Para Pahlawan Kelas A Memiliki Kekuatan Beragam

Beberapa pahlawan dari kelas A, meskipun mereka tidak memiliki kemampuan yang luar biasa, namun mereka memiliki kemampuan jauh lebih kuat dalam versi manganya dibandingkan dalam versi webcomic. Stinger, Spring Mustachio, para murid dari Atomic Samurai semuanya diperlihatkan mampu mengalahkan musuh dengan mudah. Namun, dalam versi webcomic, meskipun mereka adalah pahlawan kelas A, para monster kuat bisa saja mengalahkan mereka dengan sangat mudah layaknya para pahlawan yang berada di bawah level mereka.

Nama Drive Knight Berbeda

Di awal seri webcomic, Drive Knight sempat memiliki nama yang berbeda yaitu Engineknight. Namun, nama tersebut kemudian dirubah yang kabarnya dilakukan agar para fans Jepang bisa lebih mudah mengingat dan mengejanya. Meskipun begitu, alasan sebenarnya perubahan nama tersebut tidak pernah diketahui. Sebagian fans sendiri menganggap Engineknight merupakan nama yang lebih baik, meskipun hal tersebut tidak sesuai dengan karakternya yang merupakan seorang cyborg.

Blast Tidak Diperkenalkan

Berbeda dengan versi manganya, dalam versi webcomic Blast sebenarnya tidak pernah muncul dalam cerita di arc Monster Association. Selain itu, dalam arc ini juga kotak hitam misterius yang memperkenalkan sosok God tidak diperkenalkan. Sebaliknya, dalam versi webcomic di arc ini ceritanya sendiri berfokus pada pengenalan dari sosok Garou, yang berubah menjadi sosok monster.

Hal ini pun sempat memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans, apakah Blast yang muncul dalam versi webcomic dan versi manga adalah sosok yang sama. Sampai sosoknya benar-benar muncul, para fans sendiri tetap meyakini bahwa Blast sebenarnya adalah Saitama. Masih belum diketahui, bagaimana webcomicnya akan menghadirkan kemunculan sosok Blast.

Sweet Mask Jauh Lebih Kuat

Baik dalam versi manga dan anime, Sweet Mask sering kali melebih-lebihkan kekuatan yang dia miliki. Akibat dari hal tersebut, saat dia berhadapan dengan monster seperti Fuhrer Ugly, Sweet mask pun bisa dengan mudah dikalahkan. Bahkan, dalam salah satu chapter kemarin, Fuhrer Ugly sempat diperlihatkan berhasil melukai tubuhnya dengan sangat parah. Sebaliknya, di webcomic, Sweet Mask adalah sosok yang cukup kuat. Dia mampu menghancurkan Black Sperm dengan sangat mudah.

Psykos dan Orochi Tidak Menyatu

Salah satu pertarungan paling epik dan menarik di manganya sampai sejauh ini adalah pertarungan antara para pahlawan dari kelas S yang menghadapi gabungan Psykos dan Orochi. Setelah berhasil dikalahkan oleh Saitama dan Tatsumaki secara terpisah, Psykos dan Orochi kemudian bergabung dalam satu tubuh yag mana kemudian membuat mereka berubah menjadi sosok mengerikan.

Butuh gabungan kekuatan dari Tatsumaki, Genos, Drive Knight, Bang, Bom, dan beberapa lainnya untuk kemudian bisa mengalahkan Psykos/Orochi. Namun, dalam versi webcomicnya sendiri hal ini tidak pernah terjadi. Tidak ada gabungan antara Psykos dan Orochi setelah keduanya berhasil dikalahkan.

Perbedaan dalam berbagai versi medium memberikan warna tersendiri terhadap sebuah seri sepopuler One-Punch Man. Dengan adanya berbagai perbedaan ini sebenarnya tidak menjadikan serinya gagal. Justru hal tersebut membuat serinya menarik karena para fans bisa menikmati versi mana pun yang mereka suka.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.