Ada banyak sekali superhero dan supervillain di Marvel Universe yang terkenal karena keperkasaannya. Dan jika berbicara tentang keperkasaan, biasanya hal tersebut dapat kita lihat dari dewa Asgard, seperti sang God of Thunder Thor. Menariknya, di antara para Asgardian sendiri sebenarnya ada dewa lain yang konon lebih unggul dari Thor bahkan All-Father Odin. Dia adalah Bor Burison, ayah Odin sekaligus kakek Thor yang legendaris. Ada banyak sekali alasan mengapa Bor layak kita sebut sebagai dewa paling perkasa di Marvel Universe. Untuk mengetahui hal tersebut, simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

BACA JUGA: Marvel: 5 Anak Odin Paling Kuat!

Legenda Tertua Asgardian

Muncul pertama kali di komik Journey into Mystery #97 (1963), Bor tercatat dalam sejarah Asgard sebagai sosok yang mempunyai kekuatan fisik super terbesar di antara para Asgardian. Itulah mengapa dia dapat dengan mudah menjadi pejuang sekaligus penguasa Asgard paling tangguh. Beberapa fakta ini bahkan diakui langsung oleh Odin sebagai penguasa Nine Realm. Dengan kekuatan fisiknya, Bor bahkan terbukti mampu mengangkat Mjolnir dan bahkan mengalahkan Thor dengan mudah. Padahal bagi penggemar Marvel, Thor adalah salah satu Asgardian terkuat yang sangat sulit untuk dikalahkan.

Sebagai penguasa tertua Asgard, sosok yang mempunyai nama lengkap Bor Burison ini ternyata malah menikahi seorang raksasa wanita dari ras musuhnya. Bersama wanita Frost Giant bernama Bestla, Bor pada akhirnya mempunyai empat orang anak tangguh bernama Cul, Odin, Vili, dan Ve. Suatu hari, ketika para Frost Giant menyerang Asgard, Bor terkena sihir yang langsung mengubahnya menjadi salju. Mengira ayahnya telah mati, sejak saat itu Odin mulai mengambil alih peran sebagai penguasa Asgard, tanpa mengetahui bahwa sebenarnya Bor masih hidup dengan bentuk salju di dalam es abadi.

Berabad-abad kemudian, Loki akhirnya menemukan Bor sekaligus membebaskan pada masa sekarang. Namun seperti biasa, dengan trik liciknya, Loki sengaja menyihir kakek tirinya tersebut agar mengamuk. Pada titik inilah Bor menjadi musuh Asgard karena mengamuk dan menghancurkan semua yang dia lihat di Bumi. Mau tidak mau Thor akhirnya turun tangan dan terpaksa membunuh kakeknya demi menyelamatkan jutaan nyawa di Kota New York. Dalam prosesnya, Thor sampai harus mengorbankan Mjolnir-nya yang hancur setelah melancarkan serangan terakhir kepada Bor.

BACA JUGA: DC Ungkap Roster Baru Justice League!

Lebih Superior dari Odin

Sebagai seorang Asgardian, Bor juga mempunyai kemampuan fisik super yang meliputi kekuatan, stamina, daya tahan, dan juga kecepatan super. Dengan fisiologi supernya ini, cukup jelas bahwa Bor lebih unggul kebanyakan manusia di Bumi. Yang lebih hebatnya lagi, secara kekuatan, ternyata Bor jauh lebih superior dari Odin. Saat bertarung dengannya, Thor bahkan sampai harus menggabungkan kekuatannya dengan ‘berkah Odin’ agar bisa mengalahkannya. Selain kuat, Bor juga terkenal mempunyai kemampuan regenerasi dewa dan juga handal dalam menggunakan senjata Asgardian yang berbentuk kapak raksasa.

BACA JUGA: DC: Mengenal Para Anggota Justice Society of America!

Hampir Muncul di Infinity Wars

Selain tampil memukau di Marvel Comic, Bor juga ternyata sempat muncul di Marvel Cinematic Universe melalui film Thor: The Dark World (2013). Di film solo kedua Thor tersebut, Bor muncul singkat di adegan prolog, di mana dia memutuskan untuk menyembunyikan Reality Stone. Menariknya lagi, sebenarnya Bor juga sempat hampir muncul film Avengers: Infinity Wars (2018). Di mana tadinya Thor akan bertemu dengan arwah kakeknya tersebut, sebelum akhirnya pergi ke Nidavellir untuk menciptakan Stormbreaker bersama Eitri, Rocket, dan Groot.

Fakta menarik tersebut datang dari salah satu sutradara filmnya, Joe Russo, yang mengatakan “Ada banyak ide berbeda tentang bagaimana Thor dapatkan senjatanya. Salah satu versinya adalah kisah tentang dia yang bertemu dengan hantu kakeknya yang telah mati.” Namun, akhirnya naskah aslinya tidak jadi menggunakan versi tersebut dan berakhir seperti yang kita lihat di filmnya. Mungkin jika Bor jadi muncul di Infinity Wars, dia akan memberi tahu Thor cara membuat senjata yang tidak kalah hebat dari Mjolnir, yaitu Stornbreaker.

Itulah pembahasan mengenai Bor Burison, kakek Thor yang terkenal perkasa dan tangguh di Marvel. Kehadiran Bor di Marvel Universe telah membuktikan bahwa di atas langit masih ada langit. Di mana di atas Odin yang terkenal sakti dan kuat, masih ada Bor yang terbukti jauh lebih kuat secara fisik. Menurut kalian apakah karakter Bor ini masih mempunyai kesempatan untuk unjuk kekuatan di kisah MCU selanjutnya? Sepertinya akan menarik jika suatu saat nanti Thor akan mendapatkan sedikit pengarahan dari arwah kakeknya. Misalnya di film Thor: Love and Thunder yang akan tayang pada 8 Juli nanti. Bagaimana menurut kalian?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.