DC Universe adalah semesta komik yang di dalamnya terdapat banyak sekali superhero veteran sekaligus populer dengan berbagai kisahnya yang menarik, salah satunya adalah Batman yang sudah diperkenalkan oleh DC Comics sejak tahun 1939. Setelah lebih dari delapan puluh tahun berpetualangan dan beraksi, ada banyak sekali gadget Batman yang telah diperkenalkan kepada penggemar. Meskipun sebagian besar gadgetnya terbukti inovatif dan sangat berguna, ternyata ada juga beberapa di antaranya yang tampak konyol dan banyak penggemar yang menganggapnya gadget paling buruk. Apa saja gadget yang dianggap paling buruk di DC Universe? Simak di bawah ini, Geeks!

Bat Cuff

Selama bertahun-tahun, Batman telah diperlihatkan membawa dan menggunakan Bat Cuff alias borgol kelelawar dan setiap aksinya. Sebagai gadget utama yang tidak penah lupa dibawa oleh Batman, Bat Cuff sering digunakan untuk memborgol villain, sebelum nantinya dibawa ke kantor Gotham City Police Departement. Meskipun tidak ada yang salah dengan tujuannya, tetapi gadget ini dinilai terlalu berlebihan. Karena tidak ada alasan bagi Batman untuk menciptakan sebuah borgol berbentuk kelewar, mengapa dia tidak membawa borgol biasa saja? Apalagi secara fungsi tidak ada yang istimewa dari Bat Cuff jika dibandingkan borgol biasa.

Nth Metal Batarang

Pada dasarnya, Batarang adalah salah satu gadget paling berguna yang pernah dibawa oleh Batman di sabuk utilitasnya. Namun, gadget terbaik ini menjadi sangat buruk, ketika Batman menggunakan salah satu logam paling langka dan paling kuat di DC Universe hanya untuk membuat beberapa Nth Batarang. Karena, secara fungsi Nth Batarang hanya bisa melukai “hantu” dan makhluk gaib lainnya. Dan yang membuat gadget ini tampak sangat sia-sia, karena Batman jarang sekali berhadapan dengan hantu, justru hampir di sebagian besar petualangannya dia berhadapan dengan manusia kuat, seperti Bane dan Solomon Grundy, di mana Nth Batarang mungkin hanya akan membuat mereka geli.

Batarang X

Jauh sebelum Batman menciptakan Nth Batarang, pada tahun 60-an dia pernah diceritakan menciptakan Batarang lain yang bahkan lebih buruk lagi, yaitu Batarang X. Meskipun secara nama terdengar keren, tetapi Batarang X ini pada dasarnya merupakan batarang raksasa yang ditembakan dengan pelontar, di mana Batman akan menaikinya. Batman biasanya menggunakan Batarang X ini untuk mengintai dan juga menyergap musuh, tetapi apa sebenarnya yang membuat Batman lebih memilih untuk menaiki Batarang X daripada Batplane yang mempunyai mode siluman? Tidak ada penjelasannya sampai sekarang. Apalagi jika Batman telat melompat, dia juga akan ikut hancur dengan Batarang X-nya.

Mirror Cowl

Dalam salah satu kesempatan, Batman pernah terlihat konyol dengan memakai sebuah topeng yang terbuat dari cermin, tepatnya pada tahun 50-an. Di kisah tersebut Batman diceritakan menghadapi seorang villain yang menyebut dirinya sebagai Mirror Man atau manusia cermin. Dan salah satu upaya yang dilakukan oleh Batman untuk mengalahkannya adalah dengan menciptakan sebuah topeng yang terbuat dari pecahan cermin. Meskipun terbukti efektif dan Mirror Man benar-benar berhasil dikalahkan, tetapi bisa dibayangkan jika ada seseorang yang meninju wajah Batman ketika menggunakan topeng cermin tersebut. Mungkin dia akan langsung dirawat di UGD karena pendarahan.

Bat Female-Villain Repellent

Sementara banyak penggemar yang mengira era gadget buruk hanya terjadi pada masa lalu, ternyata Batman masih membuat gadget konyol lainnya pada tahun 2000-an. Disebut Bat Female-Villain Repellent, gadget yang satu ini digunakan oleh Batman ketika dia tidak mampu untuk menghadapi villain wanita secara langsung, karena gadget yang mirip seperti semprotan serangga ini hanya digunakan kepada wanita saja. Di mana biasanya wanita yang terkena semprotannya akan langsung roboh untuk sementara waktu. Yang membuatnya konyol adalah betapa buruknya ide tentang Female-Villain Repellent karena tampak seperti meremehkan kaum wanita pada saat itu.

Itulah lima gadget Batman yang mendapatkan predikat terburuk karena terkesan konyol, tidak berguna, dan bahkan berlebihan untuk seorang superhero. Syukurnya, kelima gadget ini tidak pernah lagi diceritakan di berbagai kisah baru Batman, karena jika sampai sekarang dia masih terlihat menggunakannya, mungkin akan ada banyak gelompang protes dari para penggemar yang menganggap bahwa DC telah menistakan kehebatan Batman. Bagaimana menurut kalian, Geeks, mana yang paling buruk dari kelima gadget ini?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.