One Piece merupakan sebuah seri yang memiliki banyak sekali misteri besar yang muncul dari ceritanya. Salah satu misteri terbesar yang sejak awal sampai saat ini masih menjadi pertanyaan para fans adalah apa sebenarnya One Piece. Banyak fans yang kemudian berspekulasi mengenai apa itu One Piece. Apakah One Piece sebuah harta karun? Potongan Poneglyph?

Selain teka-teki mengenai One Piece, misteri besar lainnya yang juga masih menjadi sebuah pertanyaan adalah harta karun misterius yang ada di wilayah Mary Geoise. Sejak pertama kali disebutkan pada chapter 761 oleh Donquixote Doflamingo, pertanyaan mengenai apa harta karun terbesar Mary Geoise pun kemudian mencuat di kalangan fans.

Satu hal yang diketahui mengenai harta karun Mary Geoise adalah harta karun tersebut akan “mengguncang seluruh dunia sampai ke akarnya.” Doflamingo sendiri menggunakan pengetahuannya tentang harta karun ini sebagai cara untuk memeras kaum naga langit agar dia bisa kembali menjadi bagian dari mereka setelah sebelumnya keluarga Donquxiote memutuskan untuk keluar dari Mary Geoise.

Kemudian, pada chapter 906 sempat muncul spekulasi bahwa harta karun yang dimaksud oleh Dofy adalah sebuah topi jerami raksasa. Pada chapter tersebut, diperlihatkan Im pergi menuju sebuah ruangan penyimpanan yang berada di bawah istana Pangaea di mana ruangan tersebut sepertinya hanya bisa diakses oleh beberapa sosok penting saja, seperti Im.

Dan di ruangan tersebut nampak sebuah topi jerami yang mirip dengan yang dikenakan Luffy, hanya saja ukurannya sangat besar. Topi jerami raksasa tersebut tersimpan dan membeku di ruangan itu. Bagaimana kemudian topi jerami raksasa bisa memiliki kekuatan yang sangat dahsyat di seri One Piece masih menjadi misteri dan memunculkan banyak spekulasi.

Salah satu yang menjadi pertanyaan adalah siapa sebenarnya pengguna atau pemilik dari topi jerami tersebut. Teori populer yang berkembang di kalangan fans adalah topi jerami raksasa tersebut merupakan milik Joy Boy. Berdasarkan teori tersebut bisa diasumsikan bahwa Joy Boy kemungkinan adalah bagian dari suku raksasa, sehingga masuk akal jika ukuran topi jeraminya juga sangat besar.

Karena masih belum ada konfirmasi terkait hal ini, muncul lagi spekulasi lainnya pasca dirilisnya chapter 1045 kemarin. Pada chapter 1043, setelah Luffy hampir tewas, dia kembali tersadar dan buah iblisnya pun berhasil dibangkitkan. Zunesha pun merasakan bahwa sosok Joy Boy kembali muncul.

Pada chapter 1044, Gorosei kemudian mendiskusikan mengenai buah iblis yang dimiliki Luffy, di mana buah iblis tersebut ternyata adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika, buah iblis Zoan yang memberikan penggunanya kekuatan untuk bisa menjadi manusia karet, bertarung dengan jiwa kebebasan, dan bahkan dianggap sebagai kekuatan paling mengerikan di dunia.

Berdasarkan dari apa yang diungkapkan oleh Zunesha, ada kemungkinan besar bahwa Joy Boy merupakan pemilik atau pengguna sebelumnya dari buah iblis tersebut. Jika kemudian memang hal tersebut benar, maka keberadaan topi jerami raksasa yang ada di ruang penyimpanan istana Pangaea akhirnya menemukan penjelasannya.

Pada chapter 1045, Luffy diperlihatkan menggunakan kemampuan awakening dari buah iblisnya, termasuk perubahan tubuhnya menjadi raksasa berkat teknik Gomu Gomu no Gigant. Selain itu, Luffy pun secara epik membuat Kaido seakan menjadi tali yang digunakan dalam permainan lompat tali. Jika Joy Boy memang adalah pengguna sebelumnya dari buah iblis Nika, maka hal tersebut bisa menjelaskan mengapa ukuran topi jeraminya sangat besar.

Lagipula, pakaian yang dikenakan oleh Luffy ikut membesar menyesuaikan tubuhnya. Karena itulah, ada kemungkinan bahwa pada awalnya ukuran topi jerami Joy Boy memiliki ukuran biasa yang sama dengan Luffy. Namun, ukurannya kemudian berubah berkat buah iblis tersebut. Bisa jadi, Joy Boy memutuskan untuk tetap berada di form raksasanya, sehingga ukuran topi jeraminya pun mengikuti ukuran kepala Joy Boy.

Namun, ada hal yang perlu dicatat oleh Geeks semua. Meskipun penjelasan di atas mungkin bisa menjawab pertanyaan mengapa kemudian ada topi jerami raksasa tersimpan di Mary Geoise, tetapi tetap saja misteri di balik itu semua masih belum terjawab. Mengapa topi jerami menjadi lambang kekuatan politik yang besar, dan mengapa kemudian topi tersebut disimpan di sebuah ruangan yang dingin masih menjadi sebuah misteri.

Terlepas dari itu semua, sepertinya perlahan tetapi pasti rahasia mengenai harta karun terbesar Mary Geoise mulai terungkap. Hanya tinggal masalah waktu saja sampai Oda Sensei membeberkan secara gamblang mengenai rahasia dari harta karun tersebut, atau menjelaskannya melalui petunjuk di ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.