Iron Man adalah salah satu superhero Marvel yang paling populer di kalangan penggemar. Mekipun tidak setua Captain America, Namor, atau Human Torch, tetapi tidak diragukan lagi bahwa Iron Man mempunyai basis penggemar yang sangat besar di seluruh dunia, tanpa terkecuali di Indonesia. Lebih dikenal sebagai sosok yang mempunyai nama asli Tony Stark, sebenarnya masih ada banyak sekali versi alternatif Iron Man yang tersebar di multiverse dan hampir semuanya menarik dengan caranya masing-masing. Dari mulai varian Tony, sampai diperankan oleh karakter Marvel lain, berikut 10 alternate Iron Man yang paling berpengaruh di Marvel!

Infamous Iron Man

Alih-alih diperankan oleh Tony Stark, Infamous Iron Man adalah versi alternatif yang diperankan oleh musuh bebuyutan Fantastic Four, Victor Von Doom. Dikenal sebagai salah satu supervillain paling berbahaya di Marvel Universe, Doctor Doom mengambil alih peran Iron Man setelah Tony diceritakan mengalami cedera serius akibat bertarung dengan Captain Marvel di persitiwa Civil War II. Mencoba menebus kesalahan masa lalunya ketika masih menjadi villain, Doom memutuskan untuk menjadi superhero di balik armor Infamous Iron Man yang terbukti berhasil menjaga kestabilan Bumi saat Tony tidak ada.

Iron Goblin

Meskipun tidak seterkenal Infamous Iron Man, Iron Goblin adalah salah satu alternate Iron Man yang cukup dikenal oleh penggemar, khususnya karena dia telah berhasil mempertahankan kebaikan hatinya di tengah gempuran para supervillain. Muncul di kisah Secret Wars, awalnya alternate Tony Stark ini muncul sebagai anak buah dari Spider Queen yang menyuruhnya untuk mengalahkan Venom dan Avengers yang telah berubah menjadi monster. Dalam prosesnya dia diracun oleh Venom menggunakan serum Norman Osborn. Alih-alih menjadi gila, Iron Goblin justru berhasil melakukan pengorbanan heroik dan membunuh semua supervillain menggunakan pedang kutukan, Ebony Blade.

Iron Hammer

Iron Hammer adalah varian karakter dari multiverse yang merupakan gabungan dari Tony Stark dan Thor Odinson. Di universe Infinity Wars, salah satu Iron Man terkuat ini mempunyai nama asli Stark Odinson, yang merupakan anak dari Howard Odin sang Penguasa Nine Realm. Setelah berhasil menciptakan armor dari pecahan armor Asgardian , dia juga menciptakan palu saktinya sendiri yang disebut Mjolniron. Dengan senjata pamungkas tersebut, Iron Hammer berhasil mengalahkan supervillain campuran, termasuk Stane Odinson dan Madame Hel.

Iron Lantern

Selain Iron Hammer yang merupakan gabungan dari dua superhero Marvel, ada juga versi alternate Iron Man yang digabungkan dengan superhero DC bernama Hal Jordan alias Green Lantern, menjadi sosok yang sangat kuat bernama Iron Lantern. Pada dasarnya Iron Lantern adalah superhero yang menggunakan armor Iron Man, tetapi dia mendapatkan kekuatan tambahan dari Power Ring, di mana hal tersebut menjadikannya salah satu superhero tercerdas sekaligus terkuat dari Amalgam Universe.

Iron Man Earth-9997

Ketika para superhero dari Earth-9997 alias Earth- X diceritakan banyak yang tewas, baik karena sebuah wabah penyakit maupun karena dibunuh oleh supervillain, Tony Stark alias Iron Man yang merasa bertanggung jawab terhadap keselamatan Bumi langsung menciptakan sebuah markas raksasa, di mana dia membuat banyak sekali armor dengan desain yang mirip seperti para superhero lama. Dengan tim barunya yang disebut Iron Avengers, alternate Iron Man ini berhasil memukul mundur Celestial dan juga Galactus.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2