Kota Gotham adalah salah satu faktor mengapa Bruce Wayne tetap berjuang sebagai sang Caped Crusader sampai usianya tidak lagi muda. Bahkan komitmennya untuk menjaga Gotham pada akhirnya membuat Bruce inisiatif untuk membentuk Bat Familynya sendiri agar tugasnya terus berkesinambungan. Namun, sepanjang sejarahnya dalam menjaga Kota Gotham tidak selancar cita-citanya, karena pada kenyataannya ada beberapa villain yang terbukti berhasil menguasai kota tercintanya tersebut. Dari mulai villain asli Gotham sampai villain dari luar, berikut tujuh villain yang pernah kuasa kota Batman tersebut!

Azrael

Sebelum dirinya menjadi baik seperti sekarang, Jean-Paul Valley alias Azrael adalah salah satu villain atau anti-villain yang terkenal brutal di Kota Gotham. Ketika kejadian Knightfall menceritakan bagaimana Bane mematahkan punggung Bruce Wayne dan membuatnya pensiun sementara sebagai Batman, Bruce terpaksa menunjuk Azrael untuk menggantikannya sebagai pelindung Gotham. Dengan diawasi oleh Robin Tim Drake, Azrael menjadi Batman dan mengusai kota dengan kengerian yang dibawa olehnya, dari mulai villain sampai warga Gotham semuanya tunduk pada Batman Azrael karena rasa takutnya.

Bane

Kejadian Knightfall bisa dibilang adalah salah satu kisah paling ikonik Batman di DC Comics. Bukan hanya karena Bane berhasil mematahkan punggung Batman saja, melainkan karena dia berhasil menguasai berbagai wilayah kriminal underworld dengan para villain yang bersedia menjadi anak buahnya. Ketika kisah Batman berlanjut dengan Arkham War, Bane diceritakan berhasil mengalahkan Scarecrow untuk menjadi penguasa kota Gotham, di mana hal tersebut makin memburuk setelah dia menyandera kota dengan bom nuklir. Syukurnya, pada akhirnya Batman berhasil mengalahkannya.

Black Mask

Dari sekian banyak karakter yang menjadi Robin, Stephanie Brown alias Spoiler adalah salah satu Robin yang pernah melakukan kesalahan fatal di Kota Gotham, tepatnya ketika Batman diceritakan memberhentikannya secara sepihak. Untuk mengambil kembali hati Batman, Spoiler malah menjalankan rencana cadangannya untuk mengambil alih kendali atas perang mafia dan geng yang terjadi di kota. Kejadian tersebut pada akhirnya menarik perhatian Black Mask yang kemudian menculiknya dan menggunakan rencana tersebut untuk menguasai Gotham melalui kontrolnya terhadap para mafia yang ada di dalamnya.

Court of Owls

Pada era New 52, Batman pernah mengungkap bahwa selama ini Kota Gotham telah dijalankan oleh kelompok rahasia yang menyebut diri mereka Court of Owl. Terdiri dari para orang terkaya di Gotham, para Court of Owls menguasai kota dengan cara mengendalikan hampir semua lembaga penting dari balik layar. Dan yang lebih mengerikannya lagi, Court of Owls ternyata bukan sekelompok manusia biasa, karena mereka mempunyai pasukan pembunuh, Talons, yang bersedia melakukan segala cara untuk melindungi para anggota Court of Owls.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.