Belakangan ini karakter Kent Nelson alias Doctor Fate dari DC telah menarik cukup banyak perhatian di kalangan penggemar. Alasannya karena sebentar lagi versi live action-nya akan debut di DCEU bersama Justice Society melalui film Black Adam. Apalagi aktor yang akan memerankannya adalah veteran Hollywood Pierce Brosnan. Selain karakternya, tidak sedikit juga yang penasaran dengan markas gaib Doctor Fate yang sempat terlihat di trailer Black Adam, yaitu Tower of Fate.

Berbicara tentang markas Doctor Fate, sebenarnya Tower of Fate sangat berbeda dengan markas para superhero pada umumnya. Karena sejatinya Doctor Fate sendiri adalah seorang penyihir terkuat DC yang mempunyai tugas melindungi Bumi dari segala ancamannya, termasuk ancaman gaib. Itulah mengapa markasnya tidak bisa sembarangan, termasuk lokasi, struktur, dan cara mengaksesnya. Melihat markas Doctor Fate di DCEU sama seperti di komiknya, mari langsung saja kita kenali seperti apa Tower of Fate di DC Universe!

Sudah Berdiri Sebelum Amerika Ditemukan

Doctor Fate adalah penyihir terkuat DC yang telah melakukan debutnya sejak tahun 1940 melalu komik More Fun Comics #55 karya Gardner Fox dan Howard Sherman. Karakter pertama yang memegang identitasnya adalah Kent Nelson yang juga akan muncul di film Black Adam nanti. Sejak awal kemunculannya sebagai Doctor Fate, dia sudah bermarkas di Tower of Fate. Yang keberadaannya tersembunyi di Kota Salem, Massachusetts, dan konon sudah berdiri jauh sebelum Christopher Colombus menemukan Amerika. Beberapa orang juga mengatakan bahwa yang membangun Tower of Fate adalah bangsa Viking.

Secara bentuk, Tower of Fate terbilang sangat unik dan juga berbeda dari markas-markas lainnya yang ada di DC Universe. Keunikannya terletak pada bangunannya yang menyerupai benteng batu, tetapi tidak terdapat jendela maupun pintu. Hanya Doctor Fate yang bisa mengaksesnya, melalui kemampuan teleportasinya. Jika orang lain ingin masuk, satu-satunya cara adalah dengan menyentuh Doctor Fate setelah mendapatkan izin darinya. Doctor Fate sendiri sangat selektif dalam memilih orang yang bisa masuk ke Tower of Fate. Dia juga bisa merasakan jika ada penyusup yang mencoba memasuki markasnya.

Menyimpan Banyak Artefak Sihir

Alasan mengapa Doctor Fate sangat protektif terhadap markasnya, adalah karena di dalamnya terdapat artefak dan buku-buku berharga, baik magis maupun non-magis. Berbagai artefak tersebut telah banyak membantu Doctor Fate dalam melindungi Bumi. Artefak paling berharga yang ada di dalam Tower of Fate adalah Orb of Nabu, sebuah bola kristal yang memungkinkan Doctor Fate untuk melihat masa lalu dan masa depan. Di kisah Crisis on Infinite Earths, Tower of Fate dan Orb of Nabu adalah kunci pertahanan para superhero dalam menghadapi supervillain multiverse, Anti-Monitor.

Selain menyimpan Orb of Nabu, Tower of Fate berfungsi sebagai gudang senjata dan sihir bagi Doctor Fate. Hanya di markasnya inilah Doctor Fate mau melepaskan tiga artefak andalannya, yaitu Helmet of Nabu, Amulet of Anubis, dan Cloak of Destiny yang terkenal sebagai artefak tersakti di alam semesta. Hal ini sengaja dia lakukan untuk mencegah orang lain mencuri dan menggunakannya untuk tujuan jahat. Ketika Doctor Fate mati, dia juga biasanya akan menggunakan kemampuan sihirnya yang tersisa untuk memindahkan ketiga artefaknya secara gaib ke Tower of Fate sekaligus menyegelnya.

Pernah Hancur dan Utuh Kembali

Setelah terlibat pertempuran mematikan melawan Anti-Fate di komik Doctor Fate #4 (1987), Kent Nelson alias Doctor Fate memang sempat mati. Hal ini lantas membuat Tower of Fate runtuh ‘secara gaib’, mengosongkan semua artefak di dalamnya, dan hanya menyisakan bentuk bentengnya saja. Untungnya kondisi tersebut tidak bertahan selamanya, karena saat Kent bangkit kembali sebagai Doctor Fate, markasnya juga kembali utuh seperti sebelumnya. Yang lebih menariknya lagi, kali ini Doctor Fate menggabungkannya dengan sebuah apartemen di Kota New York.

Penggabungan markas dan apartemen ini memungkinkan Doctor Fate untuk masuk ke Tower of Fate secara manual melalui pintu apartemennya. Lagi-lagi dia menyihir apartemennya agar tidak ada seorang pun yang bisa masuk tanpa seizinnya. Kebangkitan markas versi baru ini juga bahkan mengungkap fakta baru terkait keberadaannya. Ternyata selain terlihat berada di New York dan Salem, Tower of Fate juga terdapat di ‘The Nexus of the Subtle Realms’ yang berada di luar ruang dan waktu. Hal ini secara tidak langsung telah menjelaskan alasan markas Doctor Fate sangat ajaib sekaligus misterius.

Itulah pembahasan tentang Tower of Fate, markas Doctor Fate di DC Universe. Sebentar lagi para penggemar juga akan melihat langsung seperti apa penampilan Tower of Fate di film Black Adam. Sepertinya akan sangat menarik juga jika nantinya Doctor Fate mengajak Justice Society dan Black Adam (Dwayne Johnson) untuk berkunjung ke markasnya. Film Black Adam sendiri sudah bisa kita saksikan di bioskop mulai hari ini, 19 Oktober 2022. So, jangan sampai ketinggalan ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.