Riddler menebar teror yang sangat besar di kota Gotham seperti diperlihatkan dalam film terbaru karya Matt Reeves, The Batman. Berbeda dengan film-film Batman sebelumnya Matt Reeves ingin menghadirkan nuansa yang baru, di mana Riddler muncul sebagai villain utama di film ini, bukan hanya menjadi secondary villain seperti di film Batman Forever.

Seperti yang pernah diungkapkan oleh Reeves sebelumnya, The Batman ingin menghadirkan sosok Batman dengan penuh perhitungan, dan memperlihatkan alasan mengapa Batman merupakan sosok detektif paling hebat di dunia. Dan di filmnya sendiri, Batman diperlihatkan berhasil memecahkan berbagai teka-teki yang diberikan oleh Riddler. Perlu diingat ya Geeks bahwa akan ada banyak spoiler yang muncul di artikel ini.

Teka-Teki Riddler

Dalam cerita di filmnya, Riddler banyak memberikan teka-teki terhadap Batman dengan memanfaatkan dua cara; langsung dan tidak langsung. Untuk cara yang langsung, contoh ini bisa dilihat saat hakim wilayah, Gil Colson, berhasil ditangkap dan disekap oleh Riddler. Gil kemudian diikat dan dipasangi bom di lehernya.

Dia kemudian muncul di prosesi penghormatan terakhir wali kota Gotham. Dan Gil pun meminta Batman untuk muncul, dengan tulisan yang ada di dadanya, “To the Batman.” Batman dan Riddler pun kemudian melakukan panggilan video, di mana Riddler memberikan waktu terbatas untuk menjawab semua teka-teki yang dia siapkan.

Jika berhasil dijawab, maka kata sandi dari bom yang menempel di leher Gil pun akan diberikan. Sayangnya, Batman harus gagal untuk menyelamatkan Gil yang menyebabkan bom tersebut meledak. Untuk cara yang tidak langsung, biasanya Riddler akan menghabisi target-target yang sudah dia persiapkan. Dan setelah itu, mereka akan dibunuh dengan cara tertentu.

Setelah mereka tewas, Riddler akan menyimpan teka-tekinya di tembok atau melalui tulisan. Dan biasanya, jawaban atau petunjuk dari teka-teki tersebut tersembunyi dan butuh usaha untuk menemukannya. Misalnya, ketika Batman berhasil memecahkan teka-teki tentang informasi sang wali kota dengan memecahkan kode yang disediakan oleh Riddler, dan kemudian membentuk sebuah kata yaitu “The Disk.”

Teka-Teki Terbesar

Batman memang diperlihatkan berhasil memecahkan berbagai teka-teki yang disiapkan oleh Riddler di sepanjang filmnya. Namun, ada satu teka-teki besar yang membuat Batman harus berjuang keras untuk sekedar mencari petunjuk dari jawaban tersebut. Teka-teki yang dimaksud adalah misteri tentang “El Rata Alada” yang dalam bahasa Spanyol bisa diartikan sebagai “Tikus Bersayap.”

Teka-teki ini muncul ketika Batman berusaha mengungkap kematian dari komisioner kepolisian Gotham, Pete Savage. Butuh waktu yang lama bagi Batman dan Jim Gordon untuk bissa mengetahui tentang petunjuk dari teka-teka ini. Mereka sempat mengira bahwa Penguin adalah sosok yang dimaksud, karena menurut mereka hewan penguin memiliki sayap.

Yang menarik adalah setelah Penguin diinterogasi dan kemudian menemukan berbagai fakta-fakta menarik terkait siapa yang menjadi informan/pengkhianat yang menjadi sumber informasi bagi Riddler, Batman dan Gordon sempat mengakses sebuah situs khusus untuk berbincang langsung dengan Riddler. Situs tersebut bernama Rataalada.com. Dalam situs tersebut, Riddler sempat memberikan petunjuk mengenai target besarnya yang selanjutnya.

Namun, setelah berbagai upaya dilakukan, akhirnya teka-teki terbesar tersebut berhasil dipecahkan, di mana mereka paham bahwa “falcon” atau burung alap-alap juga memiliki sayap. Dalam konteks ini, Gordon dan Batman menyadari bahwa sosok menjadi informan bagi Riddler ternyata adalah Carmine Falcone, kepala kriminal kota Gotham, di bawah Salvatore Marroni.

Bisa Diakses Publik

Buat Geeks yang belum tahu, bahwa ternyata situs dari Rataalada.com bisa diakses oleh umum. Geeks hanya perlu mengetikan situsnya di aplikasi browser, dan setelah terhubung maka Geeks akan langsung “berkomunikasi” dengan sosok Riddler. Riddler akan memberikan beberapa pertanyaan kepada kita, di mana jika jawabannya benar maka kita akan mengakses sebuah berkas rahasia.

Riddler akan memberikan tiga pertanyaan kepada kita di situs tersebut. Tiga pertanyaan tersebut akan dihadirkan secara acak. Jika Geeks mencoba membuka tab baru di aplikasinya untuk mencari petunjuk atau jawaban, maka Riddler akan mengetahui hal tersebut dan akan mengejek Geeks semua. Lalu, bagaimana dengan petunjuk dari jawabannya? Jika Geeks sudah menonton filmnya, ada tiga kata yang bisa menjadi petunjuk untuk jawabannya. Yang pertama adalah “Confusion.” Kemudian yang kedua adalah “Mask.” Dan yang terakhir adalah “Renewal.”

Selain ketiga kata di atas, ada juga tiga kata lainnya yang bisa menjadi jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh Riddler. Yang pertama adalah “Street.” Kemudian “Batman” dan yang terakhir adalah “Law.” Jika Geeks perhatikan, petunjuk-petunjuk tersebut terkoneksi dengan proyek pembaruan kota Gotham, yang mana proyek tersebut akhirnya tidak jadi dilakukan karena Thomas Wayne harus tewas akibat Carmine Falcone. Dan hal inilah yang kemudian menjadi alasan utama dari Riddler untuk melakukan apa yang dia lakukan di sepanjang filmnya, yaitu menghabisi orang-orang yang dianggap korup dan berbohong.

Lalu, apa isi hadiah yang diberikan oleh Riddler saat berhasil memecahkan teka-teki tersebut? Riddler akan memberikan sebuah berkas rahasia dalam format .zip yang bisa diunduh langsung. Namun, teka-tekinya tidak berhenti sampai di situ. Berkas rahasia yang diberikan oleh Riddler itu dilindungi oleh kata sandi, yang mana ini merupakan bagian yang paling sulit karena tidak ada petunjuk untuk kata sandi ini.

Meskipun begitu, jika Geeks berhasil mengunduh berkas rahasia tersebut, Geeks bisa mencoba untuk menuliskan sandi “promise” di berkas tersebut agar bisa diakses. Lalu, apa isi dari berkas rahasia tersebut? Geeks bisa mencobanya sendiri dan mencari tahu apa hal yang dirahasiakan oleh Riddler dan siapa sosok yang dimaksud oleh Riddler sebagai sosok pembohong dalam ceritanya.

Menghadirkan sebuah situs yang “nyata” yang bisa diakses oleh para fans sepertinya merupakan salah satu easter Eggs dari filmnya. Di satu sisi, ini juga merupakan sebuah trik marketing yang menarik untuk film The Batman karena menghadirkan sisi yang unik. Bagaimana Geeks, ingin mencoba untuk “berkomunikasi” langsung dengan sosok Riddler?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.