Joker

Sebagai salah satu villain Gotham yang diceritakan mengetahui identitas rahasia Batman, Joker pernah menggunakan keunggulannya tersebut untuk menguasai kota di kisah Joker War. Di kisah tersebut, Joker memulai rencananya dengan mencuri semua uang Bruce, dan mengambil alih Wayne Enterprises. Dia kemudian menggunakan uang yang berlimpah tersebut untuk menyewa banyak anak buah yang dia sebut Joker Army, di mana dengan pasukan barunya tersebut, Joker berhasil menguasai Gotham dengan membuatnya kacau balau dan sulit untuk dikendalikan oleh siapa pun kecuali oleh dirinya.

Lex Luthor

Setelah sebuah gempa dahsyat membuat Gotham menjadi kota antah-berantah, kisah No Man’s Land menceritakan bagaimana pemerintah menyerah terhadap kota tersebut sampai akhirnya Lex Luthor yang berasal dari Metropolis mencoba mengambil alih. Sebagai musuh bebuyutan Superman, Lex diceritakan berhasil menguasai kota tersebut dengan membangunnya agar mendapatkan dukungan saat dirinya mencalonkan diri sebagai presiden. Agar dia lebih dipandang di Kota Gotham, Lex bahkan mencoba mendiskreditkan Bruce Wayne, sebelum rencana busuknya dibongkar oleh Batman dan Superman.

Riddler

Di antara semua villain di daftar ini, bisa dibilang Riddler adalah satu-satunya villain yang berhasil menguasai Kota Gotham dengan cara yang sangat beresiko. Kisah awal Batman di era New 52 memperlihatkan bagaimana Riddler mencoba mengambil alih kota dengan menyebabkan banjir besar dan membuat kota terisolasi dari dunia luar. Selama bertahun-tahun, Kota Gotham kemudian tumbuh menjadi kota alam yang dikelilingi oleh banyak tumbuhan, di mana warga yang tersisa hanya punya satu pilihan, yaitu tunduk kepada Riddler.

Meskipun pada akhirnya Batman berhasil kembali mengambil alih kota dengan segala upayanya, tetapi setidaknya para villain ini telah berhasil membuktikan bahwa ternyata Gotham sangat rentan dikuasai karena mempunyai titik kelemahan yang cukup fatal, yaitu terlalu sering memisahkan diri dari dunia luar sehingga Gotham tidak terawasi dengan baik jika bukan oleh Batman dan Bat Family-nya. Itulah tujuh villain yang pernah diceritakan menguasai Kota Gotham untuk sementara waktu, sampai akhirnya Batman berhasil menyelamatkannya.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.