The Batman adalah film DC pertama yang dirilis pada tahun 2022 ini. Namun, berbeda dari kebanyakan film DC yang tayang di layar lebar, film garapan karya sutradara Matt Reeves ini tidak menjadi bagian dari jagat sinematik DC Extended Universe, melainkan berdiri sendiri di semesta alternatif yang disebut Earth-2. Dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai sang Dark Knight, film ini juga melibatkan Zoe Kravitz sebagai Catwoman, Paul Dano sebagai Riddler, Colin Farrell sebagai Penguin, dan masih banyak lagi.

Hampir semua penggemar setia film superhero pasti bertanya-tanya apakah film The Batman mempunyai credit scene? Mengingat semua film superhero mempunyai satu atau lebih credit scene, khususnya film-film dari DC Extended dan Marvel Cinematic Universe, tentu saja para penggemar menayakan hal yang sangat penting tersebut. Apalagi potongan adegan di credit scene sering kali memberikan petunjuk atau berhubungan dengan masa depan waralabanya. Dan menariknya, The Batman ternyata mempunyai credit scene yang sangat unik sekaligus misterius.

Setelah credit The Batman belangsung sekitar lima menit, bagi penggemar yang setia menunggu akan melihat sebuah credit scene yang tidak biasa atau lebih cocok disebut sebuah bonus klip, yaitu logo tanda tanya hijau dari Riddler yang diikuti dengan tulisan “GOOD BYE.” Tidak berhenti sampai di situ saja, sepersekian detik kemudian akan ada tulisan yang sangat cepat menghilang, di mana tulisan tersebut adalah link sebuah situs yang sebelumnya sempat disinggung juga di filmnya ketika Batman mencoba memecahkan teka-teki Riddler, yaitu www.rataalada.com.

Di filmnya sendiri, Batman dan James Gordon diceritakan mencoba menyelesaikan teka-teki yang diberikan oleh Riddler terkait kata dari bahasa Spanyol “Rata Alada” yang artinya tikus bersayap. Kata tersebut merujuk pada Rat atau informan yang menjadi fokus dendam Riddler kepada orang-orang penting di Kota Gotham. Ketika Batman mengira bahwa kata tikus “bersayap” tersebut merujuk pada villain Penguin, setelah menangkapnya, Batman kemudian mengakses situs www.rataalada.com dan berkomunikasi dengan Riddler via chat untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Menariknya, jika penggemar setia The Batman yang merasa cukup “cerdas” melihat situs tersebut di bonus klip credit scene, kemungkinan besar pasti akan mencoba mengaksesnya di browser, dan situs tersebut benar-benar bisa diakses! Situs dengan latar serba hitam dan tulisan hijau tersebut akan memberikan kita pertanyaan teka-teki yang harus kita jawab. Jika teka-teki tersebut terjawab sampai selesai, tanpa ada salah satu kali pun, maka Riddler akan memberikan sebuah hadiah berupa link download file .zip.

File .zip tersebut ternyata masih dilindungi oleh password, di mana jika kita berhasil membukanya maka ada sebuah video menarik yang juga muncul di filmnya ketika Batman hampir menyelesaikan teka-teki Riddler. Video tersebut adalah cuplikan kampanya Thomas Wayne saat dirinya mencalonkan diri sebagai wali kota Gotham sebelum dirinya tewas terbunuh. Dan ketika sudah sampai pada titik tersebut, kemudian mencoba melihat kembali videonya dengan saksama ada beberapa hal yang tampak seperti pentunjuk untuk kelanjutan waralaba The Batman.

Entah disengaja atau tidak, dalam video tersebut tertulis dengan sangat jelas kata “Hush!” yang Mengisyaratkan Nama Seorang Villain Batman dari DC Comics, yang kemungkinan bisa muncul di film The Batman 2 atau tayangan spin off-nya, seperti serial Gotham City Police Departement dan Penguin. Jika penasaran, kalian bisa mencoba mengunjungi situsnya dan mencoba melihat videonya sendiri. Apakah benar kata tersebut merujuk pada villain Batman selanjutnya? Atau kalian ingin tahu jawaban dari teka-tekinya juga? Pantau saja terus situs Greenscene, Geeks, nanti kita buatkan tutorialnya. Selamat mencoba!

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.