Kozuki Momonosuke merupakan salah satu karakter yang paling menarik yang muncul pasca timeskip dalam cerita One Piece. Momonosuke pertama kali muncul di arc Punk Hazard sebagai anak Kinemon, di mana dia tidak sengaja memakan buah iblis buatan Dr. Vegapunk. Tidak ada yang menyangka jika Momonosuke akan memiliki peran penting kedepannya.

Seiring berjalannya waktu, terugkap bahwa Momonosuke ternyata memang ditakdirkan untuk menjadi Shogun selanjutnya dari negara Wano. Dalam arc Wano, pentingnya sosok Momonosuke pertama kali terungkap saat perang besar di Onigashima. Saat itu, Yamato, anak dari Kaido, memberikan buku catatan milik ayah Momonosuke, Kozuki Oden. Tidak ada informasi apa yang Momonosuke baca, namun sejak saat itu dia bertekad untuk menjadi lebih kuat.

Selain itu, setelah membaca buku catatan tersebut Momonosuke juga bertekad untuk tidak mati dan menjadi jauh lebih berani. Dan akhirnya, sekarang dia menjadi sosok pemimpin dari negeri Wano. Momonosuke juga ternyata adalah sosok yang spesial dalam arti yang sebenarnya. Hal ini karena dia memiliki koneksi dengan salah satu Senjata Kuno yaitu Pluton.

BACA JUGA: 5 Navigator Handal di One Piece!

Kekuatan Aneh Momonosuke

Siapa sosok Momonosuke sebenarnya akhirnya kita ketahui di arc Zou, di mana ternyata dia adalah keturunan dari klan Kozuki. Dalam ceritanya, dia mengaku pernah berlayar bersama Gol D. Roger di masa lalu. Di arc tersebut juga kita melihat momen epik ketika Jack melancarkan serangan terhadap Zunesha. Yang menarik adalah baik Luffy atau pun Momonosuke ternyata bisa mendengar suara atau teriakan Zunesha.

Luffy sendiri sempat berusaha untuk berbicara dengan Zunesha, namun gagal. Di waktu yang sama, Inuarashi dan Nekomamushi mengatakan bahwa Oden dan Roger juga mampu mendengar suara yang sama. Namun, seperti halnya Luffy, mereka juga tidak bisa memerintahkan Zunesha. Bagaimana kemudian hanya Momonosuke yang mampu mengendalikan Zunesha mengindikasikan bahwa dia adalah sosok yang spesial.

Yang menariknya juga adalah ternyata Momonosuke bukan hanya satu-satunya orang memiliki kekuatan spesial tersebut. Geeks mungkin sudah mengetahui siapa sosok yang juga memiliki kekuatan spesial tersebut. Pasalnya, sosok tersebut sudah muncul di arc sebelumnya, tepatnya di arc pulau manusia ikan. Dia tidak lain adalah Shirahoshi.

BACA JUGA: One Piece: 5 Nasib Karakter ini Masih Misteri!

Kesamaan Dengan Shirahoshi

Shirahoshi adalah karakter yang pertama kali diperkenalkan kepada para fans sebagai Senjata Kuno dalam arc pulau manusia ikan. Sejak awal kemunculannya, sudah sangat jelas bahwa ada sesuatu yang sangat spesial atau istimewa dari sosoknya sehingga dia harus dikurung di kamarnya sepanjang waktu. Memang, alasan utama dari hal tersebut adalah menghindarinya dari ancaman Vander Decken IX.

Namun, alasan lainnya mengapa Shirahoshi sengaja dikurung adalah demi menghindarinya jatuh ke tangan orang yang salah. Pasalnya, dia merupakan salah satu Senjata Kuno yaitu Poseidon. Setiap beberapa abad, seorang putri duyung akan lahir di pulau manusia ikan. Dan putri duyung tersebut akan memiliki kekuatan untuk mengendalikan semua makhluk laut, termasuk Sea Kings.

Kekuatan ini sangatlah dahsyat karena berpotensi menghancurkan seluruh dunia. Terdapat sebuah asumsi bahwa selama abad yang hilang terjadi, Poseidon dan Joy Boy adalah sahabat dekat. Mereka menjalin kesepakatan di mana Poseidon akan memerintahkan seluruh Sea Kings untuk mengangkat Noah ke daratan. Hal itu mereka lakukan agar para ras manusia ikan dan duyung bisa hidup bersama-sama di daratan.

Sayangnya, Joy Boy gagal dengan janjinya tersebut. Permintaan maaf dari Joy Boy tersebut ada di sebuah Poneglyph yang tersimpan di hutan laut. Berabad-abad kemudian, Shirahoshi pun lahir dengan kekuatan yang sama. Jika kemudian Joy Boy yang baru mampu mengarahkan Shirahoshi, maka mereka bisa menyelamatkan seluruh dunia.

Kita semua tahu Luffy adalah Joy Boy yang baru, dan dia akan bekerja sama dengan Shirahoshi untuk menghancurkan pulau manusia ikan dan membawa mereka ke daratan. Hal ini pun sama dengan kekuatan yang Momonosuke miliki, di mana hanya dia yang bisa mengendalikan Zunesha.

BACA JUGA: One Piece: 7 Bajak Laut Paling Jahat!

Koneksi Momonosuke dengan Pluton

Dalam arc Wano, kita akhirnya tahu bahwa Pluton ternyata ada di negara tersebut dan bukan di Alabasta. Senjata Kuno tersebut ternyata sudah sejak lama berada di sana. Menurut Sukiyaki, untuk mengaktifkannya maka perbatasan Wano perlu untuk dihancurkan dan membuka negara tersebut kepada seluruh dunia. Yang menarik, Pluton bukanlah manusia melainkan sebuah kapal perang.

Para tukang kapal di Water Seven adalah orang-orang yang membangun Senjata Kuno tersebut saat abad yang hilang terjadi. Dan besar kemungkinan, Pluton sempat digunakan untuk menghancurkan Kerjaan Kuno atau justru sebaliknya di mana senjata ini dipakai untuk menghadapi 20 kerajaan yang bersatu. Masih belum kita ketahui apa alasan mengapa Pluton tersimpan di Wano.

Satu hal yang pasti, saat ini, Pluton masih menunggu sosok Joy Boy selanjutnya untuk kembali aktif dan kembali digunakan untuk menghadapi musuh. Meskipun Pluton adalah sebuah kapal perang, namun ada kemungkinan bahwa Momonosuke yang mungkin akan mengendalikannya. Hal ini berdasarkan fakta bahwa hanya dia yang bisa mengendalikan Zunesha.

Momonosuke akan menjadi kunci layaknya Shirahoshi yang bisa mengendalikan Sea King, yang akan menjadi senjatanya. Berdasarkan hal tersebut, wajar jika kemudian dia memiliki kepentingan yang luar biasa dalam ceritanya, dan bukan hanya menjadi sosok Shogun Wano. Dia memiliki kendali atas Senjata Kuno di tangannya. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kedahsyatan Momonosuke dalam mengendalikan Pluton.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.