Dengan sejarah Marvel Comics yang telah berjalan selama bertahun-tahun, tidak aneh jika para karakternya sering berganti-ganti posisi dari villain menjadi superhero dan begitu juga sebaliknya. Sementara villain yang menjadi superhero selalu berakhir menyenangkan, hal tersebut tidak berlaku ketika superhero menjadi villain. Karena tidak jarang kisahnya terlalu menyakitkan untuk diterima, apalagi karakter yang selama ini menjadi favorit tiba-tiba berada di sisi yang “salah”. Dari sekian banyak superhero Marvel, berikut tujuh nama yang sempat menjadi villain!

Cyclops

Semua penggemar setia Marvel pasti mengenal Cyclops sebagai salah satu pendiri X-Men dan sangat setia kepada Charles Xavier yang sudah dia anggap sebagai ayah sekaligus mentornya sendiri. Namun, hal tersebut berubah seketika setelah dirinya dirasuki oleh Phoenix Force. Walaupun awalnya sempat menggunakan energi kosmik tersebut untuk kebaikan Bumi dan para mutan, tetapi pada akhirnya tubuh Cyclops berhasil dikuasai Phoenix Force dan menjadi jahat. Salah satu perbuatan jahatnya bahkan dibuktikan ketika dirinya membunuh Xavier, dan membuat kejahatan Magneto seakan-akan biasa saja.

Captain America

Dari sekian banyak superhero yang tergabung di Avengers, penggemar pasti pernah mendengar kejadian di mana Steve Rogers alias Captain America ternyata selama ini adalah agen rahasia Hydra. Kisah tersebut pernah terjadi ketika Cosmic Cube digunakan oleh villain untuk mengubah realitas di mana Captain America menjadi anggota Hydra. Mengambil identitas baru sebagai Hydra Supreme, Steve bersama Hydra pernah diceritakan hampir berhasil menguasai Amerika dan dunia secara keseluruhan. Dalam prosesnya bahkan dia rela membunuh sahabatnya sendiri, yaitu Black Widow.

Iron Man

Pada dasarnya Tony Stark alias Iron Man adalah karakter yang menyebalkan karena sikap sombong dan arogannya. Namun, hal tersebut masih belum ada apa-apanya ketika dia benar-benar menjadi villain setelah sihir pembalik karakter dari Scarlet Witch mengubah semua karakter di Marvel Universe. Alih-alih menggunakan kecerdasan dan teknologinya untuk membangun Bumi, dia justru membuat aplikasi “narkoba” yang membuat penggunanya bisa tampil awet muda dan lebih sehat, di mana aplikasinya dibanderol seharga 99,99 dolar atau sekitar 1,4 juta rupiah per harinya.

Mister Fantastic

Reed Richards alias Mister Fantastic adalah salah satu pendiri sekaligus anggota Fantastic Four yang terkenal karena tubuh supernya yang elastis. Meskipun di universe utama dia digambarkan sebagai superhero yang genius dan bijaksana, ternyata ada kisah alternatif di mana Mister Fantastic menjadi jahat setelah dirinya ditolak oleh Sue Storm alias Invisible Woman karena dia mencintai Ben Grimm alias The Thing. Hal tersebut pada akhirnya membuat Mister Fantastic terjerumus pada tipu daya Kang yang mengatakan bahwa dia adalah sosok yang ditakdirkan menjadi penyelamat alam semesta. Pada titik itu dia kemudian menjadi Ultimate Reed Richards yang bahkan bersedia membunuh keluarganya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.