Siapa sebenarnya Im Sama dalam cerita One Piece? Itulah salah satu pertanyaan besar yang muncul di kalangan fans One Piece mengenai sosok misterius Im. Bukan tanpa sebab memang banyak teori bermunculan tentang sosok Im di kalangan fans. Karena, seperti karakter misterius lainnya Eiichiro Oda belum memberi tahu siapa sebenarnya sosok Im.

Bahkan, kadar misterius Im Sama jauh lebih besar daripada Dragon dan Shanks. Ada beberapa fakta tentang Im yang sudah terungkap. Pertama adalah dia merupakan pemimpin dari Pemerintah Dunia. Dalam struktur Pemerintah Dunia di seri One Piece, kita mengenal Gorosei sebagai otoritas tertinggi. Namun, sebenarnya, otoritas tertinggi di dunia ada di tangan dari sosok Im.

One Piece: Ketahui Siapa Im, Berikut Fakta-Faktanya - HiTekno.com

Sampai saat ini bahkan masih belum kita ketahui bagaimana bentuk atau rupa fisiknya. Para Gorosei pun bahkan rela berlutut dan mau memenuhi perintah Im. Sosoknya pertama kali muncul dalam cerita di chapter 908 dalam arc Reverie. Kemunculannya langsung mengguncang para fans One Piece. Pasalnya, selama ini para fans tidak menduga bahwa ada sosok penguasa dunia di serinya.

Setelah sempat “menghilang” sosok Im kembali muncul di chapter 1060 kemarin. Dalam chapternya, kita melihat bagaimana dia muncul dalam balutatan siluet sambil memegang sebuah peta. Im kemudian mencoret Kerajaan Lulusia di peta tersebut. Dan tidak berapa lama, kejadian mengerikan terjadi di mana kerajaan tersebut hancur dalam waktu sekejap.

Menakar Kekuatan Im

Banyak teori para fans yang mencoba mengungkap siapa sebenarnya Im Sama. Salah satu teori yang populer adalah Im Sama merupakan keturunan iblis. Seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya, ada teori yang menyebutkan bahwa dahulu dunia dikuasai oleh iblis. Dan para iblis ini hanya bisa dikendalikan oleh mereka yang merupakan klan D – yang dipercaya merupakan kependekan dari “devil”.

Menurut teori tersebut, sang iblis kemudian menikahi seorang manusia biasa bernama Mary Geoise, yang sekarang menjadi tempat berkumpulnya para kaum naga langit. Dari pernikahan tersebut lahirlah sosok Im. Berdasarkan hal itu, ada juga teori lain yang mendukung teori ini yang menyebutkan bahwa Im sebenarnya gabungan dari Eve (dalam bahasa Jepang dibaca “i-bu”) dan Adam.

Dengan lahirnya Im, Iblis berharap bahwa Im tidak akan bisa dikendalikan oleh para klan D. Itulah mengapa Im mulai memperhatikan sosok Luffy, dan kemungkinan dia mencoba untuk mencari cara bagaimana caranya menghentikan Luffy. Im sadar bahwa mungkin suatu hari nanti Luffy akan bisa menghancurkan kaum naga langit dan segala hal lainnya dengan bantuan senjata kuno.

One Piece: Berbagai Fakta Im Sama Yang Terkuak!

Lalu, apa sebenarnya kekuatan dari Im? Seberapa kuat sosok Im? Sejauh ini, kita tidak pernah atau belum pernah melihat bagaimana Im bertarung menghadapi musuh. Selama ini sosok Im Sama hanya muncul dari balik siluet, selalu diam dan tidak mengeluarkan sepatah kata pun. Baru pada chapter 1060 kemarin kita melihat apa yang kemungkinan menjadi kekuatan Im.

Dalam chapternya, nampak awan hitam berkumpul di atas kerajaan Lulusia dan kemudian muncul kilatan yang langsung menghancurkan kerajaan tersebut dalam waktu singkat. Sebagian menganggap bahwa itu adalah kekuatan asli dari sosok Im. Namun, sebagian lainnya beranggapan bahwa dia menggunakan Sejata Kuno Uranus. Terlepas dari yang mana yang benar, fakta ini menjelaskan bahwa kekuatan Im sangatlah dahsyat.

Kunci Dari Berbagai Misteri

Yang juga menjadikan Im sebagai sosok luar biasa, selain karena kekuatannya, adalah karena dia menjadi kunci dari berbagai misteri. Dengan apa yang terjadi di kerajaan Lulusia, para fans pun meyakini bahwa Im memiliki kekuatan paling dahsyat di dunia. Dan hal ini pun sejalan dengan berbagai petunjuk yang ada di ceritanya mengenai sosok Im, serta menjawab berbagai misteri yang ada.

Salah satunya adalah menjawab pertanyaan bagaimana hilangnya God Valley. Salah satu tempat paling fenomenal dan misterius ini, menurut Sengoku, sudah tidak bisa kita temukan lagi di peta. Apa yang sebenarnya terjadi pun tidak pernah ada yang tahu, termasuk Sengoku. Logikanya, butuh kekuatan besar untuk bisa menghancurkan pulau tanpa tersisa dan juga tanpa terdeteksi.

Apa yang kita lihat dengan kekuatan Im di chapter 1060 adalah kekuatan yang memang dibutuhkan untuk menghancurkan sebuah pulau seperti God Valley. Artinya, seperti yang ada di pembahasan sebelumnya bahwa mungkin Im adalah sosok yang bertanggung jawab atas hilangnya pulau tersebut. Sebagai pemimpin tertinggi di Pemerintah Dunia, rasanya masuk akal jika dia memiliki kekuatan dahsyat itu.

Is Im-Sama a secret celestial dragon in One Piece? - Quora

Selain itu, rasanya juga masuk akal jika kemudian Im menjadi sosok yang dihormati dan ditakuti oleh para Gorosei karena kekuatan dahsyatnya. Im bisa saja menghancurkan atau menghabisi banyak nyawa dalam sekejap. Dengan mulai sering munculnya Im, dan bagaimana Oda mulai memperlihatkan kekuatannya, artinya bukan tidak mungkin spekulasi bahwa Im akan jadi lawan terakhir Luffy akan terwujud.

Berdasarkan hal tersebut pertaruhan Luffy juga sangat besar. Luffy butuh kekuatan yang juga tidak kalah besar dan kuat untuk bisa menghadapi Im. Jadi, kesimpulannya, dengan kekuatan yang dia miliki Im merupakan villain terkuat di serinya. Hampir tidak ada karakter yang mampu menandingi level kekuatannya. Menarik tentunya melihat bagaimana aksi Im selanjutnya, apalagi saat ini seri One Piece sudah mulai memasuki fase terakhir ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.