Iron Man Earth-71166

Di kisah Fantastic Four: The End yang berlangsung di Earth-71166, Tony pernah diceritakan sengaja mengunduh kesadarannya ke sebuah armor Iron Man. Hal di luar nalar tersebut sengaja dia lakukan agar dia bisa tetap hidup untuk jangka waktu yang lebih lama, meskipun tubuh fananya telah membusuk dan menghilang. Dengan tubuh barunya ini, di mana Tony lebih mirip seperti android, dia berhasil membantu Fantastic Four dan para superhero Marvel lainnya dalam mengalahkan tujuh armada besar dari para alien asing yang mencoba menginvasi Bumi.

Iron Man Noir

Selain terkenal karena kekuatannya, Iron Man Noir juga dianggap sebagai salah satu alternate Iron Man yang paling kreatif. Hal tersebut ditunjukan dengan keahliannya dalam merakit armor Iron Man berdasarkan teknologi manual pada tahun 30-an. Dibantu oleh sahabatnya yang bernama James Rhodes dan juga Pepper Potts, Tony Stark yang hidup pada era perang dunia II ini berhasil menghancurkan sebuah markas pasukan Nazi yang pada saat itu masih dipimpin oleh Baron Zemo.

MCU Iron Man

Dari sekian banyak versi alternatif Iron Man, tidak diragukan lagi bahwa Iron Man Marvel Cinematic Universe yang diperankan oleh Robert Downey Jr. adalah salah satu yang terbaik. Selain menjadi sumber inspirasi bagi para alternate Iron Man yang muncul di Marvel Comics, Iron Man versi MCU ini juga telah membuktikan kekuatannya dengan menjadi salah satu pendiri Avengers, pencipta berbagai teknologi canggih untuk superhero lain, dan juga berhasil melakukan pengorbanan heroik setelah dirinya menggunakan Infinity Stones untuk ‘menghapus’ Thanos dan semua pasukannya dari alam semesta.

Lord Iron

Jauh lebih lampau dari zaman Iron Man Noir, Tony Stark yang hidup pada abad ke-17 pernah diceritakan menciptakan sebuah armor Iron Man yang disebut Lord Iron di kisah 1602: New World. Ketika dirinya terjebak dalam peperangan antara Inggris dan Spanyol, Tony yang telah berhasil menciptakan armor Lord Iron, kemudian dituduh oleh King James sebagai penyihir yang dapat membahayakan New World. Alasannya sangat sederhana, karena dia terbukti menghidupkan sebuah zirah besi hanya dengan menggunakan energi petir yang disimpan di sebuah botol. Namun, karena pada saat itu tidak ada teknologi yang bisa mengimbangi Lord Iron, tidak ada satu pun yang bisa menangkapnya.

Steel Corpse

Alternate Iron Man yang muncul di kisah Age of X ini sebenarnya adalah salah satu versi Tony Stark yang mempunyai kisah tragis. Dikenal sebagai Steel Corpse, Tony yang tubuhnya menderita mutasi ini diceritakan mengalami sebuah kejadian mengerikan di mana armornya mulai ‘memakan’ tubuhnya. Meskipun dia sangat ingin lepas dari armornya, serta berusaha mempertahankan kesadarannya, tetapi pada akhirnya armor Steel Corpse berhasil mengambil alih tubuhnya. Sejak saat itu alternate Iron Man ini mulai bertindak aneh, termasuk mengkhianati Avengers, sampai akhirnya mereka terpaksa membunuh Steel Corpse demi membebaskan jiwa Tony yang sudah lama tersiksa.

Itulah sepuluh versi alternatif Iron Man yang pernah diceritakan oleh Marvel. Terlepas dari tujuan mereka yang beragam, kesepuluh Iron Man ini telah membuktikan bahwa di mana pun mereka berada, Iron Man selalu menemukan caranya sendiri untuk lebih unggul dari orang lain. Bahkan dengan kisah tragis seperti Steel Corpse, dia tetap berhasil membuktikan bahwa armornya adalah sesuatu yang tidak bisa dianggap remeh oleh siapa pun, sampai-sampai para Avengers harus turun tangan untuk menghentikannya. Dari sepuluh alternate Iron Man ini, mana yang paling kalian sukai, Geeks?

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.