Ozymandias

Untuk memisahkan kategori konten yang ramah keluarga dan yang tidak, DC pernah memperkenalkan tim superhero The Watchmen untuk memisahkan superhero brutal dari Justice League. Dan di dalam Watchmen sendiri ada seorang superhero paling kompleks sekaligus genius bernama Adrian Veidt alias Ozymandias, yang pernah melancarkan skema “gilanya” untuk menyelamatkan Bumi. Di komiknya, Ozymandias pernah membuat alien seolah-olah menyerang Bumi agar Russia dan Amerika bekerja sama. Meskipun perang nuklir antara kedua negara tersebut berhasil dicegah, tetapi nyawa yang hilang akibat invasi alien yang disebabkannya telah mengubah status manusia menjadi “hampir punah”.

Punisher

Selain Deadpool, ada satu superhero Marvel lain yang dikenal tidak bermoral, dia adalah Frank Castle alias Punisher. Bedanya, Punisher adalah sosok yang sangat serius dan tidak pernah melucu seperti Deadpool, bahkan ketika membunuh. Terkenal sebagai ahli interogasi brutal, Punisher telah menggunakan keahliannya dalam menggunakan senjata untuk membalas dendam serta membersihkan Bumi dari setiap geng dan mafia jahat yang ditemuinya. Bahkan dalam setiap aksinya, alih-alih menganggap korbannya sebagai manusia, Punisher akan melihat korbannya sebagai kotoran yang menjijikan.

Speedball

Robert Baldwin adalah superhero baru Marvel yang mengadaptasi nama Speedball karena kekuatan energi kinetiknya bekerja seperti pantulan bola dalam ilmu fisika. Meskipun penampilan dan kisahnya cukup menarik, tetapi Speedball adalah salah satu superhero baru yang dianggap telah membunuh banyak nyawa. Alih-alih membunuh villain, dalam kisah Civil War, Speedball pernah diceritakan secara tidak sengaja menyebabkan villain bernama Nitro meledakan diri di sebuah wilayah padat penduduk. Akibat kecerobohannya tersebut, ratusan nyawa melayang, termasuk nyawa anak kecil yang tidak berdosa.

Star-Lord

Jika DC mempunyai Joh Stewart, Marvel juga mempunyai Star-Lord yang terkenal sangat arogan. Mempunyai nama asli Peter Quill, Star-Lord versi Marvel Comics pernah diceritakan dengan sengaja mengorbankan sebuah planet demi mengalahkan Galactus. Hal tersebut sengaja dia lakukan demi menghindari bencana yang lebih besar lagi. Meskipun dia terlihat sangat bersedih dan menyesal, tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi 350 ribu nyawa yang dia korbankan.

Venom

Venom adalah superhero yang memulai kariernya sebagai musuh Spider-Man di Marvel Universe. Selama bertahun-tahun sebagai alien symbiote, dia pernah bergabung dengan beberapa karakter, dari mulai remaja heroik Peter Parker sampai pembunuh berdarah dingin Cletus Kasady. Dan selama itu juga dia tercatat telah memakan banyak manusia sebagai salah satu cemilan favoritnya. Bahkan ketika dia bergabung dengan Eddie Brock yang terkenal berhasil mengubah sosok Venom menjadi lebih baik, dia tetap memakan para kriminal yang ditemuinya. Tidak diketahui sudah berapa banyak manusia yang dicerna oleh perut Venom, mungkin jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan lebih.

Terlepas dari niat kesepuluh superhero ini yang sengaja atau tidak, tetapi cukup jelas bahwa mereka telah mendobrak batas moral superhero yang konon harus menjunjung tinggi “No-Kill” rule seperti Batman. Secara jumlah mungkin tidak diketahui ada berapa nyawa yang mati di tangan mereka, tetapi secara sejarah hal tersebut tidak bisa dihilangkan meskipun mereka bertobat dan berjanji untuk menjadi superhero yang lebih, karena penggemar sudah telanjur melihat bahkan mungkin menyukai perbuatan mereka. Itulah sepuluh superhero dari semesta komik yang terkenal paling banyak membunuh.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.