Sepanjang sejarah DC Universe yang telah berlangsung selama lebih dari 80 tahun, ada banyak sekali inkarnasi dari Justice League. Sebagai tim superhero terbaik DC, Justice League pertama kali didirikan oleh Trinity DC seperti Superman, Batman, Wonder Woman, bersama empat superhero lainnya, termasuk Martian Manhunter, Aquaman, Green Lantern, dan Flash. Sejak saat itu, tim ini terus berkembang dengan banyak anggota yang silih berganti, di mana hal tersebut pada akhirnya melahirkan beberapa komposisi tim yang tidak melibatkan Trinity DC (Superman, Batman, Aquaman) sekaligus. Berikut 7 versi Justice League tanpa Trinity DC!

Detroit-era Justice League

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 80-an melalui komik Justice League of America Annual #2, tim yang sering disebut sebagai Justice League Detroit ini sama sekali tidak melibatkan Trinity DC. Dipimpin oleh Aquaman, JL Detroit ini terdiri dari para superhero yang cukup populer, seperti Aquaman, Zatanna, Martian Manhunter, dan Elongated Man. Selain para superhero senior, superhero baru seperti Vixen, Gypsy, Vibe, dan Steel juga telah terbukti menambah kekuatan bagi tim, sehingga JL Detroit diceritakan mampu melalui peristiwa besar Crisis on Infinite-Earths.

Justice League Europe

Setelah sukses memperkenalkan tim Justice League utama, pada tahun 80-an, DC mulai memperkenalkan tim serupa yang fokus terhadap perlindungan Bumi bagian Eropa, tim superhero ini diberi nama Justice League Europe. Meskipun tidak melibatkan Trinity DC, tetapi JL Europe dikenal mempunyai kekuatan yang hampir setara. Didirikan oleh superhero tangguh seperti Captain Atom dan Rocket Red, JL Europe kemudian makin besar dengan bergabungnya Wally West alias Flash ketiga, Power Girl, Metamorpho, Animal Man, dan Elongated Man.

Justice League Dark

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Justice League Dark adalah inkarnasi tim superhero terbaik DC ketika menghadapi masalah gaib. Mengingat anggota Trinity seperti Superman sangat lemah terhadap sihir, DC kemudian memutuskan untuk menciptakan JL Dark para tahun 2011. Meskipun sering berganti formasi, tetapi umumnya JL Dark selalu melibatkan Constantine dan Zatanna, dua ahli sihir terbaik di DC Universe. Sedangkan anggota lainnya adalah Deadman, Madame Xanadu, Shade the Changing Man, serta versi terbaru yang melibatkan Wonder Woman, Man-Bat, Swamp Thing, dan Detective Chimp.

Justice League Task Force

Ketika para Trinity tidak terlibat dalam kisah Task Force yang dirilis pada tahun 90-an, Martian Manhunter selaku salah satu pendiri Justice League utama, kemudian mulai merekrut beberapa anggota baru dan melabeli kata ‘Task Force’ pada tim Justice League yang baru. Dengan jumlah anggota yang tidak banyak, termasuk Triumph, L-Ron alias Despero, Ray, dan Gypsy, tim JL Task Force telah membuktikan bahwa jumlah tidak selalu menentukan kekuatan. Karena hanya dengan lima anggota saja, mereka terbukti selalu berhasil dalam menyelesaikan berbagai misi Task Force.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.