Kelompok bajak laut Topi Jerami dikenal sebagai kelompok bajak laut yang berasal dari wilayah East Blue, dan merupakan salah satu kelompok bajak laut muda yang sedang naik daun. Kelompok bajak laut Topi Jerami juga memiliki kru yang berasal dari berbagai wilayah. Dan yang paling populer tentunya adalah kelompok bajak laut ini dipimpin oleh Monkey D. Luffy.

Meskipun jumlah krunya tidak terlalu banyak, kelompok Topi Jerami berisi para karakter yang memiliki potensi sangat luar biasa, seperti yang diakui oleh Kuzan saat pertama kali bertemu dengan mereka. Dan hal ini terbukti, di mana saat ini mereka berkembang menjadi sebuah kelompok bajak laut besar yang bahkan bisa menantang kelompok bajak laut Yonko.

Berbicara mengani kru Topi Jerami, perkembangannya bisa dibilang sangat cepat dan menarik. Kru awal dari Topi Jerami sendiri sebenarnya ada sekitar lima orang dengan Roronoa Zoro menjadi orang pertama yang direkrut oleh Luffy. Kedua adalah Nami. Ketiga adalah Usopp, keempat adalah Sanji. Kelima kru tersebut dianggap sebagai kru “orisinal” dari Topi Jerami.

Namun, seiring berjalannya cerita, kru dari Topi Jerami pun terus bertambah besar. Kita kemudian diperkenalkan dengan berbagai karakter baru seperti Chopper, Nico Robin, Franky, Brook, dan terakhir adalah Jinbei. Mereka semua pada akhirnya bergabung dengan kelompok bajak laut Topi Jerami, dan siap membantu Luffy untuk mewujudkan mimpinya menjadi raja bajak laut.

Yang menarik dari kru Topi Jerami adalah meskipun para kru tersebut merupakan bajak laut muda, ada sebagian dari mereka yang ternyata memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dan jauh lebih besar dibandingkan Luffy dan yang lain. Sosok yang dimaksud dalam hal ini adalah Jinbei dan juga Brook. Mereka berdua sudah terlebih dahulu menjadi bajak laut sebelum bergabung dengan Luffy, bahkan mereka adalah kapten.

Jinbei, Kapten Bajak Laut Matahari

Perjalanan Jinbe menjadi bajak laut sudah dimulai jauh sebelum Luffy memulai perjalanan miliknya. Setelah bergabung menjadi anggota pasukan kerajaan Neptunes, Jinbe memutuskan untuk menjadi bajak laut ketika Fisher Tiger menyerang Mary Geoise dan membebaskan berbagai budak yang ada di sana. Pasca kejadian tersebut Fisher Tiger kemudian memutuskan untuk membentuk sebuah kelompok bajak laut.

Nama dari kelompok bajak laut adalah Matahari di mana kru dari kelompok bajak laut tersebut adalah Jinbe dan para manusia ikan lainnya. Fisher Tiger sendiri kemudian tewas dalam sebuah peristiwa, yang membuat dia harus kehabisan darah. Hal tersebut membuat Jinbe akhirnya ditunjuk untuk menjadi pengganti Fisher Tiger sebagai kapten dari kelompok bajak laut Matahari. Menjadi kapten dari kelompok bajak laut Matahari membuat nama Jinbe terkenal di lautan. Ini juga yang membuat dia kemudian ditawari posisi sebagai Shichibukai.

Sebenarnya, sampai Jinbe memutuskan untuk berpisah dengan para kru bajak laut Matahari seperti diperlihatkan di arc Whole Cake Island, Jinbe masih menjadi kapten dari kelompok bajak laut tersebut. Barulah setelah para kru lainnya menyetujui kepergian Jinbe, dia pun kemudian pergi ke Wano dan secara resmi akhirnya bergabung dengan kelompok bajak laut Topi Jerami dengan menjadi nahkodanya.

Brook, Kapten Bajak Laut Rumbar

Brook mungkin adalah sosok yang paling lama menjadi bajak laut, di kelompok Topi Jerami mengingat usianya yang sangat tua. Bahkan, dia sudah menjadi bajak laut sebelum Gol D. Roger memulai petualangannya. Sebelum bergabung dengan Luffy, Brook adalah bagian dari kru bajak laut Rumbar. Sekitar kurang lebih 50 tahun sebelum cerita utama di series One Piece, kru Bajak Laut Rumbar mulai melakukan petualangan mereka dari wilayah West Blue.

Petualangan membawa kru Bajak Laut Rumbar masuk ke wilayah Grand Line, di mana mereka harus mengalami petualangan di laut yang sangat buruk dengan cuaca yang tidak menentu. Berhari-hari ada di Grand Line dengan cuaca yang buruk dan tidak menentu serta wilayah yang tidak bersahabat membuat Yorki, yang merupakan kapten mereka, juga beberapa anggota kru lainnya mulai terserang wabah yang tidak bisa disembuhkan.

Tidak mau lagi ada krunya yang tertular, akhirnya Yorki dan para kru yang tertular memutuskan untuk pergi terpisah dari Brook dan yang lain. Brook pun menjadi kapten baru dari kelompok bajak laut Rumbar. Kru Bajak Laut Rumbar baru ini benar-benar harus mengalami nasib buruk yang membuat mereka akhirnya masuk ke wilayah Florian Triangle.

Di sana, mereka pun harus menghadapi tantangan lain di mana ada musuh yang menyerang mereka. Sebagian besar dari kru berhasil selamat, meskipun harus bersusah payah. Tetapi, sejak musuh yang menyerang mereka melapisi senjata yang mereka gunakan dengan racun, akhirnya kru Rumbar yang selamat perlahan mulai sekarat.

Hal ini diperburuk dengan tewasnya dokter di kru mereka yang mengakibatkan Brook dan rekannya tidak bisa berbuat banyak, selain pada akhirnya harus tewas. Hanya Brook yang kemudian berhasil kembali bangkit dari kematiannya berkat buah iblis Yomi Yomi. Dan sejak saat itulah Brook tinggal sendirian di bekas kapal kelompok Rumbar sendirian, sampai kru Topi Jerami muncul, dan kemudian meminta Brook untuk bergabung.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.