Sudah tidak diragukan lagi bahwa Superman adalah salah satu superhero terkuat yang pernah diperkenalkan oleh DC Comics. Sebagai salah satu superhero pertama di DC Universe, sampai saat ini Superman tercatat sebagai superhero yang mempunyai banyak kemampuan super, termasuk terbang, heat vision, napas es, x-ray vision, kecepatan super, kekuatan fisik super, dan daya tahan tubuh yang sangat sulit sekali ‘digores’. Menariknya, ternyata ‘di atas langit masih ada langit’, dan di atas Superman masih ada Cosmic Armor Superman yang jauh lebih superior!

Dimaksudkan Untuk Menyelamatkan DC Comics

Muncul pertama kali dan hanya satu kali di komik Superman Beyond 3D (2008) karya Grant Morrison dan Doug Manke, Superman yang satu ini merupakan bagian dari kisah crossover Final Crisis yang legendaris. Di komiknya, selain menceritakan plot Final Crisis dengan lebih baik, Superman Beyond 3D juga telah memperkenalkan salah satu versi aneh sekaligus menakjubkan dari Superman yang dipanggil The Thought Robot alias Cosmic Armor Superman (CAS). Didesain oleh entitas multiverse bernama Monitor (saudara Anti-Monitor), CAS dimaksudkan untuk menyelamatkan semua realitas di DC Universe.

CAS sendiri sebenarnya adalah gabungan dari Superman asli dengan versi jahatnya yang berasal dari Earth-3, Ultraman. Ketika Darkseid diceritakan berhasil menguasai universe utama di kisah aslinya, CAS yang telah ditarik ke dimensi Limbo oleh Monitor diberi tugas untuk mengalahkan supervillain bernama Mandrakk the Dark Monitor, yang mengancam akan menelan semua imajinasi dari buku komik superhero di seluruh dunia. Sebagai versi terbaik sekaligus terkuat dari Superman, CAS akhirnya berhasil mengalahkan Mandrakk setelah berbicara langsung dengan para pembaca kisahnya. Cukup absurd bukan?

Versi Superman Paling Overpower

Ke-absurd-an kisahnya sendiri sebenarnya menjadi poin menarik dari petualangan Cosmic Armor Superman, dan meskipun dia hanya muncul sekilas, tetapi sampai sekarang batas kekuatannya sama sekali tidak bisa diprediksi. Sebagai mesin tercanggih yang diciptakan oleh Monitor, CAS mempunyai kemampuan untuk mengubah plot asli dalam cerita komik, khususnya DC. Dan selain mampu memanipulasi ‘plot’, dia juga mempunyai kemampuan manipulasi lainnya, termasuk memanipulasi konsep, energi, kuantum, realitas, materi, jiwa orang lain, ruang dan waktu, serta dimensi.

Sama seperti Superman pada umumnya, CAS juga terkenal mempunyai kekuatan fisik, kecepatan, dan panca indra super. Bedanya dia jauh lebih superior dari versi aslinya, di mana tidak ada barometer untuk mengukur semua kekuatan supernya. Konon daya tahan tubuh dan stamina Cas tidak terbatas, sehingga dia bisa melakukan semua hal tanpa perlu makan, minum, tidur, dan bahkan bernapas. Dan yang lebih mengerikannya lagi, CAS juga sama sekali tidak mempunyai kelemahan seperti Superman asli, yang sangat lemah terhadap Kryptonite dan rentan terhadap sihir.

Dan kemampuan utamanya yang membuat CAS seperti dewa dari segala dewa di DC Universe, bahkan mungkin lebih kuat dari Monitor sendiri, adalah kemampuan ‘Adaptasinya’. Dengan kekuatan super paling langka tersebut, dia bisa beradaptasi dengan semua lawan yang dihadapinya, baik secara fisik maupun ‘imajinasi’. Bahkan di kisahnya dijelaskan bahwa CAS mampu beradaptasi dengan musuh masa depan yang sama sekali belum ditemuinya. Dan dengan kekuatan ini juga, CAS terbukti bisa berbicara dengan para pembaca kisahnya di DC Comics.

Itulah pembahasan mengenai Cosmic Armor Superman di DC Universe. Sampai saat ini masih belum ada satu pun karakter DC yang mempunyai kemampuan ‘Adaptasi’ sekuat CAS. Menariknya, bukan hanya DC saja yang mengakui kehebatannya tersebut, melainkan para penggemar yang terhibur dengan kisahnya. Menurut kalian, Geeks, apakah ada karakter yang bisa mengalahkan versi Superman paling overpower ini?