DC adalah salah satu media komik tertua di seluruh dunia. Sudah lebih dari 80 tahun mereka menghibur penggemar dengan berbagai kisah dan juga ilustrasi yang sangat menarik. Sampai detik ini DC masih tetap konsisten dengan kisah-kisah barunya yang lebih beragam dan juga sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satu komik terbarunya yang berjudul Dark Knight of Steel bahkan menceritakan kisah alternatif yang menggambarkan bagaimana jika para superhero hidup pada zaman medieval.

Yang membuat komik Dark Knight of Steel sangat menarik adalah karena meskipun plot sangat unik, tetapi isinya tetap mempertahankan para karakter populer, seperti Batman, Superman, dan Wonder Woman. Dan yang lebih menariknya lagi, khusus bagi penggemar Indonesia, komik ini ternyata menjadi sangat spesial karena digambar oleh seniman Indonesia. Siapa kah dia? Dan mengapa komik Dark Knight of Steel sangat populer? Mari kita bahas apa saja yang sudah kita ketahui sejauh ini, Geeks.

Genius di Balik Dark Knights Of Steel

Pertama kali dirilis pada bulan November 2021, komik Dark Knights Of Steel merupakan serial komik terbatas yang rencananya hanya akan mempunyai dua belas issue saja. Komik yang menceritakan para superhero DC pada era medieval ini ditulis oleh Tom Taylor dan digambar oleh seniman Indonesia bernama Yasmine Putri. Taylor sendiri adalah penulis asal Australia yang telah bekerja di industri komik selama lebih dari sepuluh tahun. Selain di DC, Taylor juga sebelumnya pernah menulis cerita Marvel Comics, seperti Dark Ages, All-New Wolverine, Friendly Neighborhood Spider-Man, dan masih banyak lagi.

Dan khusus untuk Yasmine Putri, yang secara mengejutkan tiba-tiba namanya populer di kalangan penggemar DC, dia adalah seorang seniman asli Indonesia yang ternyata telah bekerja dengan Marvel dan DC selama bertahun-tahun. Sebelum menggambar Dark Knights Of Steel, Putri juga pernah terlibat sebagai ilustrator dari berbagai komik menarik lainnya, termasuk komik Star Wars, Secret Wars, House of X, Amazing Spider-Man, Black Panther, Wonder Woman, dan Red Hood and the Outlaws. Dan ternyata komik Dark Knights Of Steel ini adalah kerja sama kedua antara Taylor dan Putri, mereka sebelumnya sudah terkenal karena mengerjakan serial komik zombie DCeased pada tahun 2019.

Konflik Antara Dua Kerajaan

Sejauh ini komik Dark Knights of Steel baru berjalan selama tiga bulan, dan telah merilis tiga dari dua belas issue yang dijadwalkan. Plotnya sangat berbeda sekali dengan kisah DC Universe pada umumnya. Berada di universe alternatif, kisah Dark Knights of Steel berlangsung pada era medieval, di mana status superhero dan supervillain DC sebelumnya tidak berlaku di semesta ini.

Sesuai judulnya, karakter utama di komik ini adalah Bruce Wayne (Dark Knight)yang digambarkan sebagai seorang pengawal Kerajaan El, dan Kal-El (Man of Steel) yang digambarkan sebagai seorang pangeran dari Kerajaan El. Secara garis besar, komik Dark Knights of Steel menceritakan konflik politik antara kerajaan Kryptonians dan kerajaan manusia. Setelah ramalan Constantine menyebutkan bahwa Raja Jor-El dan keluarganya adalah ancaman bagi manusia, Raja Jefferson Pierce kemudian menyewa Oliver Queen untuk membunuhnya.

Sebagai pembalasan, putri Jor-El yang bernama Zala-El berangkat ke kerajaan manusia untuk membunuh putra Jefferson yang bernama Jacob. Pada akhirnya aksi balas dendam dan ramalan tersebut memicu pertempuran berdarah antara Kerajaan El dan Kerajaan Storm yang bahkan merembet sampai ke wilayah lain, termasuk Pulau Amazon di mana Putri Diana berada. Pada titik ini sepertinya sudah menjadi tugas Bruce Wayne untuk mencari jawaban atas konflik yang terjadi.

Hal Menarik di Komiknya

Selain Batman dan Superman yang menjadi karakter utama, komik Dark Knights of Steel juga menghadirkan superhero populer lainnya dengan kisahnya masing-masing, termasuk para Robin, Black Canary, Green Lantern, Green Arrow, Harley Quinn, Constantine, Black Lightning, Wonder Woman, Supergirl, dan masih banyak lagi. Semua karakter ini dihadirkan dengan gaya medieval oleh Yasmine Putri, lengkap dengan senjata, perisai, dan juga zirah yang memiliki warna ikonik dari masing-masing superhero.

Misalnya zirah besi Bruce Wayne yang mirip seperti jubah Batman, baju Kal-El yang seperti bangsawan dengan jubah merah ikoniknya, Harley Quinn yang menggunakan pakaian badut zaman dahulu, Green Arrow yang seperti pemanah Robin Hood, dan sebagainya. Di komik Dark Knights of Steel, Status dari karakternya juga banyak yang diubah, Taylor membuat Zala-El alias Supergirl yang tadinya sepupu di komik DC utama menjadi adik kandung Kal-El. Dan yang sangat menarik, di komik ini, Bruce Wayne ternyata adalah adik tiri Kal-El yang mengalir darah Kryptonian di dalam tubuhnya.

Itulah pembahasan mengenai komik Dark Knights Of Steel yang digambar oleh seniman Indonesia bernama Yasmine Putri. Sejauh ini komiknya baru menceritakan seperempat dari keseluruhan cerita, masih ada banyak misteri lainnya yang membuat komik ini sangat sayang untuk dilewatkan. Beberapa penggemar bahkan ada yang membandingkannya dengan serial televisi seperti Game of Thrones dan The Witcher. Kita nantikan saja kelanjutan kisah epiknya di komik Dark Knights Of Steel #4 yang akan dirilis pada 2 Februari 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.