Stranger Things season 4 adalah salah satu serial andalan Netflix yang sudah sangat penggemar antisipasi kehadirannya. Dengan jarak tiga tahun dari season sebelumnya, season kali ini berlangsung sekitar enam bulan setelah tragedi berdarah di Starcourt Mall. Di ending season 3 sendiri keluarga Byers memutuskan untuk mengajak Eleven pindah ke California. Hal tersebut guna melindungi El yang telah berganti nama menjadi Jane Hopper dari orang-orang jahat yang tengah mencarinya.

Dan seperti yang kita tahu juga, perlindungan tersebut tentunya sangat El butuhkan untuk saat ini, mengingat dia telah kehilangan kekuatan supernya. Tidak lama setelah Mind Flayer memegang kaki El di Battle of Starcourt, dia memang tidak lagi mempunyai kekuatan telekinesis dan telepatinya. Hal tersebut terungkap saat El mencoba menggerakan boneka teddy bear tetapi tidak bisa. Dan sekarang, kekuatan tersebut berusaha untuk kembali dia bangkitkan demi melindungi keluarga dan teman-temannya dari ancaman baru Upside Down. Namun, apakah hal tersebut benar-benar berhasil?

Bertarung Kembali dengan Ingatan Lamanya

Di awal Stranger Things season 4, sebenarnya El sendiri telah mencoba move on dari kehidupan lamanya. Dengan lembaran barunya di California, dia berusaha untuk hidup normal seperti remaja pada umumnya yang hanya sibuk dengan masalah pubertas. Namun, sepertinya hal tersebut tidak terlalu berhasil bagi El. Karena pada kenyataannya dia justru menghadapi berbagai masalah setelah kehilangan ayah angkatnya, Jim Hopper. Dia tidak bisa bahagia dan mempunyai banyak teman di California seperti ekspektasinya. Selain itu hubungan LDR-nya dengan Mike telah membuatnya makin galau dan tak karuan.

Jadi, ketika Sam Owens menginformasikan bahwa Upside Down akan kembali mengancam, dia tidak punya pilihan lain selain mengembalikan kekuatannya. Dia setuju untuk mengikuti Nina Project agar bisa mendapatkan kembali kekuatan supernya. Walaupun begitu, El sendiri tampaknya sangat terkejut setelah mengetahui bahwa proyek untuk mengembalikan kekuatannya tersebut berhubungan dengan masa lalunya. Di mana dia harus kembali berurusan dengan Dr. Brenner alias Papa dan juga ingatan traumatiknya yang sudah berhasil dia lupakan.

BACA JUGA: 5 Karakter Baru di Fast Furious 10!

Dalam prosesnya, dia kembali ke tabung air yang membuatnya kembali mengenang masa lalu. Brenner merasa sangat yakin bahwa dengan mengulang ingatan buruk El, maka kekuatan supernya bisa kembali sepenuhnya. Dalam proyek ini El kembali mengalami peristiwa yang sangat ingin dia lupakan, di mana dia hidup sebagai kelinci percobaan di Hawkins Lab. Dalam ingatannya, El kembali mengingat sosok Peter Ballard yang telah membimbing dia untuk membangkitkan kekuatan supernya. Namun di episode 7, El juga akhirnya bisa mengingat bahwa dialah orang yang telah mengirim Peter ke Upside Down.

Apakah Kekuatan El Benar-Benar Kembali?

Tidak lama setelah El mengeluarkan chip dari leher Peter, sosok pegawai Hawkins Lab tersebut akhirnya mengakui bahwa dia adalah kelinci percobaan Number One. Sosok jahat yang mempunyai nama asli Henry Creel ini sebenarnya telah memanfaatkan kepolosan El agar chip yang telah melemahkan kekuatannya bisa terlepas. Henry mengungkapkan bahwa selama ini dia hanya menganggap manusia sebagai hama yang perlu dia basmi. Dan setelah membunuh orang-orang di Hawkins Lab, dia mengajak El untuk bersama-sama melanjutkan visinya agar bisa menciptakan dunia baru.

Namun, El memilih untuk menolaknya dan mengirim orang jahat ini ke Upside Down. Sayangnya, hal tersebut justru membuat Henry terbebas dari tubuh fananya dan menjadi sosok mengerikan bernama Vecna. Ingatan inilah yang mungkin nantinya akan memicu kembalinya kekuatan super El. Karena sekarang dia telah menyadari kembali alasan mengapa dia harus melawan Upside Down. Hanya El yang mempunyai kekuatan super untuk melindungi Bumi dari rencana jahat Henry alias Vecna. Jika bukan dia, tidak ada lagi orang yang mempunyai kemampuan serupa untuk bisa mengalahkan kutukan Vecna.

Meskipun kembalinya kekuatan El tidak sempat terlihat, karena season 4 Volume 1 berakhir dengan kisah yang menggantung. Namun, cukup jelas bahwa serial Stranger Things season 4 ingin memperlihatkan bahwa El adalah musuh bebuyutan Vecna. Dengan Vecna yang ingin membuka banyak gerbang Upside Down di dunia nyata, sepertinya hanya El satu-satunya yang bisa menghentikan dia. Dan berdasarkan hal tersebut sepertinya kekuatan El akan sepenuhnya kembali di Volume 2 nanti. Itulah penjelasan tentang apakah kekuatan El benar-benar kembali di Stranger Things season 4.

Walaupun begitu, Vecna sepertinya bukan lawan yang mudah bagi El. Karena saat ini dia telah berkembang menjadi sosok monster yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Dalam hal ini, para sahabat dan keluarga El tampaknya akan menjadi kunci penting dalam membantu pertempuran El melawan Vecna dan Upside Down. Dan semuanya akan segera kita saksikan, saat Stranger Things season 4 Volume 2 tayang di Netflix pada tanggal 1 Juli nanti.