Avengers of Supernatural

Selain tim Avengers yang berfokus menghadapi ancaman nyata, Marvel juga pernah memperkenalkan Avengers of Supernatural yang khusus menangani berbagai masalah gaib. Dibentuk oleh seorang supervillan bernama Mojo yang ingin menguasai alam semesta, pada akhirnya para anggota AoS diceritakan berhasil meloloskan diri dari cengkraman Mojo berkat bantuan Ghost Rider. Sejak saat itu, tim super yang dipimpin oleh Doctor Strange ini mulai berbalik melawan Mojo dan para villain gaib lainnya. Untuk anggotanya sendiri, selain Strange, Aos juga diisi oleh Ghost Rider, Magik, Scarlet Witch, Blade, Manphibian, Satana, dan Man-Thing.

Avengers 1 Million BC

Sementara awalnya banyak penggemar yang mengira bahwa Avengers dibentuk pada abad ke-20, ternyata dalam salah satu kisah Marvel pada tahun 2017, terungkap bahwa sebenarnya Avengers telah melindungi sejak 1 juta tahun sebelum masehi. Dengan beranggotakan para superhero prasejarah, seperti Odin, Agamotto, Black Panther,
Ghost Rider, Iron Fist, Phoenix Firehair, dan Starbrand, Avengers 1 Million BC telah berhasil menghalau segala macar bahaya yang mengancam Bumi, termasuk dengan mengalahkan Celestial yang pada saat itu berusaha untuk menghancurkan Bumi.

Avengers 2099

Selain Avengers masa lalu, baru-baru ini, Marvel juga telah mengungkap tim superhero masa depan yang disebut Avenger 2099. Masih belum diketahui akan seperti apa tim ini nantinya dan siapa yang akan mereka hadapi, karena kisah Avenger 2099 ini baru akan terungkap pada bulan Juni mendatang melalui komik Spider-Man 2099: Exodus. Berdasarkan sampul komiknya, sepertinya Black Panther 2099 akan menjadi pemimpin tim Avengers 2099, yang beranggotakan Ravage, Polaris (kemungkinan), Spider-Man 2099, Captain America 2099, Spectrum, dan Moon Knight 2099.

Berbagai versi Avengers ini telah membuktikan bahwa tidak selamanya tim superhero terbaik Bumi tersebut hanya beranggotakan para superhero populer, seperti Thor, Captain America, dan Iron Man. Karena sampai sekarang sudah terbukti bahwa ada juga tim Avengers yang diisi oleh para superhero menarik lainnya, di mana mereka mempunyai spesialisasi dan keunikannya sendiri. Itulah tujuh versi Avengers yang pernah diceritakan di Marvel Universe. Mana yang jadi favorit kalian, Geeks?

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.