Sudah hampir dua bulan berlalu, sejak film Doctor Strange in the Multiverse of Madness alias Doctor Strange 2 tayang perdana di bioskop. Walaupun begitu, sampai sekarang tidak sedikit penggemar yang masih belum bisa move on dari kisahnya yang cukup menarik. Bertemakan multiverse, film garapan sutradara Sam Raimi ini, telah menghadirkan banyak sekali cameo dari berbagai karakter Marvel yang sudah lama penggemar antisipasi. Itu semua bisa terjadi karena filmnya sendiri telah memperlihatkan banyak sekali universe alternatif.

Salah satu universe alternatif yang dieksplorasi lebih jauh di film Multiverse of Madness adalah Earth-838. Di mana di dalamnya tidak pernah ada Avengers, melainkan hanya Illuminati yang terdiri dari para superhero menarik. Termasuk Charles Xavier, Peggy Carter, Blackagar Boltagon, Maria Rambeau, Reed Richards, dan Karl Mordo. Menariknya, selain Earth-838, sebenarnya ada lebih banyak lagi universe alternatif yang terlihat saat America Chavez menggunakan kekuatannya. Dan sekarang, akhirnya terungkap universe apa saja yang sempat terlihat sekilas di film Multiverse of Madness.

BACA JUGA: Siapa Wanita Misterius di Ending Umbrella Academy 3?

13 Universe yang Muncul di Doctor Strange 2

Baru-baru ini, supervisor efek visual Multiverse of Madness, Alexis Wajsbrot, akhirnya menjelaskan kepada befores & afters apa saja universe alternatif yang muncul sekilas sebelum America Chavez dan Doctor Strange mendarat di Earth-838. Berikut 13 universe alternatif yang muncul di film Multiverse of Madness:

  • Living Tribunal Statue World, universe di mana ada banyak sekali patung kepala entitas kosmik Living Tribunal yang matanya menyala.
  • Grand Canyon World, universe berisi bebatuan Grand Canyon yang dimaksudkan sebagai tribute untuk film 127 Hours. 
  • Honeycomb World, universe sarang lebah yang di dalamnya ada banyak sekali lebah raksasa.
  • Glass World, universe dengan banyak struktur tajam yang terbuat dari kaca.

  • Cube World, universe di mana tubuh Strange dan Chavez berubah menjadi potongan dadu.
  • Paint World, universe yang semua struktur dunia dan penghuninya adalah cat berbagai warna.
  • Alt New York, universe yang mirip seperti Kota New York dengan mobil dan orang-orang yang sangat banyak di dalamnya.
  • Post-Apocalyptic World, universe di mana Bumi hancur karena Avengers kalah dalam pertempuran Battle of New York melawan Loki dan pasukan Chitauri.

  • Underwater World, universe yang sama sekali tidak ada daratan dan sejauh mata memandang hanya ada air.
  • Pipe World, universe yang penuh dengan pipa dan ada Stark Drone yang tengah berkeliling.
  • Savage Land, universe dari penuh dengan makhluk prasejarah termasuk dinosaurus.
  • Hydra World, universe di mana Hydra menguasai dunia sejak tahun 1930 dengan lambang Hydra bisa terlihat jelas di versi IMAX.
  • Comic Book World, universe komik yang penuh warna seperti Marvel Comics.

BACA JUGA: Mengenal Kakek Thor, Sang Penguasa Asgard Tertangguh!

Itulah 13 universe yang muncul sekilas di film Multiverse of Madness. Masih dalam sesi wawancara yang sama, Wajsbrot juga menambahkan bahwa sebenarnya ada universe ke-14 yang ‘tidak muncul’ di filmnya. Universe tersebut adalah James Turrell World, di mana suasana di dalamnya mirip seperti karya seni James Turrell yang mengandalkan cahaya warna-warni. Untuk saat ini masih belum bisa kita ketahui apakah berbagai universe alternatif ini akan kembali muncul pada masa yang akan datang atau tidak. Namun, setidaknya sekarang kita sudah tidak penasaran lagi ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.