Justice League adalah salah satu pilar penting yang membuat DC Universe dari DC Comics masih berdiri sampai sekarang. Didirikan oleh tujuh superhero populer, termasuk Martian Manhunter, Aquaman, dan Flash, sampai saat ini Justice League masih tetap aktif dengan beberapa anggota tambahan yang membuat tim superhero ini menjadi lebih tangguh. Menariknya, hampir kebanyakan angggota Justice League ternyata mempunyai anak, dan beberapa di antara mereka ternyata ada yang mengikuti jejak orang tuanya dengan menjadi superhero atau superheroin. Berikut lima anak Justice League yang diceritakan menjadi superhero di DC Universe!

Damian Wayne

Semua Robin pada dasarnya adalah anak Batman, tetapi di antara mereka hanya satu orang yang benar-benar terbukti sebagai anak Bruce Wayne, dia adalah Damian Wayne. Sebagai anak dari Bruce dan Talia al Ghul yang merupakan bagian dari League of Assassins, sudah tidak diragukan lagi bahwa Damien dapat membunuh orang dewasa dengan kekuatannya sendiri. Untuk mencegah anaknya menjadi villain, Bruce kemudian mengajaknya ke Kota Gotham dan menjadikannya Robin. Di kisah alternatif Batman #666, ketika Damian menginjak usia remaja, dia bahkan diceritakan menjadi Batman yang jauh lebih brutal dari ayahnya.

Iris ‘Irey’ West

Iris West sebenarnya adalah nama dari istri Barry Allen, Flash kedua di DC Universe. Namun, namanya digunakan juga oleh anak perempuan dari Wally West alias Flash ketiga. Sering dipanggil sebagai Irey, dia sebenarnya nyaris dibunuh oleh supervillain Zoom ketika berada di perut ibunya yang bernama Linda Park, tetapi untungnya konsep perjalanan waktu yang ada di DC Universe telah berhasil membuatnya tetap hidup sampai sekarang. Sebagai anak dari Flash ketiga, Irey diberkahi dengan kekuatan Speed Force yang memungkinkan dia berlari sangat cepat. Ketika usianya kurang dari sepuluh tahun, dia sudah mendapatkan kostum dan identitas superheronya sendiri sebagai Impulse.

Jennifer-Lynn Hayden

Perempuan yang mempunyai nama asli Jennifer-Lynn Hayden ini adalah anak dari supervillain Thorn dan superhero Green Lantern pertama yang bernama Alan Scott. Lahir dari orang tua yang berpisah, Jennifer kemudian dibesarkan oleh orang lain, sampai akhirnya dia bertemu lagi dengan Alan ketika usianya beranjak remaja. Berkat ayahnya tersebut, dia kemudian mendapatkan akses pada artefak Guardians of the Universe yang memberinya kekuatan super. Sejak saat itu dia akhirnya menjadi superhero wanita bernama Jade, yang mirip seperti Green Lantern, tetapi tidak memerlukan Power Ring sebagai katalisnya. Karena dia mempunyai DNA Green Lantern di dalam tubuhnya.

Jesse Chamber

Walaupun tidak seterkenal Wally West dan Allan Scott, tetapi Johnny Quick dan Liberty Belle juga pernah bergabung dengan Justice Society of America. Saat mereka berdua memutuskan menikah, pada akhirnya Liberty melahirkan seorang anak perempuan bernama Jesse Chamber. Karena berasal dari orang tua superhero, Jesse kemudian memilih untuk menjadi superhero juga dengan formula ayahnya yang memungkinkan dia berlari dengan kecepatan super dan memiliki kemampuan healing factor. Untuk identitas superheronya sendiri dia memilih nama Liberty Belle seperti ibunya.

Jon Kent

Bisa dibilang Jon Kent adalah anak dari anggota Justice League yang paling terkenal. Bukan hanya dikenal sebagai anak dari Clark Kent alias Superman, tetapi dia juga digandang-gadang akan menjadi superhero yang jauh lebih hebat dari ayahnya. Sebagai salah satu anak dari Clark dan Lois Lane, Jon mengembangkan kekuatan super yang mirip seperti ayahya, di mana dia mempunyai kekuatan super dan bisa terbang. Dengan kekuatannya ini, sekarang dia mengantikan ayahnya sebagai Superman baru di DC Universe, sementara Clark diceritakan pergi ke ujung galaksi untuk menyelamatkan planet lain yang membutuhkannya.

Itulah lima anak anggota Justice League yang memutuskan untuk menjadi superhero seperti orang tuanya. Walaupun saat ini mereka masih menjalani petualangannya masing-masing, bukan tidak mungkin kedepannya mereka akan menjadi anggota Justice League juga. Apalagi, saat ini DC Comics tengah membangun cerita di mana mungkin para superhero lama akan diceritakan tewas satu per satu. Pada titik inilah kelima anak Justice League ini bisa mendapatkan kesempatan untuk bersinar seperti orang tuanya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.