Buah iblis merupakan salah satu keunikan dalam cerita One Piece yang mana sampai saat ini banyak hal tentang buah iblis yang masih menjadi misteri. Seseorang yang memakan buah iblis bisa dipastikan akan memiliki kekuatan unik sekaligus dahsyat, dari buah iblis yang mereka makan. Contohnya, seseorang bisa memiliki kemampuan untuk mengendalikan api, magma, atau sebagainya.

Namun, seperti halnya kekuatan super dalam setiap cerita komik atau fiksi, selalu muncul pertanyaan di kalangan fans tentang mana yang lebih superior dibandingkan yang lain. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mungkin tidak akan pernah ada habisnya, karena setiap fans tentunya memiliki buah iblis favoritnya masing-masing.

Namun, pertanyaan tersebut mungkin sedikit terjawab setelah Oda Sensei memberikan penjelasan mana yang lebih kuat. Seorang fan sempat bertanya kpeada Oda Sensei mengenai kekuatan buah iblis mana yang jauh lebih unggul dibandingkan yang lain dalam sebuah kolom SBS. Dan Oda Sensei pun memiliki pandangannya mengenai hal tersebut. Dalam peuturan Oda Sensei, kemampuan buah iblis ini jauh di atas rata-rata.

Contohnya adalah buah iblis milik Sakazuki, yaitu Magu Magu no Mi, jauh lebih kuat dibandingkan buah iblis Mera Mera no Mi yang dimiliki oleh Sabo. Jika diperhatikan mengapa buah iblis Sakazuki lebih unggul di bandingkan Sabo memang dirasa wajar, karena magma jauh lebih panas dan juga magma merupakan sumber dari api.

Berdasarkan hal tersebut, masuk akal jika Magu Magu no Mi jauh lebih kuat dibandingkan Mera Mera. Kemudian Hie Hie no Mi yang dimiliki oleh aokiji jauh lebih unggul dibandingkan Yuki Yuki no Mi milik Monet. Sama seperti halnya Sakazuki, jika dilihat memang wajar jika aokiji memiliki keunggulan dibandingkan buah iblis Monet, karena Aokiji bisa merubah apa pun menjadi es.

Sedangkan, Monet hanya bisa membuat sebuah ruangan atau kota dihujani salju atau membuat badai salju. Dua buah iblis lainnya yang dianggap lebih unggul menurut Oda adalah Ton Ton no Mi milik Machieves, yang jauh lebih unggul dibandingjan Kilo Kilo milik Miss Valentine. Juga, Buki Buki no Mi Baby 5 lebih unggul dibandingkan Supa Supa no Mi milik Daz Bones..

Jadi, intinya adalah dengan kekuatan yang sangat besar dan mengerikan, butuh usaha yang sangat ekstra untuk bisa mengalahkan para pengguna buah iblis tersebut. Contoh paling nyata dari hal tersebut adalah tidak mudah bagi Luffy untuk bisa mengalahkan Sakazuki yang memiliki kekuatan magma yang dahsyat.

Atau ketika Luffy dan kru Topi Jerami bertarung melawan Aokiji, yang mana level kekuatan buah iblisnya jauh di atas mereka, yang membuat Aokiji berhasil mengalahkan kru Topi Jermai dengan mudah. Meskipun begitu, pasca time-skip sendiri kekuatan Luffy sekarang sudah meningkat dengan tajam dan dia mempelajari teknik Haki.

Oda Sensei sepertinya memang memiliki pertimbangan sendiri mengenai level kekuatan buah iblis dari para karakter, yang terinspirasi dari apa yang terjadi di kehidupan nyata. Dan hal tersebut bisa dibilang sangat menarik. Belum lagi ketika pengguna buah iblis tersebut berhasil membangkitkan kekuatan penuh dari buah iblisnya, seperti yang terjadi pada beberapa karakter. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.