Setelah penayangannya berjalan enam minggu di saluran streaming HBO, akhirnya serial Peacemaker Season 1 berakhir dengan apik dan cukup epik, di mana ada banyak sekali kejutan di episode final yang telah mengungkap sekaligus meyisakan beberapa pertanyaan yang membuat penggemar penasaran. Setelah sebelumnya membahas Tujuan Justice League serta Alasan Batman dan Cyborg Absen di ending Peacemaker, kali ini mari kita bahas nasib Butterflies yang menjadi sumber konflik di serial Peacemaker Season 1.

Di episode 8 “It’s Cow or Never”, yang ditulis dan disutradari langsung oleh James Gunn, kita diperlihatkan bagaimana akhirnya Peacemaker (John Cena) bersama timnya berhasil menyelesaikan “Project Butterfly” dengan membunuh alien raksasa yang disebut “The Cow” dan sebagian besar alien Butterflies. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah kejadian tersebut benar-benar menjadi akhir bagi Butterflies? Karena tampaknya Peacemaker dengan sengaja tidak membunuh pemimpin para Butterflies yang bernama Goff. Untuk itu, mari langsung kita bahas saja, Geeks!

Tujuan Sebenarnya di Muka Bumi

Seperti yang kita tahu, tim Project Butterfly adalah tim kecil yang beranggotakan Peacemaker, Leota (Danielle Brooks), Harcourt (Jennifer Holland), Economos (Steve Agee), Vigilante (Freddie Stroma), dan Murn (Chukwudi Iwuji), mereka mendapatkan perintah langsung dari Amanda Waller (Viola Davis) sebagai pemimpin ARGUS untuk membasmi para alien Butterflies, dimulai dari Goff yang menjadikan seorang senator Amerika sebagai inangnya.

Meskipun awalnya Waller dan Murn merahasiakan alasan sebenarnya mengapa para alien Butterflies harus dibasmi, seiring berjalannya waktu, tepatnya setelah terungkap bahwa Murn adalah alien Butterflies yang berpihak pada manusia, Peacemaker dan para penggemar dibuat percaya bahwa tujuan utama alien Butterflies adalah ingin menguasai Bumi dengan mengambil alih tubuh orang-orang penting di seluruh dunia. Sampai akhirnya di ending episode 8, Goff yang kali ini telah mengambil alih tubuh detektif Sophie Song (Annie Chang) menjelaskan tujuan Butterflies yang sebenarnya di muka Bumi.

Sebagai pemimpin Butterflies, Goff mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak ingin mengambil alih Bumi, melainkan ingin menyelamatkannya. Setelah para Butterflies berkeling galaksi untuk mencari planet yang bisa mereka tinggali, akhirnya mereka menemukan Bumi. Namun, karena mereka melihat para manusia yang merusak dan meyebabkan kehancuran bagi Bumi sendiri, pada akhirnya Butterflies “bersumpah” akan menyelamatkan Bumi dan juga para manusia dengan cara apa pun, termasuk mengambil alih tubuh orang-orang penting demi mencegah kerusakan di Bumi.

Kepunahan Massal Butterflies

Terlepas dari benar atau tidaknya penjelasan Goff mengenai tujuan sebenarnya Butterflies, Peacemaker tampaknya lebih memilih untuk menyelesaikan misinya. Setelah mendengar penjelasan Goff, Peacemaker tetap mengaktifkan helm Human Torpedo yang dikenakan oleh Leota, sehingga Leota langsung terbang melesat menembus perut dan membunuh The Cow, satu-satunya sumber makanan Butterflies di Bumi. Di saat yang bersamaan, Peacemaker juga menembak dua Butterflies yang tersisa termasuk Goff.

Pada titik ini, cukup aman untuk disimpulkan bahwa alien Butterflies telah mengalami kepunahan massal di Bumi, karena satu-satunya sumber makanan mereka telah mati, begitu juga dengan para Butterflies yang sebelumnya dikumpulkan oleh Goff hanya untuk pada akhirnya dibasmi oleh tim Peacemaker. Meskipun tampaknya semua Butterflies telah dibunuh, ternyata Peacemaker dengan sengaja menyisakan Goff. Alih-alih menembak detektif Song / Goff di kepala, Peacemaker justru menembaknya di dada, di mana biasanya Butterflies akan langsung keluar dari tubuh inangnya karena telah “berhenti berfungsi”.

Nasib Goff Pada Masa Depan DCEU

Meskipun proses Goff keluar dari tubuh detektif Song tidak diperlihatkan, ternyata menjelang credit scene Goff terlihat bersama Peacemaker di rumah trailernya. Peacemaker memberikan cairan makanan kepada Goff yang kali ini sepertinya sudah tidak lagi tertarik untuk mengambil alih tubuh manusia. Meskipun para Butterflies lain dan The Cow telah mati, setidaknya Goff bisa bertahan hidup, karena sepertinya sisa persediaan makanan di Bumi bisa dibilang sangat banyak jika hanya untuk dirinya saja.

Karena Goff masih hidup dia berkesempatan untuk muncul di Peacemaker Season 2 nanti, mengingat saat ini adalah salah satu perliharaan Peacemaker. Mungkin alasan mengapa Goff mau menjadi peliharaan Peacemaker adalah karena saat ini dia sudah tidak mempunyai tujuan, dan Peacemaker terbukti bisa merawatnya seperti yang terlihat di episode-episode sebelumnya, bedanya sekarang Goff dibiarkan bebas berkeliaran oleh Peacemaker.

Itulah penjelasan mengenai nasib para Butterflies, khususnya Goff, di ending Peacemaker. Melihat status Butterflies yang sudah tidak lagi mempunyai tujuan, kecil kemungkinan mereka akan kembali mengancam lagi pada masa depan DCEU, kecuali jika Goff berubah pikiran dan mulai menghimpun kekuatan baru untuk balas dendam. Namun, untuk sekarang bisa disimpulkan bahwa dengan adanya Eagly dan sekarang Goff, Peacemaker sepertinya akan lebih hebat lagi di Season 2 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.