Hit

Goku dan Hit bertemu dalam ajang Tournament of Destroyers, di mana siapa pun pihak yang menang berhak mengklaim kepemilikan bumi. Pertarungannya benar-benar sangat seru dan epik. Namun, karisma Goku yang alami, kekuatannya, dan juga bagaimana Goku sangat bersemangat  dalam bertarung pada akhirnya memunculkan respek di dalam diri Hit terhadap sosok Goku.

Goku dan Hit bahkan diperlihatkan saling berinteraksi dalam Tournament of Power, di mana Goku menyewa jasa Hit untuk membunuhnya sehingga Goku bisa berlatih melawan Hit. Hit tetap pada karakternya, namun interaksinya dengan Goku kemudian diakhiri dengan persahabatan.

Broly

Broly merupakan karakter yang baru-baru ini menjadi canon dari franchise Dragon Ball. Setelah Goku dan Vegeta melakukan fusion, pada akhirnya Broly pun berhasil dikalahkan. Saat Broly sudah mulai tenang, Broly kemudian dianggap sebagai anggota baru dari pada Z Fighters, meskipun Broly tidak tinggal di bumi dan juga Broly masih harus belajar mengendalikan emosi dan kekuatannya.

Broly pada awalnya benar-benar membuat Vegeta dan Goku kesulitan untuk menghadapinya. Keduanya sempat hampir menyerah untuk menghadapi Broly, sampai akhirnya mereka berhasil menaklukan Broly. Petualangan Broly sebagai villain memang sudah berakhir, dan persahabatan dengan kedua Saiyan pun menjanjikan sesuatu yang menarik bagi para fans.

Frieza

Sebagian fans mungkin masih menganggap Frieza sebagai villain sepenuhnya. Namun, dalam beberapa momen di seri Dragon Ball Super diperlihatkan bagaimana Frieza rela melakukan sesuai demi Goku yang mana hal tersebut membuat banyak fans terkejut. Persaingan diantara mereka dalam seri DBS dianggap jauh lebih menyenangkan dan seru.

Salah satu hal yang pernah dilakukan oleh Frieza terhadap Goku adalah memberikan tambahan energi saat Tournament of Power berlangsung. Saat itu Goku benar-benar kelelahan setelah bertarung melawan Kefla. Jika Frieza tidak memberikan ekstra tenaga bagi Goku, mungkin Goku tidak akan bisa memulihkan tenaganya dalam waktu yang cukup sebelum pertarungan melawan Jiren. Tanpa Frieza, Jiren mungkin bisa saja menang dengan mudah.

Lord Beerus

Para fans tidak akan benar-benar tahu apakah memang Goku atau justru makanan yang ada di bumi yang berhasil memenangkan hati dari sang dewa penghancur Universe 7, Lord Beerus. Beerus sempat akan berencana menghancurkan bumi, sebelum kemudian Vegeta dan Goku menantangnya untuk bertarung. Dan pada akhirnya keduanya kalah dengan mudah. Beerus sendiri tidak senang dengan hal tersebut dan kembali mengancam akan menghancurkan bumi.

Goku pun akhirnya berlatih kembali untuk bertarung menghadapi Beerus, yang mana hal tersebut membuat Goku mendapatkan tambahan kekuatan baru. Dan tanpa diduga, kekuatan baru Goku tersebut berhasil membuat Beerus terkesan. Beerus kemudian menyadari potensi dalam diri Goku dan akhirnya Beerus pun tidak jadi menghancurkan bumi. Inilah awal mula Goku mempelajari Ultra Instinct.

Vegeta

Diantara semua mantan musuh yang ada dan pernah dihadapi Goku, tentu tidak ada yang lebih epik, lebih ikonik, dan lebih memorable dibandingkan Vegeta. Saat pertama Vegeta tiba di bumi, dia benar-benar berusaha untuk membunuh Goku. Berbagai upaya Vegeta lakukan untuk hal tersebut sampai kemudian mereka menghadapi musuh yang sama, Frieza.

Mulai sejak saat itu, keduanya mulai berubah. Vegeta tidak lagi melihat Goku sebagai ancaman atau musuh melainkan sebagai rival. Meskipun sebagian rekan Goku lainnya tidak yakin akan keputusan Goku, namun pada akhirnya Vegeta pun membuktikan dirinya bahwa dia memang sudah berubah. Vegeta bahkan membangun keluarga bersama Bulma.

Sederet musuh pernah dihadapi oleh Goku di sepanjang kisahnya dalam franchise Dragon Ball. Namun, para musuh tersebut sebagian berubah menjadi lebih baik. Bahkan, ada juga yang justru menjadi rival dari Goku, seperti Vegeta. Saat ini, Goku sedang menghadapi musuh yang kuat yaitu Gas. Apakah nasib Gas akan seperti para karakter di atas? Kita nantikan saja ya Geeks!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.