekuatan binatang kepada mereka yang memakannya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung. Selain mendapatkan kemampuan binatang, mereka juga akan mendapatkan peningkatan dalam hal masa penyembuhan di mana waktu penyembuhan mereka menjadi lebih singkat.

Fakta Kekuatan Mythical Zoan One Piece

Namun, jika seseorang kemudian memiliki kemampuan Mythical Zoan maka kemampuan regenerasi atau penyembuhan mereka akan jauh meningkat drastis. Hanya cukup rehat selama beberapa saat, mereka akan mampu kembali mendapatkan tambahan tenaga. Stamina mereka pun bisa pulih dengan sangat cepat. Fakta ini bisa kita lihat dalam pertarungan Kaido melawan Luffy dan juga Worst Generation.

Kaido sempat menerima serangan epik dari Zoro, namun dia mampu bertahan dari serangan itu. Bahkan, dia kemudian melanjutkan pertarungannya melawan Luffy. Berkali-kali menerima serangan Luffy tidak lantas membuat Kaido kalah. Justru dia bisa pulih dengan cepat setelah menerima serangan tersebut. Pengguna buah iblis jenis Zoan lainnya mungkin belum tentu mampu mengalami hal tersebut.

4Memiliki Kekuatan Dahsyat

Selain memiliki kemampuan regenerasi yang jauh lebih dahsyat dari jenis Zoan lain, fakta Mythical Zoan selanjutnya adalah mereka memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Level kekuatan pengguna Mythical Zoan berada di atas rata-rata. Hal ini membuat mereka sulit untuk dilukai atau bahkan tewas. Juga, mereka memiliki serangan-serangan epik yang bisa hancurkan banyak orang.

Bukti nyata dari hal ini adalah Kaido, yang mana dia menjadi makhluk yang sulit untuk tewas atau bahkan untuk dilukai. Meskipun dia juga melapisi tubuhnya dengan Advanced Conqueror Haki, namun kekuatan Mythical Zoan dalam dirinya juga membantu dia tahan terhadap berbagai serangan. Puluhan serangan sudah Kaido terima sejak awal penyerangan Onigashima, namun faktanya dia masih tetap berdiri sampai Luffy mengalahkannya.

Yang juga luar biasa adalah bagaimana sosok Orochi, di mana dia adalah pengguna buah iblis yang lemah dan tidak kompeten, namun masih mampu menghadirkan kedahsyatan dengan sulit tewas berkat kekuatan buah iblisnya. Sudah beberapa kali dia “tewas” sebelum akhirnya Denjiro kemudian menghabisi nyawanya. Yamato sendiri berhasil bertahan dari semua serangan Kaido, padahal levelnya berada di bawah sang ayah.

5Jenis Paling Langka

Mythical Zoan adalah sub jenis buah iblis Zoan yang paling langka. Bahkan, sub jenis ini jauh lebih langka dari Ancient Zoan. Selain itu, kelangkaan buah iblis jenis ini bahkan mengalahkan langkanya buah iblis Logia. Hal ini rasanya masuk akal mengingat kekuatan dahsyat yang buah iblis ini miliki, serta bagaimana kekuatan tersebut terkoneksi dengan makhluk mitologi yang ada.

Hal ini juga yang membuat Kaido sempat marah terhadap Yamato, yang tidak sengaja memakan buah iblis Inu Inu no Mi, Model: Ookuchi no Makami. Menurut Kaido, dia sudah susah payah mendapatkan buah iblis itu. Namun, anaknya tidak sengaja memakan buah iblis tersebut karena kelaparan. Bukti nyata lainnya dari langkanya Mythical Zoan adalah bagaimana tidak ada yang mirip antara satu pengguna dan yang lain.

Misalnya, kita tidak pernah menemukan bagaimana ada buah iblis lain menirukan kekuatan Kaido, Marco, atau bahkan Yamato. Tetapi, kita bisa lihat adanya kesamaan buah iblis Hie Hie no Mi milik Aokiji dan Yuki Yuki no Mi milik Monet. Kelangkaan kekuatan dan juga bentuk serta buah iblisnya yang menjadikan Mythical Zoan spesial dan luar biasa.

