Kita melihat bagaimana Luffy berubah menjadi sosok raksasa, mampu untuk merubah sekitarnya menjadi elastis, dan yang palik epik tentunya adalah bagaimana kekuatannya mampu mengalahkan kekuatan Kaido. Lalu, apakah awakening buah iblis Zoan memiliki efek samping yang sama dengan awakening Paramecia? Jawabannya adalah tidak. Meskipun begitu, jenis buah iblis Zoan juga memiliki kelemahan saat penggunanya melakukan awakening.

Apa Kelemahan Awakening Zoan?

Pertanyaan besarnya kemudian apa yang menjadi kelemahan dari awakening Zoan? Pada awalnya, informasi ini belum kita ketahui. Sampai kemudian ada informasi terkait hal tersebut dalam booklet Road To Laugh Tale Vol. 3. Dalam booklet volume terbaru itu ada informasi yang membahas tentang buah iblis Zoan, termasuk juga apa yang menjadi kelemahannya.

Menurut informasinya, awakening dari jenis buah iblis Zoan sangat berbeda dengan awakening dari jenis buah iblis Paramecia. Satu hal yang mencolok dari awakening Zoan adalah perubahan besar dalam tubuh penggunanya. Pemilik buah iblis Zoan akan mengalami peningkatan yang sangat drastis dalam hal kekuatan, stamina, dan kemampuan fisik lainnya.

Namun, yang menjadi kelemahannya adalah awakening tersebut ternyata memengaruhi jiwa atau kepribadian dari penggunanya. Disebutkan bahwa saat tubuh mereka menjadi sangat kuat dan luar biasa, kepribadian mereka justru akan “melemah”. Artinya dengan kata lain, penggunanya akan mengalami kesadaran atau mereka akan kehilangan kendali atas tubuh mereka. Juga, mereka akan bertingkah laku berbeda.

Inilah kemungkinan jawaban mengapa Luffy mengalami “perubahan” besar membangkitkan buah iblis Nika miliknya. Luffy berubah menjadi sosok yang konyol, penuh tawa, seolah tidak memiliki beban. Kaido bahkan lebih jelas lagi dalam hal ini, di mana dia memiliki berbagai “mode” kepribadian saat mabuk. Bisa jadi, selain mabuk, efek awakening dari buah iblis tersebut juga memengaruhi hal itu.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.