Disutradarai oleh Matt Reeves, The Batman adalah film terbaru DC yang menceritakan tahu ke-2 Bruce Wayne sebagai Batman di Kota Gotham. Diperankan oleh Robert Pattinson, filmnya ini dimeriahkan juga oleh Zoe Kravitz sebagai Catwoman, Jeffrey Wright sebagai James Gordon, Andy Serkis sebagai Alfred Pennyworth, Paul Dano sebagai Riddler, Colin Farrell sebagai Penguin, dan John Turturro sebagai Carmine Falcone.

Film terbaru sang Caped Crusader ini menceritakan bagaimana Batman menggunakan skill detektifnya untuk memecahkan teka-teki Riddler yang sangat sulit. Dan ternyata teka-teki Riddler tersebut pada akhirnya mengarah pada keluarga Buce Wayne, di mana salah satu petunjuknya, yang juga dibagikan kepada seluruh warga Gotham melalui siaran berita, memperlihatkan sebuah video kampanye Thomas Wayne, sebagai calon wali kota Gotham pada 20 tahun lalu. Dalam video tersebut ada satu easter egg menarik yang seakan-akan mengisyaratkan nama seorang musuh Batman dari komik yang bernama Hush!

Villain yang Terlahir Karena Dendam

Dalam video singkat yang dibagikan oleh Riddler tersebut, terlihat ada satu potongan videonya yang menuliskan kata “Hush!” Meskipun konteks asli kata di video tersebut adalah untuk mengungkapkan perasaan Riddler yang ingin semua orang mendengarkannya, seperti “Sssttt…!”, tetapi bagi penggemar mata elang yang melihat easter egg di film The Batman tersebut, pasti langsung ingat kepada salah satu villain klasik Batman yang bernama Hush dari DC Comics.

Mempunyai nama asli Dr. Thomas “Tommy” Elliot, Hush adalah karakter yang diciptakan oleh Jeph Loeb dan Jim Lee pada tahun 2003 melalui komik Batman #609. Tommy sendiri awalnya adalah sahabat masa kecil Bruce yang karakternya sangat berbanding terbalik dengan dia. Sebagai anak yang antisosial, Tommy pernah mencoba membunuh kedua orang tuanya dengan menyabotase kendaraan yang mereka gunakan sampai terjadi kecelakaan. Hal tersebut sengaja dia lakukan karena dia sering dipukuli oleh ayahnya dan sama sekali tidak pernah didukung oleh ibunya.

Meskipun kecelakaan tersebut membuat ayah Tommy tewas di tempat, tetapi ibunya berhasil selamat setelah ayah Bruce, Dr. Thomas Wayne, menyelamatkan hidupnya. Sejak saat itu, karena merasa kesal, Tommy kemudian membenci keluarga Wayne dan menyalahkan Bruce atas semua yang terjadi padanya. Dan ketika dirinya dewasa dan menjadi seorang ahli bedah yang sangat mahir, Tommy kemudian melancarkan balas dendamnya kepada Bruce, dia menjadi villain bernama Hush yang dikenal menutupi wajahnya dengan perban. Syukurnya, di saat yang sama Bruce sudah menjadi Batman dan berhasil mengalahkannya.

Dikonfirmasi Akan Menjadi Villain di The Batman 2?

Selain diperlihatkan di dalam filmnya, tenyata pentunjuk video tersebut dibagikan juga di situs resmi The Batman, yaitu www.rataalada.comDalam situs yang link-nya dibagikan di credit-scene The Batman tersebut, penggemar akan diberikan beberapa pertanyaan teka-teki Riddler, yang apabila berhasil dipecahkan akan mengungkap password untuk file .zip yang memuat video “Hush!” yang dimaksud. Hal tersebut membuat penggemar berspekulasi bahwa sutradara Matt Reeves tengah mempersiapkan penjahat tersebut untuk muncul di film The Batman 2. Simak tangkapan layarnya di bawah ini:

Meskipun tidak sedikit juga penggemar yang menganggap bahwa Riddler dan Hush di The Batman adalah seorang karakter yang sama, tetapi masih ada kemungkinan Hush yang asli akan muncul pada masa depan waralaba The Batman. Reeves sendiri sebelumnya sempat mengatakan bahwa film garapannya ini akan menjadi awal Bat-Verse, di mana dia akan dengan senang hati mengekplorasi kisah Gotham dengan para karakter menarik di dalamnya, dan Hush mungkin adalah salah satunya.

Itulah pembahasan mengenai easter egg Hush yang kemungkinan dimaksudkan sebagai petunjuk kemunculan villain pada masa yang akan datang. Jika film The Batman sukses, di mana sudah mulai banyak penggemar yang menyukainya, bukan tidak mungkin Bat-Verse akan berkembang makin besar dengan berbagai tayangan lainnya. Selain film The Batman 2 atau 3, berbagai karakter yang berhubungan dengan Batman bisa juga muncul di tayangan serial spin off-nya, seperti serial Gotham City Police Departement dan Penguin yang saat ini tengah dikembangkan oleh Warner Bros. untuk tayang di saluran HBO.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.