New 52 Justice League

Pada era New 52, selain Justice League Dark, DC juga telah memperkenalkan tim Justice League baru yang sama sekali tidak melibatkan Superman, Batman, dan Wonder Woman. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk memberikan kesempatan pada karakter lain untuk bersinar. Dipimpin oleh Martian Manhunter, tim superhero yang berkolaborasi dengan A.R.G.U.S ini terdiri dari Hawkman, Stargirl, dan Green Lantern Simon Baz, bersama para karakter yang layak bersinar, seperti Katana, Catwoman, dan Green Arrow.

Post-Final Crisis JLA

Ketika peristiwa besar, seperti Final Crisis dan Blackest Night, menggempur habis-habisan tim Justice League utama, Vixen dan Doctor Light sebagai anggota yang tersisa memutuskan utnuk merekrut beberapa anggota baru dari para mantan superhero muda. Terdiri dari Dick Grayson yang mengambil alih identitas Batman, kemudian Donna Troy, Starfire, Cyborg, Green Arrow, Hal Jordan, Atom, Guardian, dan Congorilla, tim Justice League pasca Final Crisis ini dianggap sebagai Justice League ‘tanpa’ Trinity paling kuat sepanjang sejarah.

Second Justice League International

Setelah cukup lama hiatus, tim superhero Justice League International akhirnya dihidupkan kembali pada era New 52. Tim JL International kedua ini dipimpin oleh Booster Gold, dan terdiri dari para superhero tangguh, seperti Batman, Fire, Ice, Green Lantern Guy Gardner, Rocket Red, Vixen, Blue Beetle, superhero Tiongkok bernama August General in Iron, dan masih banyak lagi. Meskipun tidak berumur panjang karena hanya bertahan sebanyak 12 edisi saja, tim Justice League International ini terbukti mampu bertahan meskipun tidak melibatkan manusia super kuat seperti Superman dan Wonder Woman.

Itulah tujuh tim Justice League yang tidak melibatkan Trinity DC sekaligus, seperti Superman, Batman, dan Wonder Woman. Saat ini, Trinity DC sendiri adalah tiga superhero tangguh yang tampaknya tidak bisa dipisahkan dari tim Justice League apapun bentuknya. Walapun begitu, ketujuh tim super ini setidaknya telah membuktikan bahwa tim superhero terbaik tidak selamanya harus melibatkan superhero populer. Karena pada kenyataannya tanpa kehadiran Trinity DC, Justice League justru telah memberikan kesempatan kepada superhero lain untuk bersinar dengan caranya sendiri.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.