The Batman adalah film terbaru DC yang menceritakan petualangan awal Bruce Wayne [Robert Pattinson] di Kota Gotham sebagai vigilante bertopeng yang dikenal dengan sebutan Batman. Di film pertamanya ini, Batman bersama Seline Kyle alias Catwoman diceritakan bertarung secara fisik dan psikologis melawan villain berbahaya seperti Carmine Falcone, Ozwald Cobblepot alias Penguin, dan Edward Nashton alias Riddler. Menariknya, selain para villain yang terlihat batang hidungnya tersebut, ada sebuah easter egg yang mungkin mengindikasikan potensi hadirnya Azrael pada masa depan The Batman!

Karakter Mematikan dari Kota Gotham

Sebelum membahas seperti apa easter egg Azrael di film The Batman, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu siapa sebenarnya karakter mematikan dari DC ini. Diciptakan oleh Denny O’Neil, Joe Quesada, dan Peter Milligan, karakter Azrael pertama kali melakukan debutnya di komik Batman: Sword of Azrael #1 (1992) dengan alter ego Jean-Paul Valley. Setelah kejadian Knightfall (1993-1994) membuat Bruce pensiun sementara karena punggungnya dipatahkan oleh Bane, Azrael diceritakan mengambil alih posisi Batman di Kota Gotham dengan cara yang lebih brutal dan tidak segan-segan membunuh.

Dan dalam kisah lain, identitas Azrael pernah juga dipegang oleh Michael Washington Lane yang muncul di komik Azrael: Death’s Dark Knight #1 (2009) karya Fabian Nicieza. Berbeda dengan Azrael sebelumnya yang sejak awal memang diperkenalkan sebagai anti-hero, versi Michael adalah mantan supervillain bernama Bat-Devil yang kemudian mengadaptasi identitas Azrael. Di komik ini, Azrael Michael diceritakan terlibat dalam pertempuran Battle for the Cowl, di mana para anggota Bat Family dan juga Azrael Michael berebut menjadi Batman baru setelah Bruce tewas dibunuh Darkseid di Final Crisis.

Baik versi Jean maupun Michael, keduanya hadir sebagai vigilante berkostum merah dan juga sering membawa pedang sakti yang disebut Sword of Sin. Selain itu, mereka juga merupakan anggota Order of St. Dumas, organisasi assassin yang ingin menegakan keadilan di Kota Gotham. Dengan posisi mereka sebagai anti-hero yang terkenal brutal, kedua Azrael ini sering kali bersitegang dengan Batman yang sangat menjunjung tinggi “no-kill rule”. Walaupun begitu, tidak jarang juga mereka saling bekerja sama, karena pada dasarnya Batman dan Azrael sama-sama ingin membuat Gotham menjadi lebih baik.

Cikal Bakal Azrael di Film The Batman

Setelah mengetahui siapa Azrael di DC Comics, sekarang mari kita masuk ke pembahasan di mana easter egg Azrael terlihat di film terbaru The Batman. Ketika film di mulai, penonton diperlihatkan bagaimana Riddler memulai aksinya dengan mengawasi rumah wali kota Gotham bernama Don Mitchell Jr.. Dalam salah satu adegan yang diperlihatkan dari kacamata Riddler tersebut, terlihat seorang anak yang mengenakan kostum haloween serba merah lengkap dengan hoodie serta membawa sebuah pedang, dan ternyata dia adalah anak dari wali kota Don.

Anak tersebut terlihat bersandiwara dengan wali kota Don dan ibunya seakan-akan dia menghunuskan pedang untuk membunuh ayahnya, sampai akhirnya mereka berdua berpelukan dan ibunya membawa dia keluar untuk berburu permen. Tidak lama setelah itu, Riddler menyelinap masuk ke dalam rumahnya dan membunuh wali kota Don dengan sangat sadis sebagai langkah awal dari rencananya. Saat Batman sedang melakukan invetigasi pembunuhan tersebut bersama Gotham City Police Departement (GCPD), terungkap bahwa sang anak sempat melihat mayat ayahnya, di mana hal tersebut membuat Batman sangat iba setelah melihat dirinya sendiri di dalam anak tersebut.

Batman merasa bahwa anak tersebut mempunyai pengalaman yang sama seperti dirinya ketika melihat orang tuanya sendiri dibunuh oleh perampok bernama Joe Chill. Menjelang akhir film, Batman bahkan sering saling tatap dengan anak tersebut dalam pertemuan lain, termasuk saat Batman menyelamatkannya dari banjir besar Kota Gotham yang disebabkan oleh Riddler. Pada titik ini, sepertinya anak wali kota Don melihat Batman sebagai inspirasi atau idolanya dalam melindungi Kota Gotham.

Masa Depan Azrael di The Batman

Berdasarkan kostum haloween serba merah dan pedang yang dikenakan oleh anak tersebut, serta latar belakangnya yang melihat dengan jelas seperti apa Batman, ada kemungkinan anak tersebut kedepannya akan mengambil jalan yang sama seperti Batman, yaitu menjadi vigilante bertopeng di Kota Gotham. Dan menariknya, hal tersebut mengidikasikan bahwa anak tersebut bisa saja menjadi Azrael di waralaba The Batman selanjutnya.

Memang kisah masa kecil Azrael di DC Comics tidak diceritakan secara gamblang seperti apa, tetapi sangat jelas bahwa dia adalah sosok yang hadir karena mengidolakan Batman, setidaknya sebagai vigilante yang berhasil membawa kebaikan pada Kota Gotham. Mungkin di filmnya nanti latar belakang Azrael akan disesuaikan dengan semesta The Batman, sama seperti Seline alias Catwoman yang latar belakang di filmnya disesuaikan sebagai anak dari Carmine Falcone.

Masih perlu dilihat apakah benar nantinya anak wali kota Don tersebut akan menjadi vigilante bernama Azrael atau tidak. Namun, apa pun takdirnya nanti, cukup jelas bahwa kehadiran live-action Azrael sudah dinantikan sejak lama oleh para penggemar, dan sekuel The Batman bisa menjadi sarana bagi DC untuk mewujudkannya pada masa yang akan datang. Itulah pembahasan mengenai easter egg Azrael dan kemungkinannya untuk muncul pada masa depan The Batman. Bagaimana menurut kalian? Kita nantikan saja ya, Geeks, karena hanya waktu yang bisa membuktikannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.