Semua penggemar setia Marvel pasti sepakat bahwa Avengers adalah tim super terbaik di Marvel Universe. Dengan julukan Earth’s Mightiest Heroes, Avengers telah terbukti berhasil melindungi Bumi dari sejak mereka melakukan debutnya di komik The Avengers #1 (1963) karya duo legenda Marvel, Stan Lee dan Jack Kirby. Sejak kemunculan pertamanya tersebut, sampai sekarang Avengers sendiri cukup sering bertransformasi menjadi berbagai tim superhero dengan berbagai keunikannya masing-masing. Dari mulai Avengers prasejarah sampai Avengers masa depan, berikut tujuh versi Avengers di Marvel Universe!

Avengers

Avengers versi utama ini adalah tim superhero yang paling diceritakan oleh Marvel, baik di Marvel Comics, maupun di Marvel Cinematic Universe. Didirikan pertama kali oleh para superhero populer, seperti Iron Man, Thor, Ant-Man, dan Hulk, Avengers terus berkembang sampai akhirnya seperti sekarang. Selain melibatkan banyak superhero tangguh, termasuk Captain America, Captain Marvel, Captain Universe, Wolverine, Spider-Man, dan masih banyak lagi, tim superhero terbaik Bumi ini juga pernah terlibat dalam berbagai kisah ikonik di Marvel Universe yang terbentang dari tahun 60-an sampai sekarang.

Dark Avengers

Tidak semua versi Avengers mempunyai tujuan mulia untuk melindungi Bumi, karena pada kenyataannya ada juga Dark Avengers yang pada dasarnya adalah tim supervillain yang menampakan dirinya sebagai superhero di mata penduduk Bumi. Dibentuk oleh Norman Osborn alias Green Goblin pasca kejadian Dark Reign, Dark Avengers diisi oleh para supervillain terkenal yang menyamar menjadi superhero, seperti Sentry, kemudian Moonstone sebagai ganti Captain Marvel, Ares sebagai ganti Thor, Daken sebagai ganti Wolverine, Bullseye sebagai ganti Hawkeye, dan Norman sendiri yang menjadi Iron Patriot sebagai ganti Iron Man.

West Coast Avengers

Pada tahun 80-an Marvel pernah merasa bahwa terlalu banyak superhero yang berbasis di kota New York, sehingga mereka mencoba peruntungan baru di California dengan beberapa superhero lama yang di transfer ke lokasi tersebut, dan salah satunya adalah anggota penting Avengers, yaitu Clint Barton alias Hawkeye. Setibanya di California, Hawkeye kemudian membentuk tim superhero yang diberi nama West Coast Avengers. Sebagai tim superhero terpopuler kedua setelah Avengers, di tim barunya ini Hawkeye ditemani oleh para superhero, seperti Mockingbird, Tigra, Wonder Man, dan Iron Man yang identitasnya dipegang oleh Rhodey alias War Machine.

Young Avengers

Setelah tim Avengers utama dirasa terlalu monoton, pada tahun 2005, Marvel mencoba memperkenalan tim Avengers baru yang beranggotakan para superhero muda, yaitu Young Avengers. Dibentuk oleh Iron Lad, Hulkling, Patriot, Wiccan, dan Kate Bishop, tim superhero muda ini berhasil mendapatkan perhatian penggemar dengan berbagai kisahnya yang menyegarkan. Meskipun awalnya terdiri dari para superhero yang pada dasarnya masih minim pengalaman, tetapi sekarang Young Avengers telah berhasil membuktikan kualitasnya dengan mengalahkan berbagai villain tangguh, termasuk Kang the Conqueror dan Demiurge.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.