Chapter 1062 dari seri manga One Piece mengonfirmasi salah satu teori yang cukup populer di kalangan fans. Dalam alur cerita sampul yang muncul di chapternya, kita melihat bagaimana kelompok bajak laut Blackbeard ternyata memang menginvasi wilayah Totto Land, yang merupakan wilayah kekuasaan dari Big Mom. Hal ini pun memunculkan diskusi hangat lainnya di kalangan fans tentang apakah Kuzan adalah sosok jahat.

Dalam alur cerita sampul, “Germa 66’s Ahh… An Emotionless Excursion“, petunjuk kemunculan dari kelompok bajak laut Blackbeard bisa kita lihat beberapa kali. Para fans benar-benar memperhatikan detail dan berbagai referensi lainnya, yang kemudian memunculkan teori bahwa kelompok Blackbeard memang datang ke pulau tersebut. Dia memanfaatkan absennya Big Mom yang tidak diketahui nasibnya.

Kemunculan Kelompok Blackbeard di Totto Land

Apa yang kemudian menjadi alasan kemunculan kelompok Blackbeard di Totto Land memang masih belum kita ketahui. Namun, para fans yakin bahwa dia hendak mencuri Road Poneglyph milik Big Mom. Mungkin sebagian Geeks bingung dengan hal ini, karena di chapter 1059 kita melihat bagaimana Blackbeard dan beberapa krunya pergi ke Amazon Lilly untuk mencuri buah iblis Boa Hancock.

This former Marine Admiral

Namun, di sisi lain, ini menjadi momen yang past untuk menyerang wilayah kekuasaan Big Mom, mengingat sang mantan Yonko tidak diketahui nasibnya setelah kalah dari Kid dan Law. Hanya tersisa Charlotte Katakuri dan Oven yang menjaga wilayah tersebut, yang mana tentunya mereka kewalahan. Pasalnya, sebelumnya, Germa 66 juga sempat menginvasi wilayah tersebut. Artinya, siapa pun yang kemudian datang dari kru Blackbeard bisa memanfaatkan kelelahan mereka untuk bisa menang.

Kemunculan Sosok Kuzan

Chapter 1062 memberikan kejutan kepada para fans, di mana salah satu wilayah di Totto Land, yaitu Chocolat Town, nampak membeku. Bukan hanya itu, semua penduduk di sana juga tidak bergerak akibat es yang menutupi tubuh mereka. Satu-satunya karakter yang memiliki kekuatan es tersebut tidak lain adalah Kuzan alias Aokiji. Dia bergabung dengan kru Blackbeard pasca kekalahannya dari Sakazuki.

Momen ini sendiri memunculan perdebatan di kalangan fans. Mereka berdebat apakah sebenarnya Kuzan merupakan sosok jahat atau sebaliknya, pasca kejadian ini. Seperti yang banyak dispekulasikan sebelumnya, banyak yang menduga jika Kuzan adalah bagian dari SWORD. Dia sengaja bergabung dengan kelompok Blackbeard demi menjadi mata-mata dan mengumpulkan banyak informasi.

Namun, di sisi lain, sebagian fans sendiri meyakini bahwa sebenarnya Kuzan memang benar-benar jahat. Dan fans yang mendukung spekulasi ini menganggap bahwa cerita sampul di chapter 1062 sebagai bentuk konfirmasi bahwa dia memang jahat. Meskipun begitu, salah satu penjelasan yang paling masuk akal untuk situasi ini adalah Kuzan terpaksa melakukannya demi menjaga penyamarannya.

Jika dia memutuskan untuk menolak perintah Blackbeard atau kru lainnya, maka dia akan dicurigai sebagai pengkhianat. Dan ini pun sebenarnya bukan yang pertama bagi Kuzan. Dalam peristiwa Ohara di kilas balik Nico Robin, para fans meyakini bahwa Kuzan melakukan “pengorbanan” yang sama dengan membekukan Jaguar D. Saul. Yang menjadi catatan adalah Kuzan tidak membunuh orang-orang tersebut.

Hal ini juga mungkin bisa menjadi penjelasan mengapa kemudian Koby tetap menjadi tawanan bagi kelompok Blackbeard, dan Kuzan tidak melakukan apa pun untuk membantunya bebas. Kuzan terpaksa untuk tidak acuh terhadap nasib Koby, karena hal ini semata-mata demi mendapatkan kepercayaan dari sosok Blackbeard.

Pudding Berhasil Diculik?

Salah satu teori yang juga sempat berkembang di kalangan fans terkait dengan sosok Blackbeard adalah selain mencuri Road Poneglyph, mereka juga akan menculik Charlotte Pudding. Dia merupakan “aset” bagi Big Mom, selain juga menjadi anaknya. Seperti yang kita ketahui, Pudding merupakan bagian dari suku mata tiga. Dan mereka memiliki kekuatan untuk membaca Poneglyph.

June 25th, happy birthday Charlotte Pudding. : r/OnePiece

Dengan asumsi bahwa Kuzan yang memang ada di Chocolat Town, yang mana merupakan wilayah kekuasaan Pudding, dan membekukan wilayah tersebut, ada kemungkinan jika dia sudah berhasil diculik. Sementara, kru lainnya kemungkinan berhasil mencuri salinan Road Poneglyph. Jika kemudian skenario ini terbukti benar, maka artinya Blackbeard menjadi salah satu kandidat lainnya yang selangkah lagi menemukan One Piece. Dan setelah Totto Land, bukan tidak mungkin jika kemudian kelompok Blackbeard pergi ke Wano.

Kesimpulannya

Jadi, apakah Kuzan sebenarnya jahat? Untuk jawaban pastinya masih harus kita tunggu konfirmasi Oda Sensei dalam ceritanya. Namun, besar kemungkinan jika Kuzan tidaklah jahat. Apa yang dia lakukan terhadap penduduk Chocolat Town di chapter 1062 semata-mata dia lakukan demi menjalankan penyamarannya yang sudah berjalan. Jika hal ini tidak dia lakukan, semua rencana yang dia susun akan berantakan.

Kuzan juga tidak membunuh mereka, namun lebih kepada membekukan mereka yang mana suatu saat mereka bisa saja kembali seperti semula. Mungkin, hanya tinggal masalah waktu sebelum kemudian Kuzan mulai membongkar penyamaran dan juga upayanya tersebut di depan Blackbeard. Kita nantikan saja momen selanjutnya dalam chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.