6Memiliki Pikirannya Sendiri

Fakta Mythical Zoan selanjutnya adalah sub jenis buah iblis ini memiliki pikirannya sendiri. Dalam chapter sebelumnya, pada saat Oda memperkenalkan nama asli dari buah iblis Luffy kita mendapatkan fakta mengejutkan dari jenis buah iblis ini. Salah satu Gorosei sempat menyebutkan bahwa buah iblis ini seolah memiliki pikirannya sendiri. Hal ini berdasarkan fakta bahwa mereka sangat sulit mendapatkannya.

Selama 800 tahun World Govenment berusaha untuk mendapatkan buah iblis itu. Namun, faktanya, mereka selalu gagal. Menurut mereka, buah iblis itu seolah mampu berpikir sendiri untuk bisa menghindari dari serangan atau kejaran World Government. Mengingat ini adalah buah iblis yang langka dan spesial, mungkin wajar dan masuk akal jika kemudia buah iblisnya pun mampu memiliki pikirannya sendiri.

7Berbeda Dengan Ancient Zoan

Ini juga menjadi fakta Mythical Zoan yang menarik. Mungkin banyak Geeks yang bingung antara Ancient Zoan dan juga Mythical Zoan. Seperti disebutkan di poin sebelumnya, Mythical Zoan adalah sub jenis Zoan yang paling langka. Bahkan, sub jenis ini jauh lebih langka dari Ancient Zoan. Seperti namanya, mereka yang memakan atau memiliki kekuatan buah iblis ini akan berubah menjadi makhluk mitologi.

Namun, hal berbeda akan terjadi kepada mereka yang merupakan pengguna kekuatan Ancient Zoan. Meskipun efeknya sama, yaitu berubah menjadi binatang, bedanya adalah pemakan buah iblis Ancient Zoan akan berubah menjadi binatang purba, misalnya dinosaurus. Contoh nyata dari hal ini adalah semua bawahan dari Kaido di kelompok bajak laut Beast. Misalnya, para All-Stars dan para Flying Six.

8Mampu Merubah Kepribadian

Ini adalah fakta Mythical Zoan terbaru dan salah satu juga yang menarik. Fakta ini muncul dalam booklet Road to Laugh Tale, yang berisi berbagai rangkuman dan hal-hal menarik yang Oda hadirkan. Dalam salah satu edisi, Oda menjelaskan bahwa buah iblis Mythical Zoan memiliki sebuah kelemahan besar. Apa kelemahannya? Kekuatan dahsyat ini bisa mengendalikan atau merubah kepribadian penggunanya.

Meskipun tidak secara gamblang Oda menjelaskan hal tersebut, namun fakta ini menjelaskan apa yang terjadi kepada Luffy saat dia menggunakan Gear 5. Nampak Luffy berbeda dari sosok yang biasa kita kenal. Kemudian, Kaido juga memiliki beberapa mode yang muncul saat pertarungan epik melawan Luffy. Dengan kekuatan dahsyat, wajar jika efek sampingnya pun tidak kalah mengerikan.

9Para Pemilik Mythical Zoan

Sampai sejauh ini, hanya ada enam orang yang memiliki kekuatan buah iblis Mythical Zoan secara canon. Mereka adalah Marco, Sengoku, Kaido, Orochi, Catarina Devon, dan terakhir adalah Yamato. Masih belum diketahui apakah Oda masih akan lagi menghadirkan pemilik kekuatan buah iblis Mythical Zoan lainnya dalam cerita. Namun, tentunya akan lebih baik jika pemilik dari Mythical Zoan tidak terlalu banyak.

Sekitar 10 orang menjadi angka yang dirasa pantas. Hal ini tentunya demi membuat buah iblis tersebut tetap langka di ceritanya. Oda perlu berkaca pada pengguna Haki Penguasa atau Conqueror Haki, yang mana penggunanya sudah mencapai 16 orang. Jumlah tersebut rasanya terlalu banyak, mengingat ini merupakan Haki yang spesial.

Mythical Zoan adalah salah satu sub jenis buah iblis yang paling epik dan menarik. Keistimewaan dan berbagai hal luar biasa lainnya membuat buah iblis ini spesial. Berbagai fakta Mythical Zoan di atas adalah bukti bagaimana luar biasanya buah iblis ini. Menarik untuk kita nantikan bagaimana Oda akan kembali menghadirkan buah iblis ini dalam cerita akhir serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